Breaking

Kamis, 09 Januari 2020

Belajar Hukum Termodinamika

Hasil gambar untuk termodinamika

Termodinamika (berasal dari kata thermos (panas) dan dynamic (gerak atau perubahan)) adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi dan gerak. Inti dari pembahasan termodinamika adalah bagaimana energi dalam bentuk panas dapat mengalir dari satu benda ke benda lain, proses dari aliran energi tersebut, dan akibat yang dihasikan oleh perpindahan energi tersebut.

Hukum Termodinamika
Pada termodinamika, terdapat 4 hukum yang berlaku secara universal.

Hukum Termodinamika 0

Hukum termodinamika 0 menjelaskan kesetimbangan termal berlaku universal, dengan kata lain apapun zat atau materi benda akan memiliki kesetimbangan termal yang sama bila disatukan.
“Jika dua sistem berada dalam kesetimbangan termal dengan sistem ketiga, maka mereka berada dalam kesetimbangan termal satu sama lain”

Hukum Termodinamika 1

Hukum termodinamika 1 menunjukkan hukum kekekalan energi.
“Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah bentuknya saja”
Terdapat persamaan matematik yang menjelaskan hukum ini, yaitu:
Q = W + \Delta U
Dimana Q adalah kalor/panas yang diterima/dilepas (J), W adalah energi/usaha (J), dan \Delta U adalah perubahan energi (J). J adalah satuan internasional untuk energi atau usaha, yaitu Joule. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa seluruh kalor yang diterima atau dilepas oleh benda akan dijadikan usaha ditambahkan dengan perubahan energi.

Hukum Termodinamika 2

Hukum termodinamika 2 menunjukkan kondisi alami dari alur kalor suatu objek dengan sistem.
“Kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin; kalor tidak akan mengalir secara spontan dari benda dingin ke benda panas tanpa dilakukan usaha”

Hukum Termodinamika 3

“Entropi dari suatu kristal sempurna pada absolut nol adalah sama dengan nol,”

Proses-proses Termodinamika
Proses termodinamika terbagi menjadi empat macam, tergantung dari keadaan tekanan, volume, dan suhu saat terjadinya proses tersebut. Proses-proses tersebut umumnya digambarkan dalam diagram P-V, yaitu diagram yang menggambarkan tekanan (P) dan volume (V) saat proses terjadi. Ada dua hal penting yang harus diingat dari berbagai jenis proses-proses termodinamika, yaitu variabel yang berubah dan usaha yang dilakukan. Usaha yang terjadi pada suatu proses termodinamika dapat diketahui dengan menghitung luasan grafik P-V.

Isobarik

Isobarik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai tekanan sistem (\Delta P = 0). Nilai usaha dapat dihitung dengan persamaan berikut.
W = P \cdot \Delta V
Dari rumus tersebut, diketahui juga bahwa apabila volume membesar (terjadi pemuaian) maka usaha bernilai positif, dan bila volume mengecil (terjadi penyusutan) maka usaha bernilai negatif.
termodinamika proses isobarik
Sumber gambar: figures.boundless-cdn.com

Isokhorik

Isokhorik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai volume sistem (\Delta V = 0). Pada proses ini, nilai usaha adalah 0 karena tidak terdapat suatu luasan bangun yang terdapat pada gambar P-V.
isokhorik
Sumber gambar: cft.fis.uc.pt

Isotermik

Isotermik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai suhu sistem (\Delta T = 0).
isotermik
Sumber gambar: bu.edu
Nilai usaha pada proses isotermik dinyatakan dengan persamaan berikut:
W = n \cdot R \cdot T \cdot ln (\frac{V_f}{V_i})
Dimana n adalah jumlah zat yang dinyatakan dengan satuan mol, R adalah konstanta gas, dan T adalah suhu. Rumus ini didapatkan dengan menggabungkan persamaan usaha di diagram P-V dengan persamaan gas ideal.

Adibatik

Adiabatik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai kalor sistem (Q = 0).
proses adiabatik
Sumber gambar: gsu.edu
Pada gas monoatomic, usaha yang dilakukan pada proses adiabatik dapat dinyatakan dengan persamaan:
W = - \frac{3}{2} \cdot n \cdot R \cdot \Delta T
Jika diperhatikan dengan sekilas, proses adiabatik dan isotermik memiliki diagram P-V yang serupa. Secara detil, dapat dilihat bahwa proses adiabatik memiliki kemiringan yang lebih curam dibandingkan proses isotermik seperti contoh grafik berikut.
perbandingan adiabatik dan isotermik
i.stack.imgur.com
Jika semua proses tersebut digambarkan menjadi suatu diagram P-V, dapat didapatkan grafik berikut. Patut diingat bahwa satuan-satuan yang digunakan dalam perhitungan adalah Satuan Internasional. Sebagai contoh, satuan untuk suhu yang digunakan adalah Kelvin, satuan untuk volume adalah m3, dan satuan untuk jumlah zat adalah mol.
proses isobar isoterm isokhorik adiabatik
kias.dyndns.org

Mesin Carnot dan mesin kalor

Mesin Carnot adalah suatu model mesin ideal yang memiliki efisiensi paling tinggi dari semua mesin yang mungkin diciptakan. Mesin Carnot bekerja berdasarkan suatu proses termodinamika yang membentuk siklus, disebut juga siklus carnot.
Pada siklus Carnot, terdapat 4 proses, yaitu pemuaian Isotermal dari A ke B, pemuaian adiabatic dari B ke C, pemampatan isothermal dari C ke D, dan pemampatan adiabatic dari D ke A. Selama proses siklus Carnot sistem menerima kalor Q dari reservoir bersuhu tinggi T dan melepas kalor Qc ke reservoir bersuhu rendah Tc
mesin carnot dan siklus carnot
Siklus carnot pada mesin carnot
Usaha yang dilakukan oleh mesin Carnot dapat dinyatakan dengan mengaplikasikan Hukum Termodinamika 1.
Q = \Delta U + W
Q_h - Q_c = 0 + W
W = Q_h - Q_c
Sedangkan, untuk mengukur efisiensi mesin dapat digunakan persamaan-persamaan berikut.
\mu = \frac{W}{Q_h} \cdot 100% = \frac{Q_h - Q_c}{Q_h} \cdot 100%
Q_h = (1 - \frac{Q_c}{Q_h} \cdot 100%
Dikarenakan pada siklus Carnot berlaku hubungan \frac{Q_c}{Q_h} = \frac{T_c}{T_h}, efisiensi mesin Carnot juga dapat dinyatakan dengan:
\mu = (1 - \frac{T_c}{T_h}) \cdot 100%
Jika dilihat pada rumus efisiensi tersebut, nilai efisiensi 100% dapat diperoleh jika T_c = 0 K. Hal ini tidak mungkin terjadi di dunia nyata, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada sistem di dunia nyata yang mampu mencapai efisiensi 100%.
Soal-soal latihan termodinamika :

Sumber : https://www.studiobelajar.com/termodinamika/

78 komentar:

  1. materi ini sangat bagus untuk dibaca sebagai penambah wawasan dan ditambah lagi ada video yang menjelaskan secara langsung materi termodinamika ini. Didalam artikel ini juga ada soal-soal yang bisa dipelajari dirumah dan untuk saya pribadi artikel ini sangat menarik untuk dibaca.

    BalasHapus
  2. Jadi kesimpulannya adalah termodinamika merupakan cabang dari ilmu fisika yang membahas panas dan temperatur serta hubungannya dengan energi dan gerak.
    Kemudian ada 4 hukum termodinamika yaitu termodinamika 0,termodinamika 1,termodinamika 2,dan termodinamika 3.
    Kemudian juga terdapat proses prosesnya yaitu
    Isobarik,Isokhori,Isotermik,Adibatik


    BalasHapus
  3. saya aziz pak. saya ingin bertanya waktu itu saya pernah denger dari teman dia mengeluarkan pernyataan bahwa kita dapat menaikkan suhu air dengan menggoncang-menggoncangkan botol yang berisi air tersebut selama beberapa menit, nah pak yang saya belum paham bagaimana bisa air yang ada di dalam bisa naik suhunya, apakah karena gesekan dengan dinding botol tersebut, dan apa kegiatan itu termasuk pada teori termodinamika pak?
    mohon penjelasanya🙏🙏😁
    Dan menurut saya artikel ini sangat bermanfaat bagi saya karena memberikan wawasan lebih dari materi termodinamika
    Dan sangat menarik bagi saya yang kurang suka membaca karena ada gambar dan penjelasanya,tidak melulu tulisan saja.
     

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat saya apabila air yang di goncangkan dalam sebuah botol dapat meningkatkan suhu itu adalah benar karna terjadinya gesekan yang terus menerus antara molekul air dan dinding botol namun peristiwa tersebut bukan termasuk termodinamika karena menurut negeri yang di jelaskan termodinamika itu perpindahan suhu dari benda yang satu ke benda yang lain sedangkan pada peristiwa yang di tanyakan tidak termasuk ke dalam termodinamika

      Hapus
  4. Menurut saya artikel ini sangat membantu kita dalam mencari materi selain di buku, Namun bahasa yang digunakan kurang dapat saya pahami dan contoh dalam kehidupan sehari hari bisa di tambahkan ke dalam artikel ini agar pembaca dapat mengetahui dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari hari

    BalasHapus
  5. Dari artikel tersebut saya menyimpulkan bahwa
    1.Termodinamika merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur serta hubungan keduanya pada energi gerak
    2.Hukum termodinamika ada 4
    3.Proses-proses termodinamika ada 4 macam, tergantung dari keadaan tekanan, volume dan suhu
    4.Dengan materi tambahan saya menyimpulkan bahwa energi dapat berubah dengan rekayasa teknologi

    BalasHapus
  6. Setelah saya membaca materi tersebut. Saya ingin bertanya pak, tentang hukum termodinamika 2, disitu dijelaskan bahawa "Kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin; kalor tidak akan mengalir secara spontan dari benda dingin ke benda panas tanpa dilakukan usaha”, nah mengapa kalor tidak akan mengalir spontan dari benda dingin ke benda panas tanpa dilakukan usaha? Dan apa usaha yang dimaksudkan disitu pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr. Wb
      Saya aurelia akan menjawab pertanyaan intan.
      Menurut saya, apabila dijabarkan tentang pengertian kalor yang mana kalor itu adalah hasil dari energi dari suatu usaha perubahan antara suhu yang lebih tinggi kesuhu yang lebih rendah. Ataupun bisa kita definisikan perubahan suhu yang sangat panas ke suhu yang panasnya biasa. jadi pengertian yang dimaksud dari pertanyaan diatas berhubungan dengan konsep suhu, perbedaan suhu yang lebih tinggi ke suhu yang lebih rendah. Merujuk kepada pertanyaan selanjutnya, tentang mengapa suatu benda melakukan perubahan butuh usaha dimana logikanya segala sesuatu yang merujuk kepada perubahan pasti ada usaha, itu bisa dilihat dari rumus dalam termodinamika, dan suatu usaha pasti lah ada konsep gaya didalamnya.
      Itu pendapat saya semoga bermanfaat. terimakasih wasalammualaikum wr.wb

      Hapus
  7. ASSALAMUALAIKUM...
    Saya setuju dengan beberapa pendapat diatas, bahwa artikel ini bagus untuk menambah wawasan. Karna artikel ini di lengkapi dengan gambar dan video penjelasan nya sehingga bisa di pahami. Meskipun sudah ada gambar dan videonya, tapi saya kurang mengerti di bagian HUKUM TERMODINAMIKA 0. Mohon penjelasannya. Sekian, terimakasih.
    WASSALAMUALAIKUM WR.WB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya fredo,saya akan mencoba menjelaskan HUKUM TERMODINAMIKA 0,dengan kata/bahasa yang mudah atau sederhana,yakni jika benda A mempunyai temperatur yang sama dengan benda B dan benda B sama juga dia temperaturnya dengan benda C maka temperatur benda A akan sama dia itu dngan temperatur benda C atau di sebut tiga benda(benda A B C) berada dalam kondisi kesetimbangan termal. Dan contoh penerapan HUKUM TERMODINAMIKA 0 ini bisa terjadi waktu kita mau membuat air hangat untuk mandi air hangat.kita harus mencampuri air panas dulu dengan air dingin,trus kalor nya brpindah dri panas ke dingin hingga trcapai nantiknya kesetmbangan termal antara air pans sama air dingin.tmperatur air panas akan turun dan tmperatur air dingin akan naik ke tmpratur kesetimbangan termal,wktu kita udah masuk ke dlm air hangat yg udh mncapai kestmbangan termal itu,tubuh kita pasti akan merasakan panas air,itu brrti trjadi prpindahan kalor dri air ke tubuh kita.brrti itu mnnjukkan suhu hawa badan kita ini lebih rendah di bndingkan tmprtur campuran air hangat tadi,lama kelmaan pasti air tidak kita rasakan panas lagi krna antara air dan tubuh kita tdi udah mencapai kestimbangan termal.dan waktu kita keluar dri bak mandi pasti kita akan merasa lebih dingin itu karenatemperatur ruangan lebih rendah daripada tubuh kita dan kalor dari tubuh kita berpindah ke udara yang ada di sekitar kita dan waktu kalor itu keluar dri tubuh kita. kita akan mkin merasa dingin.

      Hapus
  8. Jadi kesimpulannya adalah termodinamika merupakan cabang dari ilmu fisika yang membahas panas dan temperatur serta hubungannya dengan energi dan gerak.
    Kemudian ada 4 hukum termodinamika yaitu termodinamika 0,termodinamika 1,termodinamika 2,dan termodinamika 3.
    Kemudian juga terdapat proses prosesnya yaitu
    Isobarik,Isokhori,Isotermik,Adibatik

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum pak
    Materinya uda bagus pak, dan cara penyampaiannya juga mudah di mengerti,saya juga mau nnya nih pak, apakah kalor itu cuma bisa di alirkan melalui benda2 yg keras pak, seperti besi atau tembaga pak? Atau bisa dialirkan melalui benda2 yg lain pak ? Terus saya juga belum paham yang dibagian diagram nya pak.Terimaksih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak hanya benda keras saja, tetapi benda cair juga bisa seperti air yg kita panaskan mengandung kalor dan juga menghantarkan kalor contoh nya pada saat kita mengukus, selain itu pada benda gas juga dapat mengalirkan kalor contohnya gas buangan pada knalpot motor.

      Hapus
    2. Perpindahan kalor terjadi melalui 3 proses:
      1.konduktor
      2.konveksi
      3.radiasi
      Jadi tidak semua benda dapat menghantarkan kalor, ada beberapa benda yg tidak dapat menghantarkan kalor seperti plastik, kertas, kayu dan sebagainya. Dan benda lain yg dapat menghantarkan kalor selain benda keras adalah air, pancaran sinar dan sbg. Jadi tidak hanya benda keras yg dapat menghantarkan kalor

      Hapus
    3. Menurut saya kalor bisa dialirkan tidak hanya di benda padat saja, tetapi kalor juga bisa dialirkan pada zat yg mengalir seperti pada zat cair dan gas yg diberi kalor. Perpindahan kalor terjadi karena adanya perbedaan masa jenis. Contoh nya saat kita memasak air dipanci, air yg di dalam panci akan bergerak memutar untuk mengimbangi kalor yg debrikan.
      Kalor juga dapat dialirkan tanpa menggunakan perantara yaitu radiasi.Balas

      Hapus
    4. Menurut saya tidak hanya zat padat yg dapat mengalirkan kalo, tetapi zat cair atau gas juga bisa contoh nya pada zat gas yaitu saat kita merebus air dan pada saat air mendidih akan mengeluarkan uap dan saat itu kita letakkan tangan kita di atas uap tersebut lama kelamaan akan terasa panas. Dan pada air contoh nya saat kita puas kopi atau teh pada sebelumnya gelas yg kita gunakan tidak panas tapi setelah kita tuangkan air mendidih ke gelas tersebut gelas itu pun menjadi panas

      Hapus
  10. Menurut tanggapan saya materi termodinamika ini sangat bermanfaat bagi Kita karna dapat menambah pengetahuan. Dimana Termodinamika menjelaskan bahwa energi dalam bentuk panas yang dapat mengalir dari Satu benda ke benda lain, proses dari aliran energi tersebut Dan akibatnya dihasilkan oleh perpindahan energi nah, disini Kita dapat mengetahui bahwa Termodinamika juga sering Kita lakukan dalam kehidupan sehari- hari

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum.

    Nah, dari artikel diatas kita bisa menarik kesimpulan nya, bahwa termodinamika ini mempelajari tentang perpindahan energi sebagai kalor dan usaha antara sistem dan lingkungan. Nah, di bagian artikel tambahan. Dijelaskan bahwa dalam kehidupan sehari hari, termodinamika ini terdapat di dalam perubahan suhu yang terdapat pada badan kita. Nah, jika pertanyaan nya udara yang kita tiup lebih dingin daripada suhu tubuh? Dimana titik perpindahan energinya. Dan bagaimana bisa terjadi udara tersebut berbeda, padahal yg kita tahu, udara tersebut berasal dari tubuh, sehingga seharusnya udara yg kita tiup sebanding dengan suhu tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal tersebut disebabkan karena adabya proses adiabatik . adiabatik adalah proses yg terisolasi. udara yg ada dalam tubuh kita suhunya lumayan panas jadi saat mulut terbuka lebar maka panas akan keluar semua sedangkan saat mulut tertutup udara yg agak panas tadi tertekan dulu ke bagian dalam mulut karena bagian dalam mulut tidak menghantarkan panasa maka udara yg keluar terasa agak dingin jadi titik perpindahan energinya terjadi saat udara tertekan ke bagian dalam mulut karena bagian dalam mulut tidak menghantarkan panas dan di saat itu terjadi perpindahan panas menjadi dingin

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum,
    Saya ingin bertanya, siklus mesin diesel dan mesin Otto terbilang hampir sama, lalu mengapa gas yang masuk pada mesin diesel hanya merupakan udara biasa dan bukan campuran udara bahan bakar? Apakah ada pemampatan udara atau karena hal lainnya? Lalu, apakah hukum termodinamika 0 hampir sama dengan proses reversibel?

    Menurut saya, artikel ini sangat bermanfaat, karena materi lebih ringkas dan lebih mudah di pahami. Bisa sangat membantu bagi pelajar yang lebih senang membaca artikel daripada membaca buku.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum pak
    Artikel ini sudah sangat menarik untuk di baca dalam hal menambah wawasan,apalagi terdapat video yang menambah suasana belajar di artikel ini lebih tambah menarik.Dan saya berharap pada setiap artikel di tambahkan contoh soal dan pembahasannya..sekian terimakasih pak🙏

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum saya aurelia fridons sangat mengapresiasi pola ajaran yang bapak berikan, menarik karena ada vidio dan juga gambar yang mudah di pahami. Terdapat juga penjabaran rumus namun pada hakikatnya penjelasan tentang hukum termodinamika dalam sehari sehari dan cara kerja elektronik yang bermesin kurang di jabarkan. Mohon di berikan contoh yang lain bapak. Karena pada dasar nya referensi yang saya baca selalu merujuk ke AC atau mesin carnot. Terimakasih wassalammualaikum wr.wb

    BalasHapus
  15. Setelah saya membaca materi tersebut saya ingin bertanya:
    Adiabatik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai kalor sistem.
    Di materi sebelum nya kita mengetahui bahwa kalor dapat berpindah ke lingkungan yaitu perpindahan radiasi.
    Mengapa di proses termodinamika adiabatik tidak mengubah nilai kalor sistem atau lingkungan sedangkan kalor dapat berpindah ke lingkungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya pada proses adiabtik tidak ada mengandung kalor Q=0 , jadi jika tidak ada kalor maka otomatis tidak merubah nilai kalor dan Kalor tidak akan berpindah karena tidak adanya kalor pada proses tsb.

      Hapus
  16. Dri pernyataan diatas, Rachel masih blm paham mengenai Hukum Termodinamika 3
    “Entropi dari suatu kristal sempurna pada absolut nol adalah sama dengan nol,” itu pak. Apa Maksud dri pernyataan tersebut ya pak?
    Dan mengenai soal latihan dri video ytb itu masih blm ngerti jg pak ttg satuan dan lambang soal yg diketahuinya tsb pak.

    BalasHapus
  17. Saya mutiara rolika
    Menurut saya tentang termodinamika
    Kita dapat mengetahui pengertian termodinamika,serta kita bisa mengetahui berbgai macam hukum termodinamika,serta disini juga dijelaskan proses proses dari termodinamika serta disini juga diperjelas materi termodinamika dan proses nya dalam berupa video,dan kita lebih dapat memahami materi termodinamika tersebut
    Menurut saya artikel ini sungguh sangat bermanfaat karena disini kita bisa menambah ilmu baru yang seharusnya kita tidak tahu dengan membaca dan memahami artikel ini kita dengan mudah memahami materi termodinamika tersebut
    Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan tentang materi termodinamika

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum pak
    Saya wanda amalia Cristanty mau bertanya kan di materi yang telah di jelaskan bahwa "grafik isotermal dan grafik adiabatik itu hampir sama pak, nah apabila ada sebuah soal yang menerangkan grafik, bagaimana cara menentukan apakah grafik tersebut termasuk grafik isotermal atau termasuk grafik adibatik?" terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya:Cara kita untuk menentukan antara grafik isotermal dan grafik adiabatik adalah?
      *Dalam proses perubahan adiabatik berlangsung sangat cepat, sedangkan pada perubahan isotermal berlangsung sangat lambat. Jadi sudah terlihat pada bentuk grafik nya, grafik adiabatik memiliki kelengkungan yg lebih curam dibandingkan grafik isotermal.

      Hapus
    2. Dari materi diatas kita dapat membedakannya dengan cara melihat grafiknya, jika grafiknya curam berrti itu grafik adiabatik, tetapi jika grafiknya melengkung biasa saja berarti itu grafik isotermal, kita dapat juga membedakannya dengan menggunakan rumusnya p1 v1 = p2 v2

      Hapus
  19. Assalamualaikum pak
    Saya wanda amalia Cristanty mau bertanya kan di materi yang telah di jelaskan bahwa "grafik isotermal dan grafik adiabatik itu hampir sama pak, nah apabila ada sebuah soal yang menerangkan grafik, bagaimana cara menentukan apakah grafik tersebut termasuk grafik isotermal atau termasuk grafik adibatik?" terima kasih

    BalasHapus
  20. dari pengertian di atas sy dapat menanggapi bahwa Termodinamika adalah suatu ilmu yang menggambarkan usaha untuk mengubah kalor (perpindahan energi yang disebabkan perbedaan suhu) menjadi energi serta sifat-sifat pendukungnya. Termodinamika berhubungan erat dengan fisika energi, panas, kerja, entropi dan kespontanan proses

    BalasHapus
  21. Saya gabriella s. Pandiangan sudah membaca artikel ini, menurut saya artikel ini sudah bagus dan terdapat penjelasan, soal-soal latihan dan rumus nya juga.
    jadi kesimpulan dari artikel ini adalah terdapat 4 hukum termodinamika yaitu, hukum termodinamika 0 yang menjelaskan kesetimbangan termal, hukum termodinamika 1 yaitu hukum kekekalan energi, hukum termodinamika 2 tentang kondisi alami dari alur kalor suatu objek dengan sistem, dan terakhir hukum termodinamika 3 yaitu entropi dari suatu kristal sempurna pada absolut nol adalah sama dengan nol. Proses termodinamika ada 4 yaitu isobarik,isokhorik,isotermik,dan adibatik.

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum pak.
    Dari artikel yang saya baca, artikel ini sangat bagus dalam pembalajaran pak, karena dalam artikel ini sudah ada vidio contoh soal sekaligus penjelasannya dan sangat mudah di mengerti, tetapi ada juga soal soal yg belom saya mengerti mengenai Nilai nilai gamma dan cv/cp terus di garafik proses proses termodinamika nya juga saya belom paham pak.
    Tetapi sejauh ini artikel ini sangat membantu pak dalam kegiatan belajar, kalo bisa jangan soal aja pakek vidio pak teori nya pakek vidio juga pak agar lebih mudah di pahami
    Terimkasih pak.
    Wassalamulaikum wr. Wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari yang belum di mengerti mengenai cv dan cp
      CV= volume tetap
      CP= Tekanan tetap

      Hapus
  23. Asalamualaikum,
    Dengan membaca semua artikel yg ada, kita mengetahui bahwa termodinamika mencakup berbagai hal dari (panas,perubahan, gerak,kalor, suhu dll). Banyak wawasan yg kita dapat dengan membaca artikel ini karena berhubungan dengan kehidupan sehari hari, tetapi ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan;
    1.Apakah yg membedakan antara kalor dan panas?
    2.Mengapa udara yg kita tiup terasa lebih dingin dari pada suhu tubuh?
    Mohon penjelasanya pak... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, kalor adalah bentuk energi karena perbedaan suhu, sedangkan panas merupakan bentuk energi yang di miliki oleh benda bersuhu tinggi. Lalu mengapa udara yang kita tiup terasa dingin? Karene ketika kita meniup "Huuh" Dengan mengerucutkan bibir seperti sedang meniup peluit makan mulut kita lebih banyak dan cepat menyeret udara dingin, itulah sebabnya mengapa udara yg kita tiup lebih dingin daripada suhu tubuh.

      Hapus
    2. 1. Kalor adalah energi panas yang dimiliki suatu benda, sedangkan panas adalah energi yang di ukur dalam satuan joule atau kalori
      2. Hal tersebut di sebabkan karena adanya proses adiabatik . adiabatik adalah proses yg terisolasi. udara yg ada dalam tubuh kita suhunya lumayan panas jadi saat mulut terbuka lebar maka panas akan keluar semua sedangkan saat mulut tertutup udara yg agak panas tadi tertekan dulu ke bagian dalam mulut karena bagian dalam mulut tidak menghantarkan panasa maka udara yg keluar terasa agak dingin

      Hapus
    3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarhakatu. saya JENIIMELDA kelas XI mipa2. Akan menjawab pertanyaan dari Tony Kurniawan XI Mipa1

      Jawaban dari pertanyaan nomor 1 :
      Perbedaan antara panas, dan kalor yaitu panas merupakan bentuk energi yang dimiliki oleh benda bersuhu relatif tinggi. sedangkan kalor merupakan bentuk energi yang mengalir karena adanya perbedaan suhu.

      Jawaban dari pertanyaan nomor 2 :
      Udara yang ditiup juga tergantung kekuatan yang diberikan, jika meniupnya kencang maka akan terasa dingin karena suhu yang ada dipermukaan kulit akan terkoneksi cepat oleh hembusan udara yang diberikan. Lain hal nya jika kita tiup dengan pelan atau lambat malah suhu didalam mulut akan terasa lebih panas karna terkoveksi terbalik ke kulit.

      Untuk lebih jelasnya kita simpulkan saja seperti ini :
      *Kenapa udara yang kita tiupkan itu dingin (lebih dingin dibanding suhu badan kita)? Karena udara yang kita tiupkan mengalami penurunan energi dalam (\Delta U).
      *Kenapa energi dalamnya turun? Karena udara tersebut melakukan usaha (W) dan udara menerima tidak menerima kalor dari lingkungan (\Delta U = - W).
      *Kenapa udara tersebut melakukan usaha? Karena udara tersebut mengembang ketika keluar dari mulut.
      *Tau dari mana bahwa udara tersebut tidak menerima kalor dari lingkungan? Soalnya udara itu isolator (sulit menghantar kalor). Terus karena prosesnya cepet, nggak sempet ada pertukaran kalor.

      Hapus
  24. Kesimpulannya Hukum termodinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang panas, gerak atau perubahan, dan terdapat 4 hukum di dalamnya, terdapat juga proses-proses termodinamika yang terbagi menjadi empat macam yaitu isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik. Dan sertai dengan rumus untuk memecahkan suatu masalah dalam ilmu fisika.

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum pak ,Penjelasan dari bapak sudah sangat jelas tapi saya bingung mengenai rumus perhitungan nya pak. Dan saya ingin bertanya pak apa saja contoh penerapan dlm kehidupan sehari hari dari hukum Termodinamika 0, hukum Termodinamika 1, hukum Termodinamika 2, dan hukum Termodinamika 3 itu pak? Itu saja pak sekian terima kasih. Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh hukum termodinamika 0 , misalnya saat kita membuat air hangat untuk mandi. Kita mencampur air panas dengan air dingin sehingga kalor pada air panas pindah ke air dingin sehingga terjadi kesetimbangan termal .

      Contoh hukum termodinamika 1,pada termodinamika 1 ini dinyatakan bahwa energi tidak dapat dihancurkan, dimusnahkan, ataupun dihilangkan,contohnya itu pada pada mesin mesin pembangkit energi

      Contoh hukum termodinamika 2 itu bisa kita umpamakan pada kulkas, dimana kulkas harus mempunyai pembuang panas dibelakangnya yang suhunya lebih tinggi dari udara sekitarnya. Karena jika tidak ada pembuang panas nya maka panas pada kulkas tidak bisa terbuang, dan kemungkinan kulkas tidak bisa mnghasilkan dingin didalamnya.

      Contoh hukum termodinamika 3,taitu logam yang bisa menjadi superkonduktor pada suhu sangat rendah, karena tidak banyak keacakan gerakan kinetik dalam skala molekul yang menggangu aliran elektron.

      Maaf jika ada yang salah!

      Hapus
  26. Asalamualaikum,
    Nama saya Tony kurniawan.
    Dengan membaca semua artikel yg ada, kita mengetahui bahwa termodinamika mencakup berbagai hal dari (panas,perubahan, gerak,kalor, suhu dll). Banyak wawasan yg kita dapat dengan membaca artikel ini karena berhubungan dengan kehidupan sehari hari, tetapi ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan;
    1.Apakah yg membedakan antara kalor dan panas?
    2.Mengapa udara yg kita tiup terasa lebih dingin dari pada suhu tubuh?
    Mohon penjelasanya pak...?

    BalasHapus
  27. Asalamualaikum,
    Nama saya Tony kurniawan.
    Dengan membaca semua artikel yg ada, kita mengetahui bahwa termodinamika mencakup berbagai hal dari (panas,perubahan, gerak,kalor, suhu dll). Banyak wawasan yg kita dapat dengan membaca artikel ini karena berhubungan dengan kehidupan sehari hari, tetapi ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan;
    1.Apakah yg membedakan antara kalor dan panas?
    2.Mengapa udara yg kita tiup terasa lebih dingin dari pada suhu tubuh?
    Mohon penjelasanya pak...?

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum menurut firly artikel ini sangat menarik karna disertai oleh video, penjabaran rumus rumusnya sangat lengkap dan bahasa yg digunakan sangat mudah dipahami dan lebih ringkas dari pada dibuku, tetapi firly belum bisa memahami contoh contoh soalnya

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum pak
    Setelah saya membaca artikel tersebut,
    Sangat menarik dan jelas dapat membantu pemahaman tentang termodinamika yaitu bagaimana energi dalam bentuk panas dapat mengalir dari satu benda ke benda lain.
    Dari proses aliran energi tersebut dan akibat yang dihasilkan oleh perpindahan energi tersebut. Dan juga ada 4 hukum termodinamika sama proses-prosesnya pak.
    Hanya ini yang saya sampaikan pak tentang materi termodinamika. Terimakasih pak
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  30. assalamualaikum pak,
    Saya telah membaca beberapa artikel buatan Bapak, semua artikel tersebut mudah di pahami apalagi ada tambahan gambar dan video nya. Berkat artikel terbut setidaknya saya sedikit paham tentang TERMODINAMIKA. Sungguh artikel yang sangat berguna. Terimakasih.

    BalasHapus
  31. Assalamu'alaikum

    Dari artikel yang saya baca dapat di simpulkan bahwa Termodinamika adalah cabang dari ilmu fisika yang mempelajari tentang proses perpindahan energi sebagai kalor dan usaha antara sistem dan lingkungan. Kalor diartikan sebagai perpindahan energi yang disebabkan oleh perbedaan suhu, sedangkan usaha merupakan perubahan energi melalui cara-cara mekanis yang tidak disebabkan oleh perubahan suhu.
    Dan terdapat 4 hukum di dalam nya dan juga proses" nya proses isobarik, proses isokorik, proses isotermis, dan proses adiabatik.

    Sekian wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum,
    Dari materi tersebut dapat saya simpulkan bahwa termodinamika adalah energi dalam bentuk panas yang mengalir dari satu benda menuju ke benda lain, dan terdapat 4 hukum universal pada termodinamika yaitu, hukum termodinamika 0 (benda yang disatukan akan memperoleh kesetimbangan termal), hukum termodinamika 1 (energi tidak dapat di buat atau pun di hapus, tetapi dapat diubah bentuknya), hukum termodinamika 2 (secara alami kalor akan mengalir menuju benda yang lebih dingin; dibutuhkan usaha untuk membuat kalor mengalir menuju benda yang lebih panas), hukum termodinamika 3 (entropi pada kristal sempurna pada absolute nol adalah sama dengan nol). Juga terdapat proses-proses termodinamika yaitu, isobarik (tidak mengubah nilai tekanan sistem), isokhorik (tidak mengubah nilai volume sistem), isotermik (tidak mengubah nilai suhu sistem), dan adiabatik (tidak mengubah nilai kalor sistem). Serta kerja mesin carnot atau mesin kalor (kalor mengalir menuju ke benda yang suhunya lebih rendah) yang berbanding terbalik dengan kerja refrigator (kalor mengalir ke benda yang suhunya lebih tinggi), sekian terimakasih.
    Wassalamualikum.

    Akhdan Nabil-XI Mipa 1

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum
    Saya telah membaca artikel² yang telah bapak buat,artikel bapak bagus,menarik dan dapat di pahami,bahwa saya dapat mengetahui tentang termodinamika dan artikel² yang bapak buat terdapat gambar hingga video nya dan lebih ringkas yang ada di buku,sehingga saya mudah memahaminya,tetapi saya belum bisa memahami contoh² soal.
    Sekian wassalamualaikum

    BalasHapus
  34. Setelah saya membaca artikel tersebut, says ingin bertanya pak bahwa pada hukum termodinamika 2 menyatakan bahwa “Kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin; kalor tidak akan mengalir secara spontan dari benda dingin ke benda panas tanpa dilakukan usaha”. Nah yg saya ingin tanyakan adalah, apa perbedaan antara alami dengan spontan pak? Karena menurut saya, keduanya sama sama di lakukan tanpa adanya rencana atau usaha, lalu secara spontan tersebut yg bagaimana pak? terimakasih pak atas waktunya maaf apabila salah kata.

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum
    Saya dimas dayu telah membaca artikel² yang telah bapak buat,artikel bapak bagus,menarik dan dapat di pahami,bahwa saya dapat mengetahui tentang termodinamika dan artikel² yang bapak buat terdapat gambar hingga video nya dan lebih ringkas yang ada di buku,sehingga saya mudah memahaminya,tetapi saya belum bisa memahami contoh² soal.
    Sekian wassalamualaikum
    Maaf yang diatas nggak ada namanya pak🙏

    BalasHapus
  36. Menurut pendapat saya, kesimpulannya adalah Termodinamika merupakan cabang dari ilmu fisika yang membahas tentang hukum termodinamika, nah hukum termodinamika tersebut ada 4 yaitu:1.hukum termodinamika 0
    2. Hukum termodinamika 1
    3. Hukum termodinamika 2
    4. Hukum termodinamika 4
    Proses-proses Termodinamika juga dibagi menjadi 4, tergantung keadaan tekanan,volume,dan suhu. Proses tersebut umumnya digambarkan dalam diagram p-v

    BalasHapus
  37. Assalammualaikum wr.wb.
    Sudah kita ketahui disini ,pembahasan tentang teori termodinamika bahwa termodinamika merupakan salah satu cabangdari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi. Dihukum termodinamika 2 menyebutkan bahwa ''kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin, kalor tidak akan mengalir secara sepontan dari benda dingin ke benda panas tampa dilakukan usaha. Disini saya mau bertanya pak, kenapa kalor tidak dapat mengalir secara sepontan dari benda dingin ke panas tampa dilakukan nya usaha..? Padahal kalor mengalir secara alami dari benda panas ke dingin apakah tidak sama dengan dari benda panas kedingin dengan dari dingin kepanas..?

    BalasHapus
  38. Kesimpulan :
    Termodinamika adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi dan gerak.

    Terdapat 4 hukum termodinamika secara universal, yaitu:
    1.hukum termodinamika 0
    “Jika dua sistem berada dalam kesetimbangan termal dengan sistem ketiga, maka mereka berada dalam kesetimbangan termal satu sama lain”
    2.hukum termodinamika 1
    “Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah bentuknya saja”
    3. Hukum termodinamika 2
    “Kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin; kalor tidak akan mengalir secara spontan dari benda dingin ke benda panas tanpa dilakukan usaha”
    4. Hukum termodinamika 3
    “Entropi dari suatu kristal sempurna pada absolut nol adalah sama dengan nol"

    Proses-proses termodinamika

    1.Isobarik
    Isobarik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai tekanan sistem.
    2.Isokhorik
    Isokhorik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai volume sistem.
    3.Isotermik
    Isotermik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai suhu sistem.
    4.Adiabatik
    Adiabatik adalah proses termodinamika yang tidak mengubah nilai kalor sistem.
    Hanya itu yang saya dapat simpulkan, sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum pak
    Setelah saya membaca artikel ini dapat disimpulkan bahwa termodinamika adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi dan gerak.Terdapat juga 4 hukum termodinamika yang berlaku secara universal.Serta proses termodinamika yang terbagi menjadi empat macam, tergantung dari keadaan tekanan, volume, dan suhu saat terjadinya proses tersebut.
    Demikian kesimpulan singkat tentang termodinamika dari saya,sekian terimakasih

    BalasHapus
  40. Menurut saya kalor bisa dialirkan tidak hanya di benda padat saja, tetapi kalor juga bisa dialirkan pada zat yg mengalir seperti pada zat cair dan gas yg diberi kalor. Perpindahan kalor terjadi karena adanya perbedaan masa jenis. Contoh nya saat kita memasak air dipanci, air yg di dalam panci akan bergerak memutar untuk mengimbangi kalor yg debrikan.
    Kalor juga dapat dialirkan tanpa menggunakan perantara yaitu radiasi.

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum wr. Wb
    Saya aurelia akan menjawab pertanyaan intan.
    Menurut saya, apabila dijabarkan tentang pengertian kalor yang mana kalor itu adalah hasil dari energi dari suatu usaha perubahan antara suhu yang lebih tinggi kesuhu yang lebih rendah. Ataupun bisa kita definisikan perubahan suhu yang sangat panas ke suhu yang panasnya biasa. jadi pengertian yang dimaksud dari pertanyaan diatas berhubungan dengan konsep suhu, perbedaan suhu yang lebih tinggi ke suhu yang lebih rendah. Merujuk kepada pertanyaan selanjutnya, tentang mengapa suatu benda melakukan perubahan butuh usaha dimana logikanya segala sesuatu yang merujuk kepada perubahan pasti ada usaha, itu bisa dilihat dari rumus dalam termodinamika, dan suatu usaha pasti lah ada konsep gaya didalamnya.
    Itu pendapat saya semoga bermanfaat. terimakasih wasalammualaikum wr.wb

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum wr WB
    Syay Widya Ningsih.. Kesimpulan yang dari Termodinamika
    Termodinamika adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur hubungan keduanya pada energi dan gerak.
    Termodinamika terbagi menjadi tekanan,volumq,dan suhu.Usaha pada proses Termodinamika
    1. Isoberik
    Merupakan proses Termodinamika yang tidak mengubah nilai tekanan sistim.
    2. Isokhorik
    Merupakan proses Termodinamika yang tidak menggubah nilai volume.
    3. Isotermik
    Proses Termodinamika yang tidak mengubah nilai suhu.
    4. Adibatik
    Merupakan proses Termodinamika yang tidak menggubah tekany kalor sistim.

    Saya juga inggin bertanya tentang hukum Termodinamika 0"kesetimbangan termal yang berlaku universal"??
    Itu pendapat dan pertanyaan yang saya sampaikan .. terimakasih
    Wassalamualaikum wr WB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud dari kesetimbangan yang berlaku universal yakni benda apapun akan memiliki kesetimbangan termal yang sama jika disatukan

      Contohnya: pada saat kita memasukkan es batu kedalam air hangat, yang terjadi yaitu es batu akan mencair (suhu es meningkat) dan suhu air hangat menjadi turun, kemudian lama kelamaan es nya mencair semua dan tinggalah air dingin. Air dingin ini menunjukkan campuran antara es batu dan air hangat yang bersuhu sama atau kata lainnya sudah masuk dalam keadaan kesetimbangan termal

      Hapus
  43. Assalamualaikum,
    Nabila menyimpulkan termodinamika merupakan ilmu yang mempelajari kalor dan perubahannya menjadi energi mekanik. dimana, terdapat proses perpindahan energi sebagai kalor dan usaha antara sistem dan lingkungan.

    Ada 4 hukum yang berlaku yakni
    1. Hukum termodinamika 0
    >apapun zat atau materi benda akan memiliki kesetimbangan termal yang sama bila disatukan
    2. Hukum termodinamika 1
    > seluruh kalor yang diterima atau dilepas oleh benda akan dijadikan usaha ditambahkan dengan perubahan energi.
    3. Hukum termodinamika 2
    >Kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin
    4. Hukum termodinamika 3
    > Entropi dari suatu kristal sempurna pada absolut nol adalah sama dengan nol

    Proses-proses termodinamika ada 4 yaitu:
    1.isotermik > tidak mengubah nilai suhu sistem
    2. Ishokhorik > tidak mengubah nilai volume sistem
    3. Isobarik > tidak mengubah nilai tekanan sistem
    4. Adiabatik > tidak mengubah nilai kalor sistem

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum wr.wb

    Saya syaras saleha menyimpulkan artikel tentang termodinamika ini bahwasanya,
    Termodinamika adalah energi kalor yang mampu mengalir dari suatu benda ke benda yang lain,dan aliran itu tergantung pada volume dan suhunya.

    Termodinamika memiliki 4 hukum:
    1.hukum termodinamika 0, yakni apapun zat atau materi itu akan memiliki kesetimbangan termal yang sama bila di satukan
    2.hukum termodinamika 1,yakni energi tak dapat di ciptakan atau di musnahkan,dan hanya dapat di ubah bentuknya saja
    3.hukum termodinamika 2,yakni kalor mengalir secara alami,dan setiap perpindahan pasti akan melakukan usaha
    4.hukum termodinamika 3,yakni entropi dari suatu kristal sempurna pada variabel yang berubah absolut nol adalah sama dengan nol.

    Proses proses termodinamika yakni:
    •isobarik > proses termodinamika yang tak mengubah nilai tekanan sistem
    •isokhorik > proses termodinamika yang tak mengubah nilai nilai volume sistem
    •isotermik > proses termodinamika yang tak mengubah nilai suhu sistem
    •adiabatik > proses termodinamika yang tak mengubah nilai kalor sistem

    Artikel ini dapat membantu memahami masalah tentang termodinamika,namun saya pribadi kurang memahami pembahasan tentang mesin carnot dan mesin kalor dan bingung memahami masalah rumus" nya dan memahami cara pengerjaan tugas yang dijelaskan.
    Yang saya tanyakan dalam pembahasan ini "apakah dalam proses terjadinya termodinamika, lingkungan luar benda mempengaruhi usaha yang di lakukan?"
    Dan "penjelasan rinci tentang energi tak bisa di ciptakan atau di musnahkan,tetapi hanya dapat di ubah bentuknya"

    Sekian dari saya, terimakasih.....
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Saya Andre Syahputra berkesimpulan bahwa termodinamika adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi dan gerak

    Hukum termodinamika terdiri dari 4 hukum yaitu:1.Hukum termodinamika 0
    2.Hukum termodinamika 1
    3.Hukum termodinamika 2
    4.Hukum termodinamika 4

    Termodinamika memiliki proses-proses:
    1.proses isobar>proses termodinamika yang tidak mengubah nilai tekanan sistem
    2.proses isokhorik>proses termodinamika yang tidak mengubah nilai volume sistem
    3.proses isotermik>proses termodinamika yang tidak mengubah nilai suhu sistem
    4.proses adibatik>proses termodinamika yang tidak mengubah nilai kalor sistem

    Mungkin itu saja kesimpulan dari saya pak, mohon maaf jika ada kata atau bahasa yang kurang tepat.sekian dari saya wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum..
    Saya Nur Okni Saputri dari kelas XI mipa2
    Saya kurang mengerti di bagian "siklus carnot terdapat 4 proses yaitu pemuaian isoteramal, pemuaian adiabatic, pemampatan isotermal, pemampatan adiabatic" tolong jelaskan secara rinci pada setiap proses yang terjadi pada mesin carnot tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum. Saya JENI IMELDA. Mungkin bisa sedikit membantu menjawab pertanyaan dari
      Nur okni .

      Siklus carnot adalah tahapan mesin carnot dalam mengubah energi panas ke energi mekanis.

      Catatan : Di dalam ilmu fisika, energi mekanis adalah hasil penjumlahan energi potensial dan energi kinetis. Energi ini diasosiasikan dengan gerak dan posisi dari sebuah objek.

      Siklus Carnot terdiri dari dua dua proses adiabatik dan proses isotermal. Isotermal adalah keadaan di mana sistem tetap pada suhu konstan. Sementara adiabatik adalah keadaan di mana tidak adanya energi kalor yang dipindahkan ke luar ataupun ke dalam sistem.

      Pada proses isotermal pertama (terjadi pada suhu yang lebih tinggi), zat mengalami ekspansi (pemuaian) dan menyerap panas. Proses isotermal kedua, (terjadi pada temperatur yang lebih rendah), zat mengalami kompresi (pemampatan) dan melepas panas. Garis isotermal pertama dan kedua dihubungkan oleh dua proses adiabatik. Adiabatik pertama zat mengalami ekspansi, sedangkan pada adiabatik kedua zat akan mengalami kompresi

      Secara ringkas, Siklus Carnot dapat digambarkan sebagai berikut:

      Ekspansi Isotermik → Ekspansi Adiabatik → Kompresi Isotermik → Kompresi Adiabatik

      Contoh aplikasi Siklus Carnot dalam kehidupan sehari-hari dapat dijumpai pada mesin uap dan mesin jet pesawat terbang.

      Itulah penjelasan siklus carnot secara singkat. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  47. Assalamualaikum pak.
    Saya neta dwi cahyani.
    Di sini saya dapat menyimpulkan termodinamika merupakan usaha untuk merubah kalor menjadi energi.
    Termodinamika berhubungan erat dengan fisika panas, dan temperatur.
    Terdapat 4 hukum dasar terodinamika yaitu:
    1. Hukum termodinamika 0
    2. Hukum termodinamika 1
    3. Hukum termodinamika 2
    4. Hukum termodinamika 3
    Di sini kita juga di perjelas materi termodinamika serta proses dan hukum hukum nya berupa video yang ada di dalam nyaa.
    Sehingga kita dapat lebih memahami materi termodinamika tersebut.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum warahmatullahi wabarhakatu. Saya Jeni Imelda dari kelas XI MIPA2. Berdasarkan materi termodinamika yang saya baca dibuku paket fisika dan link bacaan ini saya sedikit menyimpulkan bahwa :

    Termodinamika merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mengubah perpindahan energi (kalor) yang disebabkan perbedaan suhu untuk menghasilkan suatu energi dan sifat-sifat penyertanya.

    HUKUM TERMODINAMIKA 0 :
    Untuk lebih memahami tentang isi hukum ke 0 termodinamika, maka bunyi hukum ini dapat ditulis ulang dengan kata-kata yang lebih sederhana yaitu Jika benda A mempunyai temperatur yang sama dengan benda B dan benda B mempunyai temperatur yang sama dengan benda C maka temperatur benda A akan sama dengan temperatur benda C atau disebut ketiga benda (benda A, B dan C) berada dalam kondisi kesetimbangan termal.

    HUKUM TERMODINAMIKA 1 : Hukum termodinamika 1 juga dikenal sebagai Hukum Kekekalan Energi, menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dihancurkan. Energi hanya dapat ditransfer atau diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.  
    Misalnya, menyalakan lampu listrik tampaknya adalah proses menghasilkan energi. Namun, sebenarnya hanya mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum warahmatullahi wabarohkatu. Saya winda sugiarti dari kelas XI MIPA2 saya ingin bertanya, diatas disebutkan bahwa terdapat 2 hal penting yang harus di ingat dari berbagai jenis proses-proses termodinamika, salah satunya yaitu variabel yang berubah. Yang ingin saya tanyakan, variabel yang dimaksud itu variabel apa ya pak? Dan perubaahan variabelnya menjadi seperti apa?Mohon penjelasannya pak. Terima kasih pak

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum wr.wb. Saya Mawar Sukma dari kelas XI MIPA 2. Saya ingin bertanya pak. Hukum Termodinamika 2. Disitu dijelaskan Hukum termodinamika 2 menunjukkan kondisi alami dari alur kalor suatu objek dengan sistem. "kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin. Kalor tidak akan mengalir secara spontan dari benda dingin ke benda panas tanpa dilakukan usaha".
    Nah pertanyaan saya pak kenapa kalor tidak dapat tidak akan mengalir secara spontan dari benda dingin kebenda panas tanpa dilakukan usaha?

    BalasHapus
  51. Saya fredo saputra situmorang dari artikel yang saya baca artikel ini sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk menambah ilmu dan wawasan. Dimana disini saya dapat menyimpulkan bahwa termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur dan saya dapat mengetahui hukum termodinamika ada 4.yaitu HUKUM TERMODINAMIKA 0,HUKUM TERMODINAMIKA 1,HUKUM TERMODINANIKA 2 DAN HUKUM TERMODINAMIKA 3 dan proses proses termodinamika dan juga mesin carnot yang bekerja berdasarkan proses proses temodinamika. Namun saya masih kurang mengerti pada siklus atau usaha yang dilakukan oleh mesin carnot.mohon penjelasannya pak...

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
    Nama:LARAJATUL HIKMAH
    Kelas:XI MIPA 2

    Saya sudah membaca artikel dari bapak saya kurang memahami masalah rumus²nya dan memahami cara pengerjaan tugas yang dijelaskan
    Dan saya ingin bertanya
    "Apakah dalam proses terjadinya termkdinamika,lingkungan luar benda mempengaruhi usaha yg dilakukan?"
    Dan bisa kah bapak menjelaskan tentang energi tak bisa diciptakan atau dimusnahkan,tetapi hanya dapat di ubah bentuknya :)

    Sekian dari saya, terimakasih
    Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu:)

    BalasHapus
  53. assalamualaikum
    Saya syaiful syifa
    Ingin menyimpulkan bahwa temo dinamika adalah salah satu cabang ilmu fisika Yang mempelajari panas dan temperatur.
    Dan termodinamika juga memiliki 4 hukum yaitu
    - hukum termodinamika o
    Yaitu semisalnya ada 2 benda atau lebih yang memiliki kesetimbangan termal yang berbeda jika di sarukan kesetimbangan termal kedua benda atau lebih tersebut akan sama
    - hukum termodinamika 1
    Yaiti suatu energi tidak dapat di ciptakan atau di musnahkan tetapi hanya bisa di rubah bentuknya saja
    -hukum termodinamika 2
    Yaitu kalor akan mengalir secara alami berpindah dari benda panas ke venda dingin, tetapi akan membutuhkan usaha untuk memindahkan Kalor dingin ke kalor panas membutuhkan usaha

    -hukum termodinamika 3
    Nah di sini saya ingin bertanya
    Maksud dari entopi dari suatu kristal sempurna pada absolut nol adalah nol itu apa, dan apa contoh dalam kehidupan kita?

    BalasHapus
  54. Menurut saya artikel ini sudah bagus dan juga rinci. Lebih tertata dengan baik sehingga kita lebuh mudah memahaminya, walaupun ada sebagian yang belum dimengerti. Tapi sudah ditanyakan oleh teman-teman yang lain.Jadi saya bingung mau tanyakan apalagi.
    Oh iya hampir lupa,kalau bisa penjelasan yang pakai rumus disertakan dengan contoh soalnya pak, klau seperti itu bakalan mendekati kata sempurna😄 deh artikelnya.
    Sekian dari saya terimakasih pak

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum wr.wb

    Saya siti nurhaliza dari kelas XI mipa²,dari artikel yang bapak buat dapat saya simpulkan bahwa"Termodinamika adalah salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur,serta hubungan keduanya pada energi dan gerak.
    - pada termodinamika terdapat 4 macam:
    1.hukum termodinamika 0.
    2.hukum termodinamika 1.
    3.hukum termodinamika 2.
    4.hukum termodinamika 3.
    -proses termodinamika terbagi menjadi 4 macam:
    1.isobarik. 3.isotermik.
    2.isokhorik. 4.adiabatik.

    Mesin carnot adalah suatu model mesin ideal yang memiliki efisiensi paling tinggi dari semua mesin yang mungkin diciptakan.
    -pada siklus carnot terdapat 4 proses pemuaian yaitu:
    1.pemuaian isotermal dari A ke B.
    2.pemuaian adiabatik dari B ke c.
    3.penempatan isotermal dari C ke D.
    4.Penempatan adiabatik dari D ke A.

    Sekian dari saya terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  56. Saya Dea Betriz telah membaca artikel dari bapak. Bahwa Termodinamika adalah salah satu ilmu yang mempelajari panas adan temleratur, dan hubungan keduanya pada energi dan gerak.Hukum Termodinamika ada 4 yaitu Hukum Termodinamika 0,Hukum Termodinamika 1,Hukum Termodinamika 2 dan Hukum Termodinamika 3.Yang saya tidak mengerti tentang Hukum Termodinamika 1.Mohon penjelasanya pak

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum pak
    Saya diyah Nurjanah
    Dari kelas XI MIPA 2
    Menurut saya artikel ini sangat bagus dan rinci sehingga lebih muda di pahami
    Saya tidak memiliki pertanyaan di karenakan artikel yang bapak buat sangat mudah di pahami

    BalasHapus
  58. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama saya ana nurjannah
    Dari kelas XI MIPA 2
    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dan mudah dipahami karena ada video pembelajaran. Tetapi kata2nya agak sulit dimengerti. Dari artikel ini saya dapat menyimpulkan bahwa termodinamika adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi dan gerak. Dan ada 4 hukum universal termodinamika yaitu hukum termodinamika 0,1,2,dan3.
    Saya ingin bertanya disitu dijelaskan bahwa hukum universal termodinamika ada 4, kenapa angka yang dipakai 0,1,2,3 kenapa tidak 1,2,3,4?? Terimakasih

    BalasHapus