Breaking

Rabu, 15 Januari 2020

Konsep Gas Ideal dalam Kehidupan Sehari-hari

Gas ideal adalah gas yang bekerja pada tekanan dan suhu kamar. Formula gas ideal ini dapat di tentukan dengan rumus umum sebagai berikut ini :

                                                                PV = nRT

P = Tekanan (atm / Pa)
V = Volume (L)
n = Jumlah Mol (mol)
R = Tetapan (0.082 atau 8314)
T = Suhu (K)

Dari rumus di atas dapat kita simpulkan dengan pernyatan sperti ini :

Tekanan berbanding lurus dengan suhu,  Artinya bahwa setiap suhu di naikkan, maka otomatis tekana akan meningkat. 


Tekanan berbandung terbalik dengan volumeArtinnya setiap benda yang volumenya di perbesar maka tekanananya akan semakin mengecil. Sebeliknya bila volume di perkecil menyebabkan tekanan semakin besar


Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol, Artinya bila jumlah mol suatu zat di tambakan dalam suatu wadah yang volumenya tetap, dapat meningkatkan tekanan di dalam wadah tersebut
Konsep gas ideal yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari :

Ban Motor menjadi Kempes jika lama tidak digunakan

Hasil gambar untuk Ban motor kempes

Nah kenapa ban motor anda  kempes jika lama tidak digunakan? Ternyata ini dapat di jawab dengan logis melalui formula gas ideal ini.

Ketika anda sering menggunakan motor, motor akan mejadi panas. Bukan hanya pada mesin saja yang panas, namun juga terjadi pada body dan juga pada ban. ban motor malah sering bersentuhan dengan aspal yang tentunya panas sekali. Nah pada saat ban ini panas berarti suhu pada ban ini meningkat bukan? Ketika suhu meningkat otomatis tekanan di dalam ban juga ikut meningkat juga. Sesuai dengan formula gas ideal di atas.

Ketika motor lama tidak anda gunakan menyebabkan suhu pada motor menjadi dingin, begitu juga dengan ban. bila anda menyimpan motor anda di rumah di lantai batu maka ban akan lebih dingin lagi. Hal ini menyebabkan suhu pada ban menurun. Ketika suhu ban ini turun otomatis tekanan di dalam ban berkurang. Hal inilah yang menyebabkan ban motor anda kempes setelah lama tidak di gunakan.




Botol menjadi Kempes setelah dimasuki Air Panas


Hasil gambar untuk Botol diisi air panas

Pernahkah anda memasukkan air panas kedalam botol? Misalnya anda pergi kekebun dengan membawa sebuah kopi dan kopi tersebut anda masukan ke dalam sebuah botol. Tanpa anda sadari botol yang berisi air kopi hangat itu mengalami kempes, seperti tersedot bukan? Jika anda tidak mengetahui itu tentu saja anda akan mengabaikan begitu saja. Bila anda penasaran kenapa hal itu bisa terjadi? Ternyata ini bisa di jelaskan di dalam teori gas ideal.

Pada saat anda memasukkan kopi hangat pada botol kemudian menutupnya segera dan pergi kekebun. Selama anda di perjalanan suhu pada kopi hangat anda sedikit-sedikit akan turun menyesuaikan dengan lingkungan di sekitarnya. Turunnya suhu pada kopi ini menyebabkan rumus gas ideal bekerja. Yaitu adalah ketika suhu turun menyebabkan tekanan di dalam botol menjadi turun. Nah hal itulah yang menyebabkan botol kopi anda menjadi kempes atau seperti tersedot.


Bagaimana? Logis bukan? Bila anda ingin mencoba bereksperiment sendiri untuk membuktikan dengan jelas di mata dan kepala anda secara langsung anda bisa mencoba cara sederhana yang juga pernah saya lakukan. Alat yang perlu anda persiapkan hanyalah sebuah botol aqua, terserah ukuran berapa saja. Selanjutnya masaklah nasi dengan menggunaka magicom atau ketika orang tua anda menanak nasi tunggulah hingga airnya mendidih dan mengeluarkan uap melalui cerobong uap magicom.

Ketika sudah mendidih dan uap keluar dari cerobong. Bukalah botol anda lalu arahkan mulut botol pada cerobong uap nasi tadi. Pastikan uap air masuk pada botol anda. setelah kira-kira cukup segera tutup botol anda dengan rapat. lalu diamkan beberapa saat, lihatlah perubahan pada botol anda sekarang!!! Botol kempes bukan hanya panas yang di akibatkan dari suhu uap air, tetapi juga dari hukum gas ideal ini. 

Gerakan Piston dalam Mesin


Hasil gambar untuk gerakan piston

Kenapa motor bisa berjalan? Karena ada mesin. Kenapa mesin bisa berputar? Ada yang bisa menjawab? Anak teknik mesin mungkin bisa menjawabnya yaa.. tapi sebenarnya anak sekolahan SMA itu sudah bisa menjawab hal ini. terutama berdasarkan pelajaran sehingga dapat menjawab dengan logis.

Konsep pada mesin sebenarnya sederhana sekali. Menggunakan teori gas ideal. Dimana bila volume di perkecil secara otomatis tekanan menjadi besar dan menyebabkan suhu menjadi naik. Ketika piston bergerak maju mundur melakukan suatu pekerjaan yang berfungsi untuk mengubah volume tabung / slinder piston agar mendapatkan suhu yang tinggi. pada kondisi suhu yang tinggi bila di semprotkan kabut minyak minyak solar / bensin dapat menyebabkan ledakan di dalam tabung piston. Ledakan ini menyebabkan piston bergerak mundur kembali seperti semula.

Pada inti yang sebenarnya adalah hanya untuk menaikkan suhu ruangan agar dapat terjadi pembakaran, dengan cara mengecilkan volume sehingga mendapatkan tekanan yang tinggi. pada tekanan tinggi otomatis suhu akan naik. Sesuai dengan konsep rumus gas ideal bahwa ketika tekanan di naikkan, maka suhu akan naik juga.

Hal yang menyebabkan mesin panas bukan hanya gesekan yang terjadi, namun akibat dari tekan yang tinggi tersebut. Pada umumnya di luar bagian mesin (body) biasanya ada pendingin untuk mengurangi panas pada mesin.

Balon Meletus
Hasil gambar untuk balon meletus gif

Mengapa balon bisa meletus? Balon bisa meletus karena dua hal yaitu adanya kenaikan suhu dan tekanan gas balon. Apabila kita letakan dibawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama maka balon akan meletus. Hal ini disebabkan oleh suatu gas dalam balon juga meningkat. 

Hal yang sama juga terjadi apabila kita memompa balon terus menerus. Gas akaan menekan dinding balon terus-menerus seiring dengan kenaikan tekanannya, sehingga volume balon terus meningkat. Pada saat dinding balon tidak dapat lagi menahan tekanan gas, balon akan  meletus.

Sumber : http://tanyagooogle.blogspot.com/2015/10/contoh-penerapan-gas-ideal-dalam.html

92 komentar:

  1. assalammualaikum pak.
    saya sudah mmbaca artikel. dr artikel diatas ada penjelasan yg saya kurang mngerti dikatakn "pada kondisi suhu yang tinggi bila di semprotkan kabut minyak minyak solar / bensin dapat menyebabkan ledakan di dalam tabung piston." apa yg dimksd dengan ledakan tersbut ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda, menurut saya beberapa artikel yg pernah saya baca, pada saat mesin bekerja, bensin dan udara terbakar akibat percikan api dari busi. Lalu hasil pembakaran itu yg menimbulkan ledakan dan tekanan yg sangat kuat di dalam ruang bakar (ruang dimana bahan bakar di bakar), tak terkecuali piston juga menerima ledakan tersebut. Itulah mengapa piston juga memiliki syarat tahan terhadap ledakan karna piston akan menerima ledakan berulang ulang, sekian wassalamu'alaikum.

      Hapus
  2. Assalamualaikum,dari penjelasan artikel di atas di jelaskan bahwa jika ban di biarkan di lantai akan menyebabkan suhu ban dingin dan ban akan kempes, lalu bagaimana jika motor di standar 2 dan di diamkan? Apakah akan memperlambat penurunan suhu dan pengempesan ban atau tetap akan sama seperti saat di lantai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya ban motor yg distandar 2 akan mengalami penurunan tekanan lebih lambat
      Karena ban yg bersentuhan dngn lantai suhunya lebih dingin dari pada ban motor yg di standar 2 otomatis ban yg bersentuhan dngn lantai akan lebih cepat kempes dibandingkan dengan ban motor yg di standar 2

      Hapus
    2. Saya setuju dengan alfred, mengapa demikian? Karna penyebab utama kempesnya ban motor adalah suhu. Maka jika di fikirkan, suhu ban bersentuhan di lantai lebih dingin di banding suhu ban saat di standar dua. Maka ban yg terkena lantai jauh lebih cepat kempes di banding standar 2, sekian wassalamu'alaikum.

      Hapus
  3. assalamualaikum pak.
    pada bagian gerakan piston dalam mesin.
    ada pernyataan seperti ini "di luar bagian mesin (body) biasanya ada pendingin untuk mengurangi panas pada mesin".ada juga pernyataan bahwa "ketika suhu dan tekanan naik,akan terjadi ledakan".yang saya tanyakan,bagaimana kinerja si pendingin agar tabung piston tidak terjadi ledakan pada suhu dan tekanan yang tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda, menurut saya, pendingin bukan berfungsi untuk mencegah terjadi ledakan di piston, melainkan fungsi pendingin hanyalah menurunkan suhu mesin akibat terkena ledakan dari pembakaran bensin dan udara. Jadi menurut saya, tidak ada hubungan kinerja agar si pendingin bisa menghentikan ledakan di piston,
      terimakasih

      Hapus
  4. Assalamualaikum wr.wb saya aurelia.
    Ingin bertanya pak, Formula gas ideal dapat di tentukan dengan rumus umum sebagai berikut : PV = nRT

    P = Tekanan (atm / Pa)
    V = Volume (L)
    n = Jumlah Mol (mol)
    R = Tetapan (0.082 atau 8314)
    T = Suhu (K)

    Dari rumus di atas dapat kita simpulkan dengan pernyatan:
    "Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol, Artinya bila jumlah mol suatu zat di tambakan dalam suatu wadah yang volumenya tetap, dapat meningkatkan tekanan di dalam wadah tersebut". Jadi pak pertanyaan nya itu bagaimana menentukan jumlah mol dalam suatu zat baik itu zat padat atau gas?.apakah ada ketentuan, misal dalam balon yang kita tiup dengan ukuran tertentu bagaimana menghitung jumlah mol yang ada?

    BalasHapus
  5. Saya ingin bertanya
    Mengenai tekanan pada kapal selam
    Pada saat kapal selam akan di apungkan ke permukaan air, pada saat itu juga akan diberikan udara, sehingga terjadi gaya tekan ke atas,
    Nah yang saya tanyakan, apakah yang diberikan di ruang pengisian udara, hanyalah udara biasa atau udara bertekanan?
    Lalu, bisakah dijelaskan secara lebih detail mengenai keterkaitan antara gaya tekan keatas :)
    Trim's

    BalasHapus
  6. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, nama saya = Fahrul Amir, dari kelas 11 MIPA 2
    .
    saya ingin bertanya, mesin mobil yang terbakar karena korsleting apakah termasuk dalam contoh konsep gas ideal? jika memang benar mengapa dan jika tidak termasuk mengapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam.
      Saya akan sedikit menjawab pertanyaan dari Fahrul.
      Mesin yang meledak akibat konsleting mungkin tidak termasuk ke dalam gas ideal. Namun apabila ledakan mesin itu terjadi karena terlalu lama digunakan bisa jadi termasuk kedalam gas ideal, karna semakin lama mesin akan semakin panas maka tekanan dan suhu semakin naik sehingga mesin berpotensi meledak . Namun, Biasanya penyebab terjadinya overheat adalah sistem pendinginan mobil yang bermasalah, Masalah pada sistem radiator mobil umumnya terjadi karena ada kebocoran, penyumbatan, atau cairan yang habis.

      Sekian,
      Mohon maaf apabila kurang tepat

      Hapus
  7. Assalamualikum,
    nabila ingin bertanya saat balon kita tetesi minyak kayu putih maka balon akan meletus. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? padahal tidak terdapat pertambahan gas pada dinding balon.
    Dan apakah peristiwa tersebut tergolong dalam konsep gas ideal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Saya Nur Okni Saputri
      Ingin mencoba menjawab pertanyaan nabila.
      Balon yng di tetesi minyak kayuputih dapat pecah, karna minyak kayuputih adalah cairan yang bersifat panas sehingga dapat membuat balon menjadi tipis dan meledak.
      Ini juga termasuk dalam konsep gas ideal.
      Maaf jika ada kesalahan.

      Hapus
  8. Tanpa Nama

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh nama saya:Rahmad riandy harahap kelas:XI mipa2

    Saya ingin bertanya:diartikel dibilang'apabila balon kita letakkan dibawah sinar matahari dalam waktu yg lama.Maka balon akan meletus.hal ini disebabkan oleh suatu gas dalam balon meningkat'.
    Yang saya tanyakan itu 'suatu gas dalam balon meningkat'gas yg dimaksud itu apakah gas hidrogen yg berada dalam balon tersebut?
    Dan kalo bukan gas apakah yg dimaksud didalam artikel tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum nabila coba bantu menjawab.
      Jika rian meniup balon dengan mulut rian sendiri maka gas yang ada di dalam balon berupa karbondioksida yang di dalam nya terdapat uap air. Akibatnya, balon tiup memiliki massa yang lebih berat daripada udara di sekitar.Itulah kenapa balon tiup tidak akan terbang melainkan bergerak ke bawah.
      Berbeda jika rian menggunakan alat untuk mengisi balon,maka gas yang ada di dalam balon tersebut bisa berupa helium atau pun gas hidrogen. Hanya saja helium lebih tepat digunakan untuk balon gas karna tidak mudah terbakar saat terkena panas. Berbeda dengan hidrogen yang memiliki sifat cenderung mudah terbakar. Maaf jika ada kesalahan.

      Hapus
  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya:Muhammad Azhari kelas:XI MIPA 2

    Saya ingin bertanya:pada materi di atas saya ingin bertnya di situ kan ada materi tentang tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol:artinya apa bila jumlah mol suatu zat di tambah kan dalam suatu wadah yang volumenya tetap,dapat meningkat kan tekanan di dalam wadah tersebut pertanyaan saya, apa bila jumlah mol suatu benda di tambahkan dalam suatu wadah yang volumenya tidak tetap apakah berdampak semakin meningkat apa semakin menurun pak?

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum wr WB

    Dari materi yang di atas saya Ingin bertanya"Tekanan berbanding lurus dengan suhu artinya setiap suhu di naikkan maka otoritas tekanan akan meningkat?Itu yang bagaimana!!pak



    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.
      Saya Nur Okni Saputri, ingin mencoba menjawab pertanyaan widya.
      "Tekanan berbanding lurus dengan suhu artinya setiap suhu di naikkan maka tekanan akan meningkat" Dari pernyataan tersebut kita sudah dapat menyimpulkan bahwa tekanan bergantung pada suhu, jika suhu naik maka tekanan juga akan naik dan jika suhu turun tekanan juga akan berkurang.
      Contohnya balon yang di bakar suhunya akan meningkat sehingga terjadi pemuaian dan mengakibatkan tekanan udara di dalam balon juga meningkat sehingga balon pecah.
      Maaf jika ada kesalahan

      Hapus
  11. Assalamualaikum wr WB

    Dari materi yang di atas saya Ingin bertanya"Tekanan berbanding lurus dengan suhu artinya setiap suhu di naikkan maka otoritas tekanan akan meningkat?Itu yang bagaimana!!pak



    BalasHapus
  12. Assalamualaikum..
    Dari artikel yg saya pahami tadi tentang mengenai balon.saya ingin bertanya:pada saat balon berisi air ketika dibakar.mengapa balon tsb tidak meletus. Apakah balon itu mengalami perubahan tekanan suhu? Volumenya tetap atau berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum...
      Saya Nur Okni Saputri ingin mencoba menjawab pertanyaan ini.
      Balon yang berisi udara jika di bakar udara yang berada di dalam balon akan mengalami pemuaian sehingga tegangan permukaan balon menjadi naik dan balon pun meledak. Sedangkan balon yang berisi air jika di bakar membutuhkan jumblah kalor untuk pemuaian lebih banyak di bandingkan dengan balon yang berisi udara dan waktu yang di butuhkan lebih lama untuk memecahkan balon tersebut. Jika semakin lama balon di bakar maka suhu air dan balon bertambah dan volume air berkurang.
      Maaf jika ada kesalahan.

      Hapus
    2. Assalamualaikum
      Saya JENI IMELDA. ingin menambahkan jawaban dari nur okni dari soal tersebut.


      Menurut yang saya pelajari
      Ketika balon berisi air dibakar, maka air menyerap sebagian besar panas dari nyala api.Balon tidak menjadi panas karena panas diteruskan oleh air yang bersifat menyerap panas.Karena balon tidak menjadi panas dalam sekejap, maka balon langsung tidak pecah. Namun bila kita membiarkan balon terbakar dalam jangka waktu yang lama, hingga suhu air meningkat, maka balon bisa meledak.

      Hapus
    3. Assalamualaikum
      Saya JENI IMELDA. ingin menambahkan jawaban dari nur okni dari soal tersebut.


      Menurut yang saya pelajari
      Ketika balon berisi air dibakar, maka air menyerap sebagian besar panas dari nyala api.Balon tidak menjadi panas karena panas diteruskan oleh air yang bersifat menyerap panas.Karena balon tidak menjadi panas dalam sekejap, maka balon langsung tidak pecah. Namun bila kita membiarkan balon terbakar dalam jangka waktu yang lama, hingga suhu air meningkat, maka balon bisa meledak.

      Hapus
  13. Assalamualaikum..
    Nama saya Nur Okni Saputri dari kelas XI Mipa2
    Pada artikel ini ada kalimat yang menyatakan "pada umumnya di luar bagian mesin (body) biasanya ada pendingin untuk mengurangi panas pada mesin" nah yang saya ingin tanyakan adalah pendingin yang di sebutkan itu berbentuk zat, atau udara dan apakah pendingin tersebut dapat menghambat ledakan dan pembakaran yang terjadi di dalam tabung piston.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama jeni Imelda
      Kelas XI mipa2

      Assalamualaikum warahmatullahi wabarhakatu.
      saya akan sedikit menjawab pertanyaan dari nur okni . Mesin pendingin tersebut menggunakan sistem udara .
      Sistem pendingin udara ini umumnya dilakukan dengan cara memanfaatkan udara yang masuk lewat celah mesin. Cara kerjanya cukup sederhana, udara akan masuk lewat celah fairing atau cover bodi depan (biasanya berbentuk sirip), kemudian masuk ke dalam celah mesin.

      namun kemungkinan besar mesin pendingin ini tidak berpengaruh dengan ledakan piston yang kamu maksud. Karna piston berada di tabung Yang berbeda dengan tabung pendingin .

      Hapus
  14. Asslamualaikum
    Saya Elmi Utari
    Pada artikel di atas menyatakan "Balon bisa meletus karena 2 hal yaitu adanya kenaikan suhu dan tekanan gas balon".
    Dan yang ingin saya tanyakan mengapa balon yang di letakan di atas satu paku lebih mudah pecah di banding dengan balon yang di letakan di banyak paku?adakah hubungan nya dengan 2 pernyataan di atas?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam...
      Saya Nur Okni Saputri
      Ingin mencoba menjawab pertanyaan dari elmi.
      Sebelum kita membahas balon apakah elmi ingat dengan pernyataan "semakin kecil luas permukaan benda maka semakin besar tekanan yang di hasilkan"
      Sama halnya dengan Balon yang di letakkan di atas satu paku lebih mudah pecah karna luas permukaan paku yang menyentu balon sangat kecil sehingga tekanan yang di hasilkan oleh paku sangat besar. Sedangkan balon yang di letakkan di banyak paku berarti luas permukaan paku yang menyentuh balon semakin besar sehingga tekanan yang di hasilkanpun kecil. Hal ini masuk dalam kemungkinan yang ke2 yaitu balon meletus karna adanya tekanan.

      Maaf jika ada kesalahan

      Hapus
  15. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Setelah saya membaca dan memahami artikel di atas ada kalimat yang mencatatkan "balon bisa meletus karena 2 hal yaitu ada nya kenaikan suhu dan tekanan gas balon"
    Dan disini saya ingin bertanya mengapa balon yang permukaannya dilapisi sabun tidak mudah pecah jika ditusuk oleh jarum?

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Saya Nur Okni Saputri
      Ingin mencoba menjwab pertanyaan andre.
      Balon jika di lapisi sabun tidak mudah pecah karna sabun memiliki zat kimia yang dapat membuat balon menjadi tebal sehingga tidak mudah pecah.

      Maaf jika ada kesalahan

      Hapus
  16. Waalaikumsalam..
    Saya Nur Okni Saputri
    Ingin mencoba menjwab pertanyaan andre.
    Balon jika di lapisi sabun tidak mudah pecah karna sabun memiliki zat kimia yang dapat membuat balon menjadi tebal sehingga tidak mudah pecah.

    Maaf jika ada kesalahan

    BalasHapus
  17. Dari materi trsbt saya mengetahui bahwa ban yg sering kita gunakan akan menjadi panas dan tekanan nya naik, dan ban yg jarang digunakan suhu nya dingin dan tekanan akan berkurang.
    .
    Jadi saya ingin bertanya:
    Apakan ban yg mula-mulanya kempes jika sering kita gunakan tekanan ban trsbt meningkat dan ban itu akan terisi menjadi tidak kempes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya apa bila ban yang kempes jika di gunakan kembali tidak akan dapat mengembalikan banyak tersebut menjadi tidak kempes karna yang di maksud pada materi yang telah di jelaskan ialah banyak yang semulanya tidak kempes. Jika banyak kempes tersebut anda gunakan maka isilah anginnya terlebih dahulu.

      Hapus
  18. Assalamualaikum pak.
    Saya neta dwi cahyani.
    Saya ingin bertanya apakah memompa sepeda termasuk dalam penerapan gas ideal dalam kehidupan sehari-hari?
    Dan mengapa pada saat kita memompa sepeda setelah itu kita pegang badan pompa itu dan pompa tersebut berubah menjadi panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya fredo,saya ingin mencoba membantu menjawab pertanyaan dari neta,menurut saya memompa sepeda adalah penerapan gas ideal dalam keseharian kita,iya benar, dan knp saat stelah memompa kita memegang body pompa terasa panas,itu bisa terjadi karena menurut saya ada nya gaya gesekan antara udara sama tekanan sehingga menghasilkan energi panas atau biasa kita sebut kalor.

      Hapus
    2. Saya indayani situmorang akan mencoba menjawab pertanyaan dari neta.
      Memompa sepeda merupakan penerapan gas ideal dalama kehidupan sehari- hari
      Dan mengapa setelah kita memompa badan pompa itu panas,panas tersebut berasal dari gaya gesek. Apabila kita melakukan gesekan secara berulang-ulang, maka akan menghasilkan panas. Sama halnya dengan kita mengosok kedua tangan kita sendiri.
      Maaf jika ada kesalahan dalam menjawab

      Hapus
  19. Nama saya fredo saputra situmorang dari artikel yang saya baca saya dapat menyimpulkan bahwa gas ideal adalah gas yang bekerjapada tekanan dan suhu kamar,dan saya juga tahu bahwa tekanan yang jika suhu nya dinaikkan maka tekanannya akan meningkat adalah tekanan yang berbanding lurus dengan suhu,dan benda yang tekanannya di perbesar maka volume nya akan mengecil dan juga sebaliknya adalah tekanan yang berbanding terbalik dengan volume dan bila jumlah mol suatu zat ditambahkan dalam suatu wadah yang volume nya tetap dapat meningkatkan tekanan di dalam wadah tersebut ialah tekananyang berbanding lurus dengan jumlah mol,dan juga disni saya sudah tahu konsep gas ideal yang terjadi dalam kehidupan sehari hari.

    BalasHapus
  20. Nama : jeni Imelda
    Kelas : XI MIPA 2

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarhakatu.

    Berdasarkan artikel yang saya baca mengenai balon yang apabila diletakkan di bawah matahari maka tekanan atau suhu didalam balon meningkat sehingga berpotensi balon meletus karna disebabkan gas didalam balon juga meningkat. Dari pertanyaan ini saya sedikit menyimpulkan bahwa balon tersebut jika diletakkan ditempat yg panas atau terkena sesuatu yg bersifat panas ia akan meletus.

    Nah pertanyaan saya : Bagiamana dengan balon udara? yang menerbangkan nya dengan menggunakan energi panas berupa api dibawah balon tersebut?
    kenapa balon udara malah bisa terbang?

    Sekian
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Saya Nur Okni Saputri, ingin mencoba menjawab pertanyaan jeni.
      Menurut saya, balon udara terbang dengan udara panas karna udara panas lebih ringan jika di bandingkan dengan udara dingin. Kita tentu tau bahwa balon udara itu besar ya, jika di bandingkan dengan balon ulangtahun jadi tentunya balon udara harus memiliki udara yang lebih ekstra untuk menerbangkannya. Lain halnya dengan balon ulangtahun yang di bakar. Pada awalnya balon tersebut berisi udara dingin yang kemudian di bakar sehingga menghasilkan udara panas, nah tentunya udara dingin di dalam balon berlawanan dengan udara panas akibat bakaran tersebut, sehingga membuat balon menipis dan pecah.
      Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa balon udara dapat terbakar, karna kenyataannya jika balon udara tidak di kemudikan dengan benar akan membuat balon udara terbakar. Maka dari itu di sebagian tempat melarang untuk menerbangkan balon udara.

      Maaf jika ada kesalahan

      Hapus
  21. Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatu
    Dari artikel tsb dapat disimpulkan bahwa gas ideal adalah gas yg bekerja pada tekanan dan suhu kamar dan dapat disimpulkan Tekanan berbanding lurus dengan suhu, Artinya bahwa setiap suhu di naikkan, maka otomatis tekana akan meningkat.
    Tekanan berbandung terbalik dengan volume, Artinnya setiap benda yang volumenya di perbesar maka tekanananya akan semakin mengecil. Sebeliknya bila volume di perkecil menyebabkan tekanan semakin besar
    Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol, Artinya bila jumlah mol suatu zat di tambakan dalam suatu wadah yang volumenya tetap, dapat meningkatkan tekanan di dalam wadah tersebut
    Dan gas ideal banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti ban menjadi kempes jika lama tidak digunakan,botol menjadi kempes setelah dimasukkan air panas.dll
    Sekian
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatu

    BalasHapus
  22. Pak saya mau bertanya diartikel itu kan di katakan Ketika piston bergerak maju mundur melakukan suatu pekerjaan yang berfungsi untuk mengubah volume tabung / slinder piston agar mendapatkan suhu yang tinggi.pada kondisi suhu tinggi itu piston bisa meledak, han itu kira-kira kenapa ya pak dan gimana cara si untuk mencegah piston nya agar tidak meledak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Wanda Amalia Cristanty akan menjawab pertanyaan dari indah.
      Maksud dari meledak disini bukan suatu ledakan yang dapat memicu api atau kebakaran melainkan ledakan yang menimbulkan suhu yang lebih tinggi untuk menggerakkan mesin.
      Maaf jika jawaban salah atau kurang pas.

      Hapus
    2. Saya Wanda Amalia Cristanty akan mencoba menjawab pertanyaan dari indah.
      Yang di maksud dari meledak disini bukan suatu ledakan yang dapat menimbulkan kebakaran atau memicu api melainkan ledakan yang terjadi untuk mendapatkan suhu yang lebih tinggi untuk menggerakkan mesin.
      Maaf jika jawaban yang diberikan salah

      Hapus
  23. Assalamualaikum pak saya winda sugiarti mau bertanya Konsep penerapan gas ideal pada artikel diatas disebutkan salah satunya adalah botol menjadi kempes setelah dimasuki air panas. Apakah konsep ini berlaku untuk semua jenis bahan botol pak? seperti LDPE atau PP (plastik tipe 4 atau 5) misalnya yang dianggap bahan plastik yang tahan terhadap suhu panas. Mohon penjelasannya pak. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum pak saya winda sugiarti mau bertanya Konsep penerapan gas ideal pada artikel diatas disebutkan salah satunya adalah botol menjadi kempes setelah dimasuki air panas. Apakah konsep ini berlaku untuk semua jenis bahan botol pak? seperti LDPE atau PP (plastik tipe 4 atau 5) misalnya yang dianggap bahan plastik yang tahan terhadap suhu panas. Mohon penjelasannya pak. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum
    Saya pernah melihat sebuah peluru yang diletakkan lilin dibelakangnya. pada saat lilin tersebut dibakar dan apinya mengenai bagian belakang peluru,peluru tersebut seperti menembak kedepan Seolah-olah seperti sedang ditembakkan menggunakan pistol. Pertanyaannya pada saat pembakaran yang mengenai bagian belakang peluru apakah hal tersebut bisa dikatakan konsep penerapan gas ideal dan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Mohon penjelasannya.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  26. Di materi yang telah di jelasin kan bahwa "volume berbanding lurus dengan tekanan" semakin kecil volume maka semakin tinggi tekanan yang di hasilkan. Terus pada materi gerakan piston pada mesin di jelaskan bahwa Ketika piston bergerak maju mundur melakukan suatu pekerjaan yang berfungsi untuk mengubah volume tabung / slinder piston agar mendapatkan suhu yang tinggi.
    Maka pertanyaan saya apabila volume tabung piston semakin kecil apa tidak berdampak pada wujud mesin motor? Atau pada saat mesin berhenti tabung piston akan kembali ke bentuk semula? 

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum wr.wb
    Setelah saya membaca artikel tersebut, saya ingin bertanya dari contoh di kehidupan sehari-hari, ada motor yang bila beberapa hari tidak digunakan motor itu akan mogok atau harus diengkol dulu, tetapi setelah dipakai pergi jauh atau sering² dipakai motornya udah tidak mogok lagi dan bisa di start. Apakah dari contoh tersebut termasuk kedalam teori gas ideal?

    BalasHapus
  28. Assalammualaikum.saya siti denisa andini kelas XImipa 2,saya sudah
    Membaca penjelasan tentang gas ideal dan saya ingin menanyakan tentang materi balon meletus,Apakah peristiwa tersebut berkaitan dengan hubungan tekanan,suhu,dan gas volume?
    Terimah kasih pak.

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum wr.wb
    Mengenai artikel konsep gas ideal ini..... Saya ingin bertanya,"apakah balon udara termasuk dalam kategori konsep gas ideal?".jika iya,pertanyaan selanjutnya ialah,"jika balon udara terus d biarkan hingga 3 hari dalam angkasa apakah yg terjadi pada lapisan balon udara?
    Dan jika suhu panas mencapai puncak apakah reaksi yang terjadi PD balon udara tersebut?"

    Sekian dan terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum pak,
    Saya telah membaca artikel yang telah bapak buat, pada artikel tersebut di katakan "Tekanan berbandung terbalik dengan volume". Dimana setiap benda yang volumenya di perbesar maka tekanananya akan semakin mengecil. Sebaliknya bila volume di perkecil menyebabkan tekanan semakin besar. Yang dimaksudkan dari pernyataan tersebut apakah tekanan dari luar yg diberikan kepada suatu benda tersebut atau tekanan yang dialami oleh bendanya. Mengapa saat volume suatu benda tersebut di perbesar maka tekanan yg diberikan akan semakin mengecil? Tolong dijelaskan secara detail dan berikan satu contoh. Dan mengapa konsep pada Gerakan Piston dalam Mesin tidak sama, dimana bila volume di perkecil secara otomatis tekanan menjadi besar? Tolong jelaskan secara detail.
    Kemudian dari pernyataan Botol menjadi Kempes setelah dimasuki Air Panas. Dijelaskan bahwa setelah botol dimasukkan air panas dan segera ditutup, kemudian suhu dalam botol tersebut akan turun menyesuaikan suhu lingkungannya. Turunnya suhu dalam botol memengaruhi tekanan di dalam botol yg ikut turun yg menyebabkan botol tersebut menjadi kempes. Apakah peristiwa ini dapat terjadi jika botol tersebut tidak dlm keadaan tertutup melainkan terbuka? Dan mengapa ketika terjadi penurunan suhu dalam botol malah mengakibatkan botol tersebut ikut menyusut?
    Tolong jelaskan.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jefri dari kls XII MIPA 1 akan sedikit menjawab,
      1.apakah peristiwa tersebut terjadi jika botol dalam keadaan terbuka? Tentu saja tidak, karena uap atau panas air yg berada didalam botol akan keluar sehingga tekanan didalam botol akan kecil, atau mungkin tidak ada.

      2.kenapa botol tersebut bisa menyusut? Sperti yang kita lihat pada video, dan penjelasan di atas, bahwa jika sebuah botol di isi dengan air panas dan kemudian ditutup, maka tekanan udara didalam botol tersebut akan lebih besar daripada tekanan udara diluar botol tersebut, sehingga menyebabkan botol menyusut. Maaf jika kurang tepat 🙏

      Hapus
  31. Assalammualaikum pak.
    Jadi gini pak, sayakan pernah beli balon gas kemudian balonnya itu saya biarkan melayang di langit2 rumah, lama kelamaan balon tersebut kebawah dan pengaruh gas nya menghilang, pdahal balonnya tidak bocor pak, jdi penyebab berkurang nya gas pada balon itu apa pak? Apakah pengaruh berkurangnya gas pada balon dipengaruhi suhu di sekitar nya pak?
    Sekian terimakasih 🙏

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum wr.wb
    Saya Serly Aprilia Devi dari kelas 11 Mipa2
    Di dalam konsep Gas ideal ini di jelaskan bahwa pada kondisi suhu yang tinggi bila di semprotkan kabut minyak solar/ bensin dapat menyebabkan ledakan dalam tabung piston ledakan ini menyebabkan piston bergerak mundur seperti semula
    Pertanyaan saya apa yang terjadi jika piston bergerak mundur dan bagaimana proses terjadi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr. Wb

      Piston tidak bergerak mundur saja
      Tetapi dia bergerak maju mundur , gerakan ini di gunakan untuk memutar roda roda pada mesin yang menyebabkan mesin dapat bergerak


      Proses ini dapat kita lihat pada vidio materi sebelumnya .

      Terimaksih
      Wassalamulaikum wr. Wb

      Hapus
    2. Assalamualaikum wr. Wb

      Piston tidak bergerak mundur saja
      Tetapi dia bergerak maju mundur , gerakan ini di gunakan untuk memutar roda roda pada mesin yang menyebabkan mesin dapat bergerak


      Proses ini dapat kita lihat pada vidio materi sebelumnya .

      Terimaksih
      Wassalamulaikum wr. Wb

      Hapus
  33. Nama saya:MARSAULINA TAMPUBOLON
    KELAS: XI MIPA 2

    Saya akan menjawab pertanyaan jefri

    Berkurang nya gas pada balon di akibatkan oleh adanya penyusutan gas didalam balon
    Dimana gas pada balon berkurang
    Dan mengapa balon tersebut kebawah?itu dikarenakan suhu pada balon lebih kecil dari suhu di sekitarnya

    Mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak tepat

    Sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  34. Asalamualaikum wr wb.
    Dari membaca artikel ini, kita mengetahui pengaruh tekanan gas dalam kehidupan sehari-hari. Didalam tekanan gas terdapat massa, volume, dan suhu. Jadi saya ingin bertanya;
    1.apasih hubungan antara suhu,volume,dan tekanan gas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarhakatu. Baik saya ingin menjawab pertanyaan dari Tony.hubungan antara suhu volume dan tekanan gas yaitu,
      Tekanan berbanding terbalik dengan volume, sehingga jika tekanan diperbesar maka volume menjadi kecil, begitupun sebaliknya.
      tekanan dan volume berbanding lurus dengan suhu sehingga jika tekanan diperbesar maka suhu juga besar, jika volume diperbesar maka suhu juga besar.

      Maaf jika kurang tepat

      Hapus
  35. Assalamualaikum dengan konsep ini firly mengerti tentang gas ideal bahwasan nya gas ideal adalah gas yang bekerja pada tekanan dan suhu kamar. Apakah Gas ideal terjadi hanya di suhu kamar/suhu tertutup saja Pak?
    Nah kan ban motor/mobil yang sudah lama tidak terpakai akan kempes karna adanya difusi molekul molekul udara. Apakah ban yang kempes tapi sering dipakai itu juga sama akibatnya dengan ban yang sudah lama tidak terpakai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr. Wb
      Menurut saya tidak sama,
      Karena ban yg sering di pakay pasti suhunya tinggi dan mengakibatkan tekanan pada ban juga tinggi
      Jadi kalo ada ban yang kempes tapi sering di pakay itu berarti ban nya bocor
      Berbeda dengan ban yang kempes karena lama tak di pakay

      Sekian terimakasih
      Wasslamualikum wr. Wb

      Hapus
  36. Assalamualaikum
    Dari materi yang saya baca saya ingin bertanya "Bagaimana cara suhu lingkungan dapat menurunkan suhu kopi yang terdapat dalam botol dan apabila suhu pada kopi menurun botol tersebut tidak akan mengalami penyusutan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr. Wb

      Seperti yang kita pelajari sebelumya tentang kesimbangan termal
      Kopi melepaskan kalor dan lingkungan menerima kalor
      Yang mengakibatkan suhu pada kopi menurun (keseimbangan termal) karena kalor telah di lepaskan ke lingkungan.
      Jika suhu pada kopi menurun otomatis botol tidak akan menyusut karena tekana pada botol juga akan menurun
      Dan tidak akan menekan botol untuk menyusut.

      Maaf jika ada kesalahan

      Wasslamulaikum wr. Wb

      Hapus
  37. Assalamu'alaikum wr.wb
    Setelah saya membaca artikel ini,saya dapat menarik kesimpulan bahwa gas ideal adalah gas teoretis yang terdiri dari partikel-partikel titik yang bergerak secara acak dan tidak saling berinteraksi.
    Kemudian saya juga dapat mengetahui bahwa gas ideal memiliki 3 konsep yaitu
    Tekanan berbanding lurus dengan suhu, Artinya bahwa setiap suhu di naikkan, maka otomatis tekana akan meningkat.
    Tekanan berbandung terbalik dengan volume, Artinnya setiap benda yang volumenya di perbesar maka tekanananya akan semakin mengecil. Sebeliknya bila volume di perkecil menyebabkan tekanan semakin besar
    Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol, Artinya bila jumlah mol suatu zat di tambakan dalam suatu wadah yang volumenya tetap, dapat meningkatkan tekanan di dalam wadah tersebut.
    Selain itu juga ada syarat gas ideal yaitu
    1.Molekul gas ideal itu bergerak acak ke semua arah
    Suatu gas yang terdiri dari molekul-molekul yuang disebut molekul dan setiap molekul identik atau sama sehingga tidak bisa dibedakan dengan molekul lainnya
    2.Molekul dari gas ideal tersebar merata di semua bagian
    Tidak memiliki gaya interaksi antar molekul kecuali bila antar molekul saling bertumbukan atau terjadi tumbukan atara molekul dan dinding.
    Sekian kesimpulan dari saya,terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  38. Asalamualikum wr.wb saya memberi kesimpulan matwri ini bahwa..
    PV = nRT

    P = Tekanan (atm / Pa)
    V = Volume (L)
    n = Jumlah Mol (mol)
    R = Tetapan (0.082 atau 8314)
    T = Suhu (K)

    Tekanan berbanding lurus dengan suhu, Artinya bahwa setiap suhu di naikkan, maka otomatis tekanan akan meningkat.

    Tekanan berbanding terbalik dengan volume, Artinnya setiap benda yang volumenya di perbesar maka tekanannya akan semakin mengecil. Sebaliknya bila volume di perkecil menyebabkan tekanan semakin besar

    Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol, Artinya bila jumlah mol suatu zat di tambakan dalam suatu wadah yang volumenya tetap, dapat meningkatkan t

    ban motor kempes jika lama tidak digunakan

    karena sering menggunakan motor, motor akan mejadi panas. Bukan hanya pada mesin saja yang panas, namun juga terjadi pada body dan juga pada ban. ban motor malah sering bersentuhan dengan aspal yang tentunya panas sekali.

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum wr. Wb
    Dari artikel yang saya baca ,
    Di situ ada menjelaskan tentang rumus umum tekanan gas pv= nRT , n=Tetapan (0,082 atau 8314) . Pertanyaan saya Tetapan yang di maksud itu seperti apa?
    Apakah tetapan gas atau tetapan Tekanan?

    Kemudian pada ban nitrogen
    Apa yang menyebabkan ban nitrogen tidak dapat panas ketika sering di pakay atau bergesekan dengan aspal?
    Dan aapakah semua jenis ban dapat di isi dengan nitrogen?

    Terimakasih


    Wassalamulaikum wr. Wb

    BalasHapus
  40. Dari artikel di atas saya ingin bertanya
    Jika kita memasukan balon kedalam air balon akan naik ke permukaan dengan cepat,
    Namun ada juga yang naiknya lama
    Pertanyaannya:apa yang menyebabkan balon tersebut naik dengan cepat dan naik nya dengan lama?
    Dan apakah itu temasuk konsep gas ideal?


    Sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  41. Dari artikel di atas saya ingin bertanya
    Jika kita memasukan balon kedalam air balon akan naik ke permukaan dengan cepat,
    Namun ada juga yang naiknya lama
    Pertanyaannya:apa yang menyebabkan balon tersebut naik dengan cepat dan naik nya dengan lama?
    Dan apakah itu temasuk konsep gas ideal?


    Sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  42. Assalamu'alaikum
    Dari artikel tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa gas ideal merupakan gas yang bekerja pada tekanan dan suhu kamar(ruang). Dapat ditentukan dengan rumus:
    PV=nRT
    Kemudian konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari seperti ban motor, botol, Gerakan piston, dan balon meletus

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum.
    Berdasarkan materi yang saya baca. Saya mendapat sebuah pernyataan tentang ban yang bisa kempes jika lama tidak digunakan.Ketika motor lama tidak di gunakan menyebabkan suhu pada motor menjadi dingin, begitu juga dengan ban. bila anda menyimpan motor anda di rumah di lantai batu maka ban akan lebih dingin lagi. Hal ini menyebabkan suhu pada ban menurun. Ketika suhu ban ini turun otomatis tekanan di dalam ban berkurang. Hal inilah yang menyebabkan ban motor anda kempes setelah lama tidak di gunakan. Berdasarkan pernyataan diatas saya agak sedikit mengganjal soal pernyataan yang mengatakan bahwa Ketika kita sering menggunakan motor, motor akan mejadi panas. Bukan hanya pada mesin saja yang panas, namun juga terjadi pada body dan juga pada ban. ban motor malah sering bersentuhan dengan aspal yang tentunya panas sekali. Nah pada saat ban ini panas suhu di dalam ban pun meningkat .

    Pertanyaan saya : ban motor yang sering digunakan dan sering bersentuhan dengan aspal yang panas akan meningkatkan suhu di dalam ban. Apakah ban motor tersebut tidak berpotensi untuk pecah karna terlalu sering digunakan dan kontak langsung dengan aspal yg panas?

    Sekian. Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam warahmatullahi wabarhakatu. Baiklah saya akan sedikit membantu menjawab pertanyaan dari Adilla. Ban motor yang sering digunakan dan sering kontak langsung dengan aspal yang panas sedikit kemungkinan berpotensi pecah ban. Karna ketika ban terkena suhu yg panas maka tekanan gas di dalam ban akan meningkat, sehingga udara yang ada didalam ban terisolasi. nah begitu juga sebaliknya ban dalam keadaan jarang digunakan dan terkena suhu lantai yang dingin akan kempes karna suhu didalam ban akan menurun. Dan tekanan gas didalam ban pun ikut menurun sehingga ban kempes.

      Namun tidak menutup kemungkinan jika ban yang sering terkena suhu panas (aspal yang panas) akan pecah. Jika ban terlalu sering terkena suhu yang panas akan mengakibatkan tekanan ban berubah ubah, dan ban yang terkena suhu panas terus menerus akan menurunkan kualitas ban tersebut. Dan tekstur ban akan terlihat retak-retak/getas. Dan ban bisa berpotensi akan pecah.

      Sekian. mohon maaf Apabila kurang tepat jawaban saya. Wassalamu'alaikum

      Hapus
  44. Assalamualaikum
    Saya syaiful syifa
    Saya ingin menyimpulkan bahwa gas ideal adalah gas yang berkerja pada tekanan dan suhu kamar, dan dari artikel di atas bahwa gas ideal dapat mengalami
    - tekanan berbanding lurus dengan suhu
    - tekanan berbanding terbalik dengan volume
    - tekana berbanding lurus dengan jumlah mol

    Dan dalam kehidupan sehari hari kita sering melihat kejadian gas ideal, contohnya tekanan berbanding lurus dengan suhu, bisa kita lihat pada ban motor, ban motor yang jarang di gunakan akan lebih cepat kempes dari pada ban motor yang sering di gunakan.karena banyang sering di gunakan akan mengalami gesekan dan akan mengalami panas dah akan meningkatkan tekanan pada ban motor tersebut

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum nama saya ferry ardiansyah saya ingin bertanya pak gas ideal berada dalam wadah tertutup pada mulanya mempunyai tekanan p dan v.apabila tekanan gas di naikan menjadi 4 kali semula dan volume gas tetap maka perbandingan energi kinetik awal dan energi kinetik akhir gas adalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam warahmatullahi wabarhakatu. Baik Fery saya akan sedikit membantu menjawab soalmu.
      Maaf jika kurang tepat ataupun jawaban saya salah.

      PV = nKT
      PV = 2/3 Ek

      3/2 PV = Ek

      Ek1 = Ek2

      3/2 P1V1 = (3/2) 4P2V2

      3/2 = 3/2 x 4

      1,5 = 6

      1 : 4

      Jadi perbandingan nya adalah
      Ek1 : Ek2

      1 : 4

      Hapus
  46. Saya indayani situmorang.
    Melalui artikel ini saya pribadi mendapat banyak pengetahuan yang baru mengenai gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu fungsi, tahapan bahkan penyebabnya.
    Melalui artikel ini juga,saya teringat akan hal kecil(sepele) maupun hal besar yang mungkin terjadi tanpa disadari, yang mungkin dapat menimbulkan pertanyaan-pertanyaan mengapa hal tersebut dapat terjadi, namun melalui artukel secara tidak langsung dapat menjawab pertanyaan tersebut. Baik dari artikel mupun tanya-jawab teman-teman di kolom komentar
    Sekian dari saya terimakasih

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum wr wb..
    Dari artikel ini saya ingin menanyakan apakah pada kantong pengamanan pengemudi termasuk dalam contoh gas ideal dalam kehidupan sehari hari? Jika benar,bagaimana konsep yang mengakibatkan kantong tsb mengembang ketika adanya benturan?
    Sekian dari saya terimakasih:)

    BalasHapus
  48. Dari artikel ini
    Saya ingin bertanya
    Kenapa jika ban motor yang sudah lama tidak dipakai atau dibiarkan suhu jadi dingin dan suhu pada ban menurun yang menyebabkan ban motor kempes
    Sedangkan botol Aqua jika diberi air panas otomatis suhunya panaskan lama kelamaan dia menjadi kempes jugak
    Nah,itu maksudnya gmna ya,saya belum paham
    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum wr.wb

    Nama saya siti nurhaliza dari kelas XI mipa²,dari artikel yang bapak buat dapat saya simpulkan bahwa"gas ideal adalah gas yang bekerja pada tekanan dan suhu kamar,dengan rumus umum sebagai berikut:
    PV=nRT.
    P=tekanan(atm/pa).
    V=volume(L).
    n=Jumlah Mol(mol).
    R=Tetalan(0,082 atau 8314).
    T=suhu (K).

    Dari rumus diatas dapat disimpulkan dengan pernyataan:
    -Tekanan berbanding lurus dengan suhu.
    -Tekanan berbanding terbalik dengan volume.
    -Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol.

    Konsep gas ideal yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari:
    1.Ban motor menjadi kempes jika lama tidak digunakan.
    2.Botol menjadi kempes setelah dimasuki air panas.
    3.Gerakan piston dalam mesin.
    4.Balon meletus.

    Sekian dari saya terima kasih.
    Wassalmu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  50. Yg mau saya tanyakan adalah, apabila gitar sudah lama tidak di pakai, akan mengalami pengenduran talinya, apakah suhu dan geraknya juga mempengaruhi? Ataukah ada hal lain pak? Apakah termasuk gas ideal? Terimakasih

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum wr.wb
    Dari artikel tentang gas idel ini
    Saya ingin bertanya " APAKAH SEMUA JENIS GAS BISA DI SEBUT GAS IDEAL?. MENGAPA DEMIKIAN?."
    Selain itu, tolong jelas kan secara rinci bagaimana suatu gas dapat di katakan gas ideal!. Apakah ada sayarat-syarat tertentu?.
    Tolong bantu di jawab ya...
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  52. Saya Dea Betriz dari kelas XI mipa 2, dari artikel yang bapak buat saya dapat
    membaca tentang Gas ideal adalah gas yang bekerja pada tekanan dan suhu kamar.
    Konsep yang terjadi di kehidupan kita sehari hari yaitu:
    *Takanan yang berbanding dengan suhu
    *Tekanan berbanding terbalik dengan volume
    *Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol

    Konsep gas ideal dalam kehidupan sehari hari yaitu:
    *Ban motor akan kempes jika tidak di gunakan
    *Botol menjadi kempes jika di masukan air panas
    *Gerakan piston dalam mesin
    *Balon meletus

    Saya ingin bertanya gerakan piston dalam mesin maksudnya?

    Sekian,Terimakasi

    BalasHapus
  53. Saya jhon fredy,kelas XI Mipa 2
    Ingin bertnya apakah kantong pengaman pengemudi mobil merupakan konsep gas ideal?
    Dan jelaskan bagaimana proses kntong pengaman bisa mengembang saat terjadiny benturan yg amat keras?

    BalasHapus
  54. Baiklah dari pernyatan artikel diatas mengenai ban motor menjadi kempes jika lama tidak digunakan menyebabkan suhu pada motor menjadi dingin ,begitu juga dengan, bila rumah berlantai Batu. Dari artikel tersebut says ingin bertanya apakah yang terjadi jika motor yang di simpan di dalam rumah,jika motor di cagak dua, otomatis ban tidak terkena lantai, Apakah ban tersebut juga akan kempes? Jika kempes Apakah yang menyebabkan ban tersebut menjadi kempes Dan jika tidak kempes Hal ap yang menyebabkan ban tersebut ?!Dan Apakah suhu setiap lantai berbeda-beda?

    BalasHapus
  55. Assalammualaikum wr. Wb.. Perkenalkan nama saya cantika safitri. Dari artikel dan video tentang udara yang berdifusi diatas, saya mau bertanya. Video tersebut menjelas kan bahwa ban memiliki lobang lobang dan celah .. Nah dari sini lah udara dapat keluar. Ketika berhenti maka dia dengan cepat merambat keluar... Jika benar ban itu memiliki celah .. Bukan kah ketika ban bergerak malah makin cepat keluarannya udara dari celah ban karna akibat tekanan dari aspal...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memiliki lobang lobang dan celah (jika dilihat dari mikrosof)

      Hapus
    2. Memiliki lobang lobang dan celah (jika dilihat dari mikrosof)

      Hapus
  56. Assalammualaikum wr. Wb.. Perkenalkan nama saya cantika safitri. Dari artikel dan video tentang udara yang berdifusi diatas, saya mau bertanya. Video tersebut menjelas kan bahwa ban memiliki lobang lobang dan celah .. Nah dari sini lah udara dapat keluar. Ketika berhenti maka dia dengan cepat merambat keluar... Jika benar ban itu memiliki celah .. Bukan kah ketika ban bergerak malah makin cepat keluarannya udara dari celah ban karna akibat tekanan dari aspal...?

    BalasHapus
  57. Assalamualiakum,
    Dari artikel ini Saya ingin bertanya, sebelum balapan biasanya para pembalap melakukan spin (memutar) pada ban di atas aspal hingga berasap. Mengapa hal tersebut dilakukan dan apakah hal tersebut termasuk dalam konsep gas ideal?
    Wassalamualaikum.

    Akhdan Nabil-XI Mipa 1

    BalasHapus
  58. ASSALAMUALAIKUM WR WB
    Dari artikel ini, saya ingin bertanya "Pada ruang tertutup keadaan suatu gas ideal dipengaruhi oleh tekanan, suhu, volume dan jumlah molekul gas. Apa hukum yang menjelaskan keterkaitan antara keempat besaran tersebut?.

    BalasHapus
  59. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: ana nurjannah
    Kelas: XI mipa 2
    Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa gas ideal adalah gas yang bekerja pada tekanan dan suhu kamar.
    Pertanyaan saya apa yang dimaksud dengan suhu kamar tersebut?? Tolong jelaskan!
    Dan berikan contoh dalam krhidupan sehari-hari.
    1. Tekanan berbanding lurus dengan suhu?
    2. Tekanan berbanding terbalik dengan volume?
    3. Tekanan berbanding lurus dengan jumlah mol?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  60. Assalamu'alaikum wr. Wb
    Saya sherlita okti afriana
    Kelas XI mipa 2
    Dari artikel yang saya pahami saya ingin bertanya kenapa pada mesin dimana volume di perkecil secara otomatis tekanan menjadi besar dan menyebabkan suhu menjadi naik contohnya itu seperti apa! Pak

    BalasHapus
  61. Assalamu'alaikum
    Setelah saya pahami artikel diatas saya ingin bertanya
    Saya pernah melihat balap motor GP di televisi,nah waktu itu para pembalap menggunakan ban yang berbeda antara ban depan dan belakang, contohnya ban depan (soft) dan belakang (hard) apakah hal itu mempengaruhi dari laju si pembalap di lintasan? Mohon penjelasanya..
    Terimakasih
    W assalamu'alaikum

    BalasHapus