Breaking

Jumat, 10 Januari 2020

Tugas PKWU Kelas 12 IPA

Hasil gambar untuk Tugas

Tugas PKWU bagi siswa-siswi kelas 12 IPA SMA Negeri 3 Tapung :
1. Simak 2 video di bawah ini. 
2. Silahkan tanggapi video tersebut dalam kolom komentar di bawah. Gunakan nama asli untuk memberikan komentar tersebut.
3. Komentar minimal dalam bentuk 1 kalimat dan harus sesuai dengan tema dalam video 1 atau 2.
4. Jika komentar lewat tanggal 22 Januari 2020, maka komentar tersebut tidak akan dinilai.

Video 1 : Bisnis di Usia Muda, kenapa Enggak?


Video 2 : 6 Bisnis Kuliner Khas Anak Muda


125 komentar:

  1. Nama:Dini Dwinanda Putri
    Kelas:XII Mipa 2
    Menurut saya video 1: bisnis muda itu perlu. Berhasil atau tidak yang penting udah usaha :)
    Menurut saya video 2 : masa muda adalah masa yang tepat untuk mensukseskan diri.

    BalasHapus
  2. Nama :Nadya Iswarana
    Kelas:12 Mipa 1
    Dari video 1 yang di jelaskan oleh kak wirda.Motivasi yg saya dapat dri video ini:
    Ubah mindset(pemikiran yang luas) terhadap sesuatu ,lalu yakin kepada diri sendiri dan allah karna allah lebih tau terhadap doa-doa kita,dan sebaik-baiknya partner adalah tuhan yang maha esa.. Jdi seandainya kalo sudah sukses jangan lupa terhadap tuhan yang maha kuasa.. Karna jika tanpa izinnya mungkin kita bisa sampai di titik yg sekrng ini..
    Trimakasih

    BalasHapus
  3. Nama:deni setiyawan
    Kelas: 12 mipa 1
    Dari video di atas saya bisa melihat atau mengerti bahwa usaha tidak slalu bermodalkan uang. Tapi juga skil yg dimiliki oleh diri kita... Masih panjang waktu buat anak muda berwirausaha dan masih bnyk pula usaha yg bisa kita buat dengan memperluas cara berpikir kita... Jangan lupa berdoa kpd allah swt. Karna tanpa ridho allah kota tidak akan meraih kesuksesan yg kita idamkan.

    BalasHapus
  4. Nama:Fajri Ashshiddiqy
    Kelas:12 ipa 2
    Video 1. Usia muda tidak menjadi penghalang untuk membangun bisnis, untuk membangun bisnis harus melalui yang namanya proses, dan untuk memulai bisnis kita harus mendekatkan diri kepada allah, karena allah adalah modal awal untuk memulai bisnis.

    BalasHapus
  5. WINA PERTIWI
    XII MIPA 1
    Dari video 1 yaitu channel kak Wirda Mansyur:
    Kapanpun kita ingin berbisnis maupun menajdi pengusaha, harus di iringi dengan doa, dan yang terutama harus selalu mengingat Allah SWT.Karena dari Allah lah kita mendapat pelangggan, dengan membaca Alquran dan selalu menyerahkan kepada Allah swt. Tidak hanya itu kitapun harus memiliki modal, bukan hanya uang namun modal berbicara,percaya diri,dan skill.Dan sebelum memulai usaha point yang kita harus tau yaitu, srategi marketing, pemasaran dsb.intinya selalu ingat Allah Swt.
    :)

    BalasHapus
  6. Nama : Lolla Novriana sari
    kelas : 12 MIPA 2

    video 1 : syarat utama bisnis bukan hanya soal "money" tapi syarat bisnis ada dalam diri sendiri, seorang pebisnis harus ada niat, doa kepada yg maha kuasa agar dituntun menuju keberhasilan, ide kreatif, berusaha ,pantang menyerah, dan bila gagal coba lagi. intinya work hard pray hard.
    video 2 : memulai bisnis usaha itu gak harus bermodalkan uang yang banyak, tapi bisa bermodalkan uang seadanya dan memunculkan ide ide kreatif yang dapat menarik pelanggan. Tidak sulit untuk memulai bisnis kalau kita mau berusaha dan pandai membaca situasi pasar.

    BalasHapus
  7. Nama:Herawati Br Ginting
    Kelas:12 Mipa 1
    Video 1: Menurut saya video ini mengajarkan bahwa di usia muda dapat kita isi dengan mulai membangun dan mengeksplorasikan diri ke dalam dunia bisnis yang dimana tidak selalu bermodalkan materi berupa uang tetapi juga non materi berupa skill dan yang lebih penting tetap berserah dan mengandalkan Tuhan dalam setiap usaha karena usaha tanpa doa adalah sia - sia dan doa tanpa usaha adalah percuma.

    Video 2: Menurut saya video ini mengajarkan bahwa dalam memulai bisnis dapat dimulai dengan modal yang minim sesuai dengan standar usia muda,

    BalasHapus
  8. Nama:Herawati Br Ginting
    Kelas:12 Mipa 1
    Video 1: Menurut saya video ini mengajarkan bahwa di usia muda dapat kita isi dengan mulai membangun dan mengeksplorasikan diri ke dalam dunia bisnis yang dimana tidak selalu bermodalkan materi berupa uang tetapi juga non materi berupa skill dan yang lebih penting tetap berserah dan mengandalkan Tuhan dalam setiap usaha karena usaha tanpa doa adalah sia - sia dan doa tanpa usaha adalah percuma.

    Video 2: Menurut saya video ini mengajarkan bahwa dalam memulai bisnis dapat dimulai dengan modal yang minim sesuai dengan standar usia muda.

    BalasHapus
  9. Nama: faiz ahmad
    Kelas: XII mipa 2
    Dalam kutipan di atas menurut saya kita di ajarkan bahwa d usia muda ini untuk berbisnis dan tak harus mnggunakan uang yg besar namun ketika kita ingin berbisnis pasti d awali dari diri kita mindshet bukan krna modal besar saja baru bsa berbisnis.....krna jika kita bsa mengubah dri kita,slalu brusaha,dan berikhtiar pada yang maha kuasa,gagal coba lagi,pantang menyerah dgn modal yg minim. walaupun rating keberhasilan sedikit tapi tak ada yg namanya usaha menghianati hasil...jadi modal minim itu bukan lah penghalang untuk usia muda hnya saja mindshet kita tak terlalu jauh apa lagi dengan namanya gengsi jika hanya modal seadanya

    BalasHapus
  10. Nama:Bagus Ananta
    Kelas:XII MIPA 2
    Video 1:sebagai anak muda zaman sekarang tu kita harus bisa merubah pola fikir kita dengan lebih luas inovatif lagi

    BalasHapus
  11. Nama:Nahda Amalia
    Kelas: Xll mipa2
    Video 1: untuk memulai bisnis apa lagi buat seorang remaja yang memikirkan modal yang kebanyakan modal itu harus uang, dan trnyata modal gak hanya uang saja, tapi melaikan skill, dan kita juga harus yakin bahwa Allah adalah partner yg terbaik buat kita, tetaplah optimis. Tidak ada pribahasa yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin,yang ada hanya " yang berusaha makin bisa dan yang terus mencoba makin terbiasa".

    BalasHapus
  12. Nama:Riva Mutiara
    Kelas:XII MIPA 2
    Video 1: Menurut saya bisnis bisa dilakukan oleh kalangan manapun, tidak menutup kemungkinan untuk seorang remaja. Pada masa remaja inilah harus diisi dengan kegiatan positif seperti berbisnis. Remaja zaman milenial harus dapat mengubah pola fikir bahwa bisnis mengharuskan memiliki modal yang besar. Karena dengan modal yang seadanya, kreativitas, inovasi dan cerdas melihat peluang disekitar maka remaja pun bisa sukses berbisnis. Namun untuk mencapai kesuksesan itu kita harus melewati proses yang panjang dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan jangan pantang menyerah.

    Video 2: Menurut saya video ini mengajarkan kita untuk cerdas melihat peluang disekitar dengan modal yang seadanya. Modal yang seadanya bukanlah halangan untuk sukses dalam berbisnis.

    BalasHapus
  13. Nama :Sela Meilani Putri
    Kelas:XII MIPA 2
    Video 1: Menurut saya video no 1 memotivasi kita untuk menjadi sukses diusia muda.Dengan cara ada niat, semangat dan selalu mendekatkan diri kepada Allah swt.

    Video 2: mengajarkan bisnis yang sukses tidak harus dengan modal yang besar, yang penting ada niat dan semangat dalam melakukan bisnis walaupun dengan bermodalkan seadanya.

    BalasHapus
  14. Nama: Erika fatrisia
    Kelas: XII mipa3
    Vidio 2: memulai usaha itu gak harus nunggu diusia tua malah diusia muda la waktu paling berharga untuk mengembangkan ide ide kreatif dan kekinian. Dan intinya selagi ada niat pasti ada jalan.

    BalasHapus
  15. Nama:Defi Fibri Astuti
    Kelas: XII MIPA 1

    Video 1: usia muda tidak menjadi penghalang untuk memulai kegiatan yang menguntungkan seperti bisnis, dengan skill yang kita miliki dan tentunya dengan adanya niat, semangat dan selalu berdoa kepada Allah kita bisa memulai bisnis dan mengembangkan skill yang kita punya tanpa harus takut akan gagal karena usia kita.
    Video 2: memulai sebuah bisnis tidak harus memiliki modal yang besar, modal kecil pun jika kita memiliki niat yang kuat insyaallah bisnis yang kita jalankan akan lancar.

    Niat dan tekad akan menjadi motivator bagi diri kita sendiri, sehingga saat kita menghadapi kesulitan, kita bisa mengubah pikiran negatif kita menjadi sebuah motivasi.

    BalasHapus
  16. Nama:mia audina
    kls:x11 mipa4
    vidio 1:menurut saya bisnis di usia muda itu penting.apalagi sekarang zaman udah semakin maju.di vidio tersebut menyebutkan bahwa bisnis apa yg tidak menggunakan modal.ya benar sekali tpi untuk di zaman sekarang memulai bisnis itu tidak hrus mempunyai modal juta-jutaan.cukup mempunyai peket internet saja kita sudah bisa mulai bisnis.jdi berbisnins itu perlu apa lagi sekrng zaman smkin maju dan canggih.berhasil atau tidak nya itu urusan belakangan yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin.jika gagal sekali apa slah nya untuk mencoba yang kedua klinya.jngan mudah menyerah dan tetap semngat.berbisnis jngan hnya berusa dan bekerja tpi juga hrus di iringi dengan do'a.insaallah mudah-mudahn berhasil.

    BalasHapus
  17. Resmawati Situmorang
    Kelas:XII MIPA 4
    Video1: benar apa yang dikatakan kak Wirda dalam video diatas ubah cara pola pikir kita ganti dengan pola pikir yang jauh lebih luas untuk menjadi generasi penerus bangsa kita sebagai penerus generasi bangsa harus yakin dan tekad kan bahwa Indonesia bukanlah negara yang berkembang saja, tetapi kita juga bisa menjadi negara maju seperti negara lainnya untuk menjadi seorang pembisnis bukanlah halangan bagi Anak muda justru karena anak mudalah yang akan jauh lebih unggul dari yang tua tatapi ingt ketika kita berhasil jangan sombong dan meremehkan orang tua rendah hati lah, sopan, dan jadi panutan . Kuatkan tekad jangan putus asa, usaha terus dan jangan lupa untuk berdoa karena Tuhan pasti memberi kita jalan usaha pasti tidak akan mengkhianati hasil jika terbukti usaha dan niat sudah ada tetapi tidak berhasil juga jangan putus asa ya karena mungkin rezeki kita sudah diatur oleh yang maha kuasa.
    Video 2: uang bukanlah segalanya tetapi uang memberi jalan bagi kita ketika kita berada di kesulitan. Untuk memulai bisnis tidak perlu uang banyak cukup kita punya modal yang sedikit dan niat yang besar apalagi kita anak muda ya dari mana uang yang begitu banyak untuk bisa memulai usaha?. Nah jangan liat sisi dasar nya pandang lah kedepan masih banyak kok bisnis-bisnis yang jauh lebih sedikit modalnya yaitu bisnis makanan pilih tempat nya yang sesuai situasi konsumen dan pikirkan apa yang akan kita buat dan memiliki keunikan dari yang lainnya keunkikan misalnya sepeti dari segi produk,dan proses.

    BalasHapus
  18. Nama: Rita fronika l.g
    Kelas: XII IPA 4
    Comment video 1 : Bisnis Usia muda kenapa nggak? Nah Justru diusia muda kita harus mulai belajar berbisnis, jangan nih ya jadikan usia muda kita sebagai alasan untuk tidak berbisnis. jangan pernah mau kalah dengan zaman yang semakin maju!!. Perlu diingat Dalam berusaha tentunya ada kegagalan, jangan mudah putus asa yah,yakin dan percaya semuanya udh diatur Tuhan tinggal kita yg mendekatkan diri kepada Tuhan dan tentunya tetap berusaha 😊Jangan takut untuk memulai bisnis sejak muda yah😊.
    Comment video 2 : Bisnis kuliner khas anak muda. Yeayy video ini memotivasi sekali, memulai bisnis itu ga mesti dengan modal besar2an kok dengan modal yang kecil juga bisa, asal kita pandai melihat permintaan pasar. Sesuaikan yang kita jual dengan tempat kita jualan yah, dan tentunya jangan patah semangat saat berusaha khususnya dagang.

    BalasHapus
  19. Nama:siti aminah
    Kls :xii mipa 1

    -video1:pada video ini dijelaskan bahwa untuk memulai suatu bisnis tidak perlu menunggu saat kita sudah siap atau mapan. Tetapi dapat di mulai dari usia muda, seperti remaja,Apalagi di era sekarang sebagai remaja kita harus bisa mengambil peran dalam dunia bisnis hal itu juga dapat di dukung dengan niat dan usaha kita, kita harus menanamkan Mindset atau pola pikir bahwa di usia remaja lah waktu yang sangat tepat untuk memulai bisnis, serta juga melihat peluang yang ada di sekitar kita. Dan yg terpenting harus diiringi oleh doa dan usaha, karna doa tanpa usaha adalah bohong dan usaha tanpa berdoa adalah sombong. Intinya sebagai remaja kita harus siap untuk memulai bisnis.

    -video2:di video ini dijelaskan bahwa bisnis kuliner khas anak muda juga sangat berpeluang untuk dikembangkan
    Di era sekarang, tidak harus dimulai dengan modal yg besar. Kita sama sama tau bahwa bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat menjanjikan dengan modal yang minim, serta melihat peluang yang ada.

    BalasHapus
  20. Nama: khori Wahyudi
    Kelas:12 MIPA 1
    Video 1. Assalamualaikum, saya senang mendengar motivasi2 nya, tidak ada bisnis dengan instan, semua butuh proses dan dengan proses itu kita mendapatkan ilmu untuk bisnis kita di kemudian hari biar lebih baik lagi,sebagai pembisnis kita harus lebih ambisi lagi, jangan jadikan target hanya supaya kita dapat makan, dapat melunasi kontrakan seperti yang dibilang kak Wirda, sebagai pembisnis buatlah target yang besar seperti bisnis kita akan menguasai pemasaran, memiliki cabang2 di seluruh dunia, memang itu terlalu berharap tetapi kalau kita memiliki mimpi yang besar dan kita tekuni mimpi tersebut pasti akan selalu ada jalan menuju kesuksesan, seperti kata bapak presiden pertama kita Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." Dan saya setuju dengan perkataan kak Wirda, jangan bekerja dengan niat bekerja, tetapi berkerja dengan niat ibadah, jadikanlah Allah SWT sebagai partner guru dan master dalam hidup kita untuk menjalankan bisnis kita, karena Allah SWT maha tahu apa yang terbaik untuk diri kita, semangat terus untuk kita para pemuda pemudi, yakin lah bahwa kita yang akan memegang kendali dunia ini, wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatu.

    BalasHapus
  21. Nama : ariffwijaya
    Kelas : 12 mipa 1
    Kesimpulan yang didapatkan dari video pertama : "dimana usaha tidak selalu membutuhkan uang, tidak selalu berupa uang untuk menjadi modal utamanya, modal utamanya itu adalah niat dan percaya kepada Allah SWT , modal tekat dan niat yang beser juga berserah adalah modal utamanya"

    BalasHapus
  22. Nama:Irfansyah
    Kelas:XII Mipa 1

    #video 1: Untuk menjadi orang yang sukses terutama di dunia bisnis,,merupakan suatu keharusan untuk melewati yang namanya proses. Berdasarkan video 1 memang benar adanya bahwa kita harus melatih diri dalam berbisnis mulai dari usia muda. Kita tidak harus berfikir berbisnis dengan modal yang besar, tetapi dengan modal yang seadanya serta dibarengi dengan skill dan tekad yang kuat kita juga bisa sukses. Teruslah berusaha dan bedoa!! Karena tanpa ridho allah kita tidak akan jadi apa-apa. Jangan pernah takut gagal dalam memulai sesuatu selagi itu baik. Ingat!! Bisnis tidak hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa, kita sebagai generasi muda juga dapat bersaing di dunia bisnis dan menjadi sukses. Oleh sebab itu bangkitlah wahai generasi muda, generasi penerus bangsa, tunjukkan taringmu pada dunia bahwa anak muda bisa sukses dalam dunia bisnis.

    #video 2: Ternyata dengan modal yang seadanya bisa sukses dalam bisnis kuliner,bahkan bisa dilakukan sama anak muda. Nah terbukti kalau anak muda seperti kita ini bisa sukses di dunia bisnis loh.. Wah keren sekali yaa�� jadi mekipun dengan modal yang seadanya asalkan kita dapat melihat peluang di pasaran dan disesuaikan dengan apa yang kita usahakan. Jangan lupa berdoa juga ya...

    BalasHapus
  23. Nama : Tia nurhabibah wahid
    Kelas: XII MIPA 1

    VIDEO 2:
    "Untuk berbisnis tidak harus untuk orang tua saja. Bahkan anak mudalah yng harus lebih kreatif dalam berbisnis. Modal yang digunakan pun tidak harus besar , intinya kita tidak boleh malu untukberbisnis. Niat yg kuat dan usaha juga harus mengiringi.

    BalasHapus
  24. Nama :Dwi Handayani
    Kelas:XII MIPA 1

    Dari video 1, Saya memetik pelajaran bahwa "Jika ingin memulai usaha, kita harus mengubah mindset kita terlebih dahulu. Kita harus berpikiran luas. Karena semua tidak ada yang instan. Dan jadikanlah bekerja itu sebagai ibadah, jangan mudah berpuas diri dengan kesuksesan saat ini. Jadi teruslah berkembang! Selain itu, memulai usaha juga harus disertai ridho dari orang tua, karena ridho Allah terletak pada ridho kedua orang tua. Serta memohonlah kepada Allah, karena Allah tempat meminta segalanya. Intinya, semua itu kembali pada Allah. Jika ingin sukses, jangan lupa untuk berusaha dan berdoa."

    BalasHapus
  25. Nama:Roy Gabe Tampubolon
    Klas:Xll MIPA4

    Dari video yg saya tonton barusan saya jadi sadar bahwa segala usaha yg kita kerjakan atau yg kita lakukan bersumber dari tuhan dan video yg saya tonton barusan juga dapat memotivasi saya motivasiny yaitu sabar dalam menjalani usaha walaupun banyak rintangan yg ia hadapi dalam usahanya dan pantang menyerah dalam menjalani usahanya,seperti pepatah mengatakan bahwa kegagalan adalah bukan awal untuk mencapai kesuksesan, tetapi kegagalan adalah awal kita untuk bangkit dari orang yg tidak mamapu menjadi mampu orang yg tidak bisa menjadi bisa dan tuhan mencipatakan manusia itu tidak memberikan cobaan atau rintangan lebih dari kemampuan manusia..

    BalasHapus
  26. Ayunda Sintia
    XII MIPA 1
    It's about process. Berbisnis itu butuh proses, perjalanan dan sabar. Berbisnis juga bukan cuma soal uang, tetapi juga tentang kesungguhan, dan tidak mudah patah semangat. Dan, yang terpenting adalah meminta kepada Allah Swt. Because " Allah is Master of Business "

    BalasHapus
  27. Wahyu Cristiyanto
    XII MIPA 1
    Vidio : 1 "Meskipun usia terbilang masih sangat muda tetapi bukanlah halangan untuk mencapai cita-cita menjadi orang sukses, yang terpenting adalah kemauan, niat, berdoa,tidak pantang menyerah,komitmen, berusaha, mencoba dan terus bersemangat, niscaya semua akan berada dalam gengam dengan seijin Allah SWT".

    BalasHapus
  28. Nama:Wahyu Simamora
    Kelas:XII Mipa 1

    #Video 1
    "Sukses bukan sekedar modal(uang),tapi juga ilmu,usaha,doa dan kesungguahan"
    Dari video ini kita dapat belajar bahwa sukses gk harus nunggu tua,kita yg muda jugk bisa sukses😁😎, untuk meraih kesuksesan kita harus berani mencoba, kalah coba lagi, gagal bangkit lagi. Yg terpenting gagal, usaha, dan utama Allah dan Al-qur'an, karna Allah selalu tau yg terbaik untuk kita, dan al-qur'an solusi terbaik untuk semua masalah kita. Ubah Pola Pikir dan ingat sesuaikan bisnis yg akan anda coba dengan fashion anda.

    #video 2
    Dari video ini kita bisa semakin yakin bahwa untuk sukses dalam berbisnis gk selalu dengan modal(uang) yg besar, yg terpenting bersungguh²,jangan malu dan berani mencoba.

    BalasHapus
  29. Nama:erlina
    Kelas:XIImipa4
    Vidio 1:kita dapat menyimpulkan bahwa bukan hanya orang tua saja yg dapat berbisnis tetapi kita juga dapat berbisnis di usia muda asalkan kita ada kemauan dan niat karena jika kita berbisnis tanpa niat bisnis kita tida dapat berjalan dengan baik.dan hal paling utama dalam berbisnis yaitu keyakinan bahwa Allah SWT akan meridhoi bisnis kita dengan cara kita berdoa dan bertawakal dan kita sebagai generasi bangsa,kita harus bisa berpikir lebih maju dan bagaimana bangsa kita dapat bersaing di bidang elektronik dan menghasilkan karya yang dapat bersaing dengan negara-negara lain.

    Video 2:kesimpulannya pada usia muda kita dapat berwirausaha dengan modal yg minim tetapi dapat menghasilkan untung yang lumayan...dan bagaimana kita dapat berwirausaha dengan modal yg begitu minim?kita dapat membuka berbagai macam usaha seperti warung kopi.banyak anak muda zaman sekarang yg gengsi dan tidak percaya diri untuk membuka usaha tetapi mereka malah menghabiskan uang dengan berfoya-foya... daripada kita berfoya-foya lebih baik uang itu kita jadikan modal untuk membuka usaha dan kunci dari kesuksesan yaitu kita harus percaya diri,niat, sungguh,dan buang itu sifat gengsi...

    BalasHapus
  30. Nama:lidya pramesty
    Kelas:XII mipa4
    Vidio 1
    Hal yang paling utama kita lakukan dalam menjalan kan sebuah bisnis di awali dengan niat, dan berdia kepada tuhan tuha maha kuasa, agar kita dapat diberikan kelancaran dalam berusaha dan mendapatkan ide yang kreatif untuk memulai usaha baru. Dan apa bila terjadi kegagalan teruslah berusaha, dan yakin pada diri sendiri bahwa kita dapat mencapai sebuah keberhasilan.

    BalasHapus
  31. nama :ridho alfiansyah
    Kelas: 12 mipa 1
    Dari video 1: dari video ini kita dapat mengetahui bahwa memulai usaha sejak dini..tidak lah masalah..malahan itu bagus untuk kitaa melatih kitaa untuk lebih mandiri lagi.. Intinya selagi ada niat pasti allah kasi jalan ke kita..

    Dari video ke 2: memulai usaha memang membutuhlan modal yang cukup besar. Tapi tidak ada salah nya kitaa memulai dari yang kecill baru yang ke besar..dan itu butuh yang namnyaa proses jadi kita harus tetap sabar, iklas, dan tetep bertawakal

    BalasHapus
  32. Nama :IndriAti Astuti
    Kelas:Xll IPA 1

    Vidio 1 :menurut saya vidio ini sangat bagus dimana mengajarkan kita untuk merubah pola pikir kita mengenai bisnis apalagi bisnis di usia muda dan tidak ada bisnis yang tidak menggunakan modal misal pintar ngomong,punya ilmu,pede dan modal yang terpenting adalah Allah Swt.

    Vidio 2 :Vidio nya menarik untuk di coba karena memulai bisnis usaha seperti kuliner itu gak harus bermodalkan uang yang banyak dan tidak sulit untuk memulai bisnis kalau kita mau berusaha dan pandai membaca situasi pasar.

    BalasHapus
  33. Nama:Tsa'Adah Ramayani
    Kelas:Xll mipa 1

    Video1:Berisi motivasi khususnya untuk anak muda dalam berbisnis. Tidak bisa dipungkiri dalam bisnis kita memerlukan modal, tapi modal tidak hanya uang atau materi. Bisa jadi modal dalam pintar berbicara, memiliki banyak ilmu, memiliki sifat optimis dan modal yg terpenting adalah allah swt dan restu dari kedua orangtua. Kemudian pada saat kita berbisnis tanamkan sifat pantang menyerah dan dapat mengambil hikmah dari sebuah kegagalan.jika gagal coba lagi karna kegagalan bukan akhir dari segalanya.

    BalasHapus
  34. Nama : Arika putri Rukamala
    kelas: XII mipa 3.
    video 1: Dalam berbisnis tidak bermodal uang saja, butuh juga modal skil modal paling utama di bisnis adalah Allah swt.dan berbisnis butuh niat,doa,Skil,ridho dari orang tua dan tekad. berbisnis tidak memandang tua atau mudah bila ada niat apa salahnya untuk mencoba berbisnis, jika gagal dalam berbisnis coba lagi dan tetap optimis.
    video 2: Usaha tidak perlu modal terlalu banyak, mencobalah dari yang kecil terlebih dahulu dan berniat, tekad untuk menjalani usaha tersebut.

    BalasHapus
  35. Nama: NASIB TRISIX MUNTHE
    Kelas: XII MIPA 1

    Video 1: dari video satu dapat kita simpulkan bahwa hal yang paling utama dalam memulai bisnis adalah adanya sebuah mindset dalam diri kita untuk mau berubah dan berkarya di usia muda kita serta memiliki sebuah tekad yang kuat untuk mau memulai apa yang kita rencanakan. Video tersebut mengajarkan kita juga bahwa untuk memulai sebuah bisnis di usia muda kita harus merubah mindset dalam diri kita, jangan kita hanya bisa iri dengan kesuksesan teman teman yang lain sedangkan kita tidak! Jangan iri!! Memang untuk memulai sebuah bisnis itu juga butuh perjuangan dan modal, modal itu ad banyak, bisa aja modal pandai berkomunikasi, modal pengetahuan dan masih banyak lagi. Tidak harus modal duit. Untuk itu Mari lah kita mulai meluangkan waktu kita untuk menggeluti dunia bisnis dari pada harus hidup seperti biasanya tak ad perubahan dan menerima apa adanya.



    Video 2: dari video tersebut kita bisa mengetahui bahwa untuk memulai bisnis tidak harus memiliki modal yang besar. Modal minim juga bisa memulai bisnis, yang penting pintar dalam melihat peluang yang ad di sekitar kita

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum
    Nama : Meiliana
    Kelas : XII MIPA 3
    Video 1
    Pada era global kita harus mengubah pola pikir kita menjadi lebih luas untuk hidup yang lebih baik. Selalu libatkan Allah SWT dalam setiap kegiatan. Dalam berbisnis modal itu tidak perlu uang, yang terpenting adalah skill dan kemauan (disertai niat). Jangan takut gagal dalam berbisnis dan memulai hal hal yang baru lagi. Kunci dalam berbisnis adalah sabar untuk menjadi pebisnis yang bijaksana. Mulai bisnis dari passion kita, kenali cara berbisnis dan proses jua. Jangan terburu buru serta kuatkan Mental dan pantang menyerah.
    Video 2
    Jangan takut berbisnis di usia muda. Banyak contoh bisnis yang dapat di lakukan oleh anak muda, asal mau bekerja keras dan niat. Kembangkan ide ide kreatif kita dan pelajari strategi pemasaran. Tidak ada salah nya untuk mencoba berbisnis untuk menambah pendapatan di usia muda.

    BalasHapus
  37. Nama : Dela Legina Sihombing
    Kls : XII Ipa 2
    Menurut saya dari kedua video diatas bahwa, kesuksesan itu tidak memandang usia tetapi kesuksesan akan datang pada orang yang mau berusaha dan berpikiran mau maju. Kita sebagai generasi muda sangat bisa meraih kesuksesan apabila ada kemauan, kerja keras dsb.
    Dan dalam berbisnis itu perlu modal mental percaya diri,berkomunikasi atau berelasi dsb. Bisnis itu tidak segalanya modal itu berbentuk finansial melainkan modal mental juga sangat berpengaruh dalam dunia bisnis.

    BalasHapus
  38. Nama:Riska Amalia
    Kelas;12 MIPA 1

    Dari video 1 : assalamualaikum
    "Bahwasannya berbisnis di usia muda tidak lah mustahil,,dalam melakukan bisnis itu memang lh tidak instan tapi percaya lah usaha dengan di iringi doa insyallah itu bakal terlaksana,,bisnis itu emang membutuhkan modal,,tapi modal itu bukan hanya sekedar materi atau uang,bisa saja modal untuk pintar berbicara,percaya diri dan lain sebagainya,,menjadi pebisnis yg pertama sekali yg harus dilakukan ketika ingin menjadi pebisnis adalah menanamkan sikap harus benar benar menjadi orang yg kuat,tidak mudah menyerah dan selalu percaya kepada Allah SWT,,lakukan bisnis yg anda sukai karna ketika kita menyukai bisnis itu semua insyallah akan berjalan dengan lancar dan ingatkan semua butuh proses tidak ada yg instan,,jika gagal bangkit lagi bangkit lagi bangkit lagi dan tidak putus asa insyaallah Allah akan membayar semua perjuangan kalian,,,Selalu berdoa kepada Allah dan tanamkan prinsip tauhid kepada bisnis kita,,jangn menyerah dan selalu berusaha dan berdoa "

    BalasHapus
  39. Nama: Medio Aprillo Dinovand
    Kelas: XII Mipa3
    Dari video 1:
    Ada beberapa poin yg bisa kita ambil dari video 1, pertama yg di jelaskan ka Wirda Mansur bahwasanya kita harus ubah "mindset" kita cara fikir dan itu menurut saya sangat penting untuk generasi muda Indonesia. Di jelasakan juga kita harus melibatkan Allah Swt. Dalam setiap usaha kita karna kuncinya ya pasti akan kembali kepadaNYA, last Believe To yourself lakukan bisnis apa yg kamu suka itu akan membuat bisnis kamu enjouy :)
    Video 2:
    Dari hal terkecil itu kuncinya hal terkecil itulah yg akan membuatmu sukses atau jatuh tanamkan niat dan kembalikan kepada Tuhan karna Tuhan tau yg akan terjadi sekarang dan Esok. Dan jangan tunggu" jika ingin membuka usaha jangan berfikir " kan masih muda " di era sekarang lets move kita bergerak kita melangkah jangan tunggu kita udah berumur, cari pengalaman dan Jangan lupa kewajiban beragama

    BalasHapus
  40. Nama :iging Strada purba
    Kelas:XII mipa 3
    Dari video pertama:
    Menurut saya dari vidio diatas bahwa, kesuksesan itu tidak memandang usia tetapi kesuksesan akan datang pada orang yang mau berusaha dan berpikiran mau maju. Kita sebagai generasi muda sangat bisa meraih kesuksesan apabila ada kemauan, kerja keras , displin,memperbanyak doa pada Tuhan.

    BalasHapus
  41. Nama:Debora Yolanda Octaviani Br.Pardede
    Kelas:XII MIPA 4
    Vid 1
    Jadikan masa muda mu untuk memanfaatkan waktu yg berguna jangan di jadikan untuk bermain2

    Vid 2
    Jika mau memulai usaha tidak usah melihat dari seberapa besar modal tapi niatkan lh dari diri kita untk memulai usaha.
    Jangan dulu di pikirkan keuntungan dan kerugiannya

    BalasHapus
  42. Nama:heri prayoga
    Kelas:12 mipa 2
    Dari video kedua:videonya menarik memberikan contoh inovasi usaha yang bagus dan layak dicoba oleh anak muda

    BalasHapus
  43. Nama:Riski Ramadani
    Kelas:XII MIPA 2
    Menurut saya dari vidio pertama, kita harus merubah mensed hidup kita lebih baik lagi supaya masa muda kita tidak sia sia.
    Dan dari vidio kedua, masa muda adalah masa dimana kita memulai aksi(bakat) untuk kesuksesan

    BalasHapus
  44. Nama: Karmini
    Kelas: XII mipa 1

    Video 1:Menurut saya modal untuk berbisnis itu penting.Tidak hanya modal materi tetapi juga rasa percaya diri dan pandai berbicara juga diperlukan.Didalam berbisnis kita juga jangan takut akan gagal karna itu adalah prosesnya.Yang terpenting jangan luoa beramal baik,beribadah dan selalu berdoa kepada Allah agar bisnis yang kita jalani lancar.Karna Allah adalah sebaik-baiknya modal dan master dalam segala hal.

    Video 2:Menurut saya dalam memulai usaha atau bisnis itu tidak harus dengan modal yang besar.Tetapi dengan modal yang minim juga bisa,yang terpenting berani dalam mengambil keputusan.Jangan takut dengan persaingan karna itu hal yang wajar.Karna rezeki seseorang sudah ada ketentuannya masing-masing.

    BalasHapus
  45. Nama:putri dela pransiska
    Kelas:Xll mipa 2
    Menurut saya dari 2 video tersebut adalah jangan pernah takut untuk memulai hal baru seperti berbisnis, bisa dipetik jugak dari video tersebut bahwa berbisnis tidak hanya membutuhkan modal berupa materi saja, dan kita dapat merubah mensed pola pikir kita. berbisnis dapat dilakukan semua kalangan, manfaatkan masa muda kita untuk hal yang bermanfaat bagi orang lain maupun diri sendiri, manfaatkan juga peluang-peluang berbisnis di daerah kita, jangan pernah putus asa, terus mencoba walaupun gagal.

    BalasHapus
  46. Nama:pasroma tiurma sinambela
    Kelas: Xll Mipa3

    Video 1
    Dijelaskan bahwasanya kita sebagai anak muda/generasi penerus dapat mengubah pola pikir kita lebih luas lagi,supaya masa muda kita ini tidak sia-sia begitu saja,dimasa muda kita ini marilah melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti berbisnis,nah berbisnispun kita tidak hanya mengandalkan uang,jika kita mempunyai kemampuan,rasa percaya diri,niat dan mau bertanggung jawab,kita pasti dapat mencapai apa yang sudah kita rencanakan dan jangan lupa selalu mengandalkan tuhan yang maha esa dalam kondisi bagaimanapun

    Video 2
    Jika kita sudah berniat memulai usaha dan keuangan tidak mendukung,nah disini kita sebagai anak muda jangan pantang menyerah untuk memulai bisnis itu mari kita mulai mengembangkan ide-ide kreatif yang menghasilkan baik itu dari hal-hal terkecil karena dari yang terkecillah kita dapat lebih mengasah kemampuan kita untuk menjadi pembisnis yang handal😊jadii marilah kita gunakan waktu muda kita ini untuk hal"yang bermanfaat dan positif karena masa mudamu adalah masa yang tak akan dapat kamu ulangi lagi..

    Trimaksih..😊

    BalasHapus
  47. Nama:aldanurhasanah
    Kelas:12mipa3

    Vidio 1
    Usia muda tidak menjadi hambatan untuk memulai bisnis,bisnis bisa kita mulai kapan saja,dengan cara niat dan selalu berserah diri kepada allah.kita harus berpikir luas karena tidak ada yg instan semua butug proses.jika gagal jangan pernah menyerah karna itu bukan akhir dari segalanya
    Vidio 2
    Untuk berbisnis tidak selalu bermodal kan besar.yg penting niat dan usaha

    BalasHapus
  48. Nama:indahkinanti
    Kelas:12mipa4
    Video 1
    Usia muda tidak menjadi hambatan memulai bisnis dan bisnis memang butuh modal tetapi modal gak selalu tentang uang,modal bisa didapatkan dengan kita pintar ngomong, punya ilmu, pede dan bertawakkal kepada allah swt
    Video 2
    Berbisnis gak selalu butuh modal besar, dengan modal kecil kita juga bisa memulai bisnis seperti bisnis kuliner yang penting ada niat dan usaha

    BalasHapus
  49. Nama : Trio Agustian
    Kelas: 12 Mipa 2
    Video 2:
    Menurut saya bisnis kuliner bisa menjadi peluang usaha bagi semua kalangan Terkhusunya kita sebagai anak muda apa lagi makanan adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang dengan membuang rasa malas dan malu bisnis kuliner sangat menjanjikan

    BalasHapus
  50. Nama:CLARA SINTA
    Kelas:XII MIPA 2

    Dari vidio yang telah saya tonton, dapat saya simpulkan bahwa menjadi seorang pembisnis tidaklah memandang usia. Dan jangan pernah takut untuk memulai sesuatu yang baru, jangan pernah takut gagal karena orang sesukses apapun pasti pernah mengalami kegagalan. Jika kamu ingin memulai usaha jangan lupa berdoa,meminta kepada allah swt agar di lancarkan dalam setiap langkah kita.
    "Beranikan diri untuk maju"

    BalasHapus
  51. Nama : Rifka lusiana
    Kelas : XII MIPA 1

    Komentar Vidio 1: Wow!!! Suatu motivasi yang sangat membangun diri, terutama teruntuk diri saya sendiri dan saya berharap teman teman sekalian pun ikut merasakannya. Saya hanya bisa memberi komentar bahwa didalam hidup ini "vision without action is a daydream, action without vision is a nightmare 👿"
    I just hope to youths in Indonesia for "STOP WISHING! START DOING👍😊"
    "because effort will never betray the results 👌💪"

    BalasHapus
  52. Nama:Mutiara br hutasoit
    Kelas:12 mipa 4
    Vidio 1
    Jadi pengusaha di usia muda harus memiliki prinsip yang hebat,komitmen kuat,dan dimana ada kemauan disitu ada jalan.
    Vidio 2
    Kita sebagai anak muda harus bisa berwirausaha dan walaupun usaha kecil-kecilan.jangan takut gagal,jika gagal jangan langsung menyerah🙂

    BalasHapus
  53. Nama:meri br sinurat
    Kelas: 12 MIPA
    Video 1
    Video diatas menjelaskan ketika kita berusia mudah hendaklah kita memikirkan kedepannya bisa dengan menjadi seorang pengusaha
    Ketika kita berfikir menjadi penguasa jangan pernah memandang usia karena jika ada kemauan pasti adajalanya

    BalasHapus
  54. Nama:Astika Miatun
    kelas:XII Mipa 3

    Dari kedua vidio di atas;kesuksesan tidak memandang usia,dan kita sebagai anak muda bisa mengembangan usah sendiri,dan intinya harus sabar dan meminta kepada Allah Swt.

    BalasHapus
  55. Nama:Eko julianto sitompul
    Status:Mahasiswa DiUnniversitas Hkbp Nommensen
    Vidio 1
    Bicara tentang bisnis dmasa muda, memang berbisnis diperlukan dalam kehidupan,karna seiringa berjalannya waktu lapangan pekerjaan yang semakin sulit maka dari itu kita perlu untuk belajar dalam berbisnis agar tidak ketinggalan dengan orang2.
    Vidio 2
    Sebagai generasi muda kita harus bisa berbisnis baik dalam bisnis kecil maupun besar, yang terpenting jika ada kemauan pasti ada jalan.

    BalasHapus
  56. nama :ahmad supriadi
    kelas:12mipa1
    assalamualikum
    vidio 1
    tidak ada yang tak mungkin di usia muda ini,selagi ada kemauan,tekad yang kuat pasti akan berhasil

    BalasHapus
  57. nama :ahmad supriadi
    kelas:12mipa1
    assalamualikum
    vidio 1
    tidak ada yang tak mungkin di usia muda ini,selagi ada kemauan,tekad yang kuat pasti akan berhasil

    BalasHapus
  58. Nama:Hendra Wijaya Gea
    Kelas:12 MIPA 3

    Vidio 1
    Menurut saya penjelasan dari vidio tersebut sudah sangat jelas bahwa bisnis saat ini menjadi suatu ajang untuk menentukan nasib seseorang agar bisa mendapatkan keuntungan
    Vidio 2
    Saat ini bisnis kuliner sangat di minati oleh semua kaum, oleh karena itu kuliner menjadi suatu kebutuhan nomor satu bagi manusia.

    BalasHapus
  59. Nama:Fila Ayu lestari
    Kls :12 mipa 1
    Vidio 1:menjelaskan tentang dimana melakukan pebisnis usaha pada usia muda tidak bermodalkan uang saja.Tetapi yg paling utama adalah skill atau kemampuan dari seseorang untuk melakukan sebuah bisnis usaha..dan juga selalu meyakini diri sendiri dan selalu berdo'a kepada Allah swt..karena berkat doa dan juga usaha dari seseorang bisa mensukseskan diri di usia muda..

    Vidio 2:menjelasakan tentang dimana melakukan bisnis usaha itu hanya bermodalkan uang seadanya,tetapi yang paling penting yaitu niat serta kegigihan yg dimiliki seseorang untuk melakukan bisnis usaha.

    BalasHapus
  60. Nama : Putri Asfarina Salsabila
    Kelas: 12 Mipa 4

    Dalam usia muda memulai usaha tidaklah mudah. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Yang terpenting adalah kita harus tetap optimis bahwa kita bisa sukses nantinya. Kita harus membuang rasa gengsi, minder dan sebagainya. Karena itu semua dapat menghambat kesuksesan kita nantinya.
    Dan juga dalam memulai usaha tidak hanya diperlukan modal berupa materi(uang),tetapi juga dibutuhkan Skill dan mental yang kuat dalam menghadapi segala sesuatu apapun. Dalam memulai bisnis pastilah tidak selalu berjalan sesuai harapan pasti ada pasang surutnya. Maka hari itu perlu dibutuhkan mental yang matang.

    BalasHapus
  61. Nama : Nur Afni
    Kelas : 12 MIPA2


    Video 1 : menurut saya penjelasan dari video tersebut sudah sangat jelas bahwa usia tidak mempengaruhi seseorang untuk menjalankan sebuah bisnis. Selagi ada niat dan usaha insyaallah akan selalu di lancarkan oleh Allah SWT. Selain itu dalam menjalankan bisnis jangan pernah sekalipun Anda merasa takut gagal, karena seseorang yang takut gagal tidak akan pernah maju.

    BalasHapus
  62. Nama:Fila Ayu lestari
    Kls :12 mipa 1
    Vidio 1:menjelaskan tentang dimana melakukan pebisnis usaha pada usia muda tidak bermodalkan uang saja.Tetapi yg paling utama adalah skill atau kemampuan dari seseorang untuk melakukan sebuah bisnis usaha..dan juga selalu meyakini diri sendiri dan selalu berdo'a kepada Allah swt..karena berkat doa dan juga usaha dari seseorang bisa mensukseskan diri di usia muda..

    Vidio 2:menjelasakan tentang dimana melakukan bisnis usaha itu hanya bermodalkan uang seadanya,tetapi yang paling penting yaitu niat serta kegigihan yg dimiliki seseorang untuk melakukan bisnis usaha.

    BalasHapus
  63. Nama:Dimas Arya Pradana
    Kelas:12 IPA 3
    Ketika kita ngin mencoba berbisnis di usia muda, membuka usaha memang lumayan rumit dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk berbisnis, dibutuhkan nyali yang kuat dan pantang menyerah agar dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Sayangnya, yang terjadi pada jaman ini berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan. Tetapi, tidak semua bisnis itu sulit dijalankan.
    Ada banyak jenis usaha yang seharusnya mudah bahkan hanya membutuhkan modal yang relatif cukup murah, berusaha untuk sukses itu bukan sekedar modal uang saja, tapi cuman membutuhkan modal ilmu, skil, berdoa bersungguh sungguh kepada allah SWT. Jika kita benar-benar ingin terjun di dunia usaha, jangan ragu dan jangan bimbang, mantapkan niat dan lakukan.

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : bayati nur indah
    Kelas : 12 mipa 2

    (Video 1) : menurut pendapat saya menjadi seorang pengusaha di usia muda memang tidak mudah namun bukan tidak mungkin di lakukan. Merintis usaha di usia muda pada akhirnya akan meraih kesuksesan akan menumbuhkan kepercayaan diri kita. Namun untuk mencapai itu semua langkah awal kita adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT karena ia adalah yg paling tau jalan kita kedepan nya, dan yg kedua adalah merubah cara berfikir kita yg sempit menjadi cara berfikir kita yg lebih maju dan luas untuk menumbuhkan usaha yg akan di mulai.

    (Video 2) : modal merupakan pondasi terpenting dalam membangun sebuah usaha dan mengembangkan bisnis, namun saat ini kita dapat menemukan usaha usaha yg berdiri tanpa memerlukan modal yg besar. Dengan demikian modal bukan lah penghalang bagi seseorang dalam membuka usaha, selain dalam bentuk uang modal bisa saja berupa skill yg kita punya untuk menumbuhkan usaha.

    Wassallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  65. Penina Triyanti Simalango
    kelas:12 MIPA 2

    Vidio 1
    Bicara tentang bisnis di masa muda, berbisnis diperlukan dalam kehidupan kita,karna semakin ketatnya saingan lapangan pekerjaan maka dari itu kita perlu untuk belajar dalam berbisnis agar tidak ketinggalan dengan perkembangan yang ada.
    Vidio 2
    Sebagai generasi muda kita harus berani untuk berbinis baik bisnis kecil maupun besar, yang terpenting jika ada kemauan pasti ada jalan.

    BalasHapus
  66. Nama:Astri eva Juniarlin
    Kelas: XII MIPA 2

    Vidio 1:menurut saya memulai bisnis di usia muda mengajarkan bagaimana cara nya kita melalui proses di masa sulit dan di masa senang.
    tetap harus mengingat ALLAH SWT dan terus berusaha

    BalasHapus
  67. Nama:Anta Hermianto Zalukhu
    Kelas:XII MIPA 1
    video2:Menurut saya mengenai video itu kita diajarkan melakukan bisnis dibagian kuliner. Yg mejelaskan bagaimana melakukan bisnis dengan modal yg sangat minim semua itu bisa terwujud apa bila ad keniatan hati dan kegihan semua itu bisa tercapai.
    ini suatu inspirasi bagi remaja yg menyukai kuliner.

    BalasHapus
  68. Nama:Fatma Ira Auliawati
    Kelas:XII MIPA1
    video 2:
    Menurut saya, untuk membuat sebuah perubahan dan mengejar ketertinggalan kita dari negara maju. Yang harus kita rubah terlebih dahulu yaitu mindset kita. Kita harus berpikir luar biasa beyond. Think out of the box. Kita bekerja bukan hanya untuk bekerja. Tetapi bekerja karna ibadah. Bekerja untuk belajar, yg kelak ilmunya kita terapkan dalam membangun bisnis kita sendiri. Yakin sama Allah dan tentunya yakin dengan diri kita sendiri. DAN ALLAH LEBIH TAU SETIAP DOA YG KITA PANJATKAN. Sebelum memulai bisnis pastinya kita akan memikirkan modal. Modal sejatinya tidak selalu berupa uang. Bisa berupa skil(sdm yg kompeten) dan pastinya Modal yg utama yaitu Allah. Dalam menjalani bisnis semua suka duka lika liku perjalanan merupakan bagian dari berproses. Proses menemukan dan ditemukan.proses sabar. Semua tidak ada yg instan. Everything need process. Dalam berproses kita harus giat menjalin relasi dan memperbanyak pengalaman kita. Dan tentunya kita harus memiliki mimpi yg besar.

    BalasHapus
  69. Nama :Margareth vontisiya pah
    Kelas:12 mipa 3

    Vidio 1
    Untuk membangun suatu bisnis tidak hanya bicara soal"uang".Niat,Usaha,dan percaya diri bisa menjadi modal utama dalam menjalankn suatu bisnis.mulailah menggali potensi diri dalam bisnis yang kita geluti,tetaplah rendah hati dan yang terpenting selalu libatkan Tuhan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan.

    Vidio 2
    Diusia muda tidak ada salahnya kita mencoba untuk berbisnis.tidak dilihat dari bisnis besar ataupun kecil,yang terpenting adalah usaha yang kita lakukan dalam mengembangkan bisnis tersebut serta menemukan inovasi-inovasi baru dalam bisnis yang kita bangun.


    BalasHapus
  70. Nama :Dilla rayani
    Kelas:XII Mipa 1
    Video 1
    Dalam berbisnis, tidak ada yang instan semua butuh proses yang penting yakin sama Allah dan yakin sama diri sendiri.

    BalasHapus
  71. Nama: febby agres
    Kelas: XII MIPA 1

    Video 1:Usia tidak menjadi patokan kapan kita mulai berbisnis. Banyak org yang sukses dalam bisnis walau dalam kategori usia muda. Semua org bisa berbisnis. Karna bisnis tidak harus "passionnya" tapi harus ada "niatnya". Dalam video pertama tersebut dijelaskan bahwa MODAL utama dalam bisnis adalah ILMU. Seseorang yg hanya memiliki modal berupa uang yg cukup besar tapi tidak memiliki stategi dalam mengatur keuangan,maka dapat dipastikan ia akan gagal. Dan yg paling terpenting selain ilmu dalam bisnis adalah "DO'A". Tak ada usaha yg sukses tanpa diiringi dengan do'a kepada Allah swt. Karena Allah yg akan menentukan bagaimana jalan kita dalam meraih kesuksesan. Ditambah lagi dari restu org tua pada kita. Teruslah berusaha dan tanamkan keberanian dalam diri. Jangan pantang menyerah. Tak ada kesuksesan yg instan. Semua butuh pengorbanan.


    Video 2: mengingat makanan adalah suatu kebutuhan yg harus selalu dipenuhi, tak heran jika bisnis kuliner bisa menjanjikan omset yg sangat besar. Kuliner yg banyak digandrungi dimasa kini tentunya kuliner yg sedang "ngetren" Baik dikalangan remaja maupun dewasa. Bisnis kuliner pun tidak terlalu memakan banyak modal. Untuk menarik hati konsumen, tentunya kita harus lebih inovatif dalam membuat makanan dari segi bentuk, rasa, tekstur hingga kreasi penyajian. Tak hanya mempertimbangkan modal yg akan digunakan, tetapi kita juga harus melihat dari permintaan pasar dan target pemasaran.

    BalasHapus
  72. Nama :Yogi sm
    Kelas:XII MIPA 2
    Dari video yang pertama kita bisa mengambil hikmahnya yaitu mulailah suatu usaha ataupun bisnis yang akan kamu lakukan saat ini dan jangan pantang menyerah buatlah dirimu menjadi seorang yang bersungguh sungguh dalam menggapai mimpi dan lewati segala proses yang ada,memang hasil yang baik akan melewati proses yang sangat rumit tapi percayalah mimpimu berada setelah proses itu dan yang paling penting adalah tetap dekatkan dirimu kepada allah swt karena apapun yang kamu lakukan selalu ada campur tangannya(allah swt) dan selalu berdoa kepadanya mintalah sesuatu yang terbaik untukmu karena hanya dialah yang lebih tau apa yang terbaik untukmu.
    Sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  73. Nama:nurjanah
    Kelas:12 mipa 4
    Semua bisnis tidak ada yang tanpa modal,modal disini tidak hanya berarti uang,tapi juga ilmu,usaha,kesungguhan dan yang paling terpenting dari segala modal adalah Allah swt,memiliki banyak uang bukanlah syarat utama dalam berbisnis tapi kita juga harus benar benar niat,optimis,tidak mudah menyerah dan yang terpenting adalah keseriusan kita dalam menjalankan bisnis.
    Memulai bisnis tidak harus dengan modal yang besar,asalkan kita mau berusaha dan bersungguh sungguh serta pandai dalam melihat peluang disekitar kita,dengan modal sedikitpun kita bisa sukses dalam berbisnis.

    BalasHapus
  74. Nama : ANNISA FITRI ESMERALDA
    Kelas : dll lupa
    sebagai anak muda dan generasi penerus bangsa kita harus mulai berpikir untuk menjalankan bisnis di usia muda pastikan kita tidak Mudah menyerah dalam mewujudkan di usia muda juga kita di identik dengan berpikir kreativitas visioner dan perlu tekad yang kuat

    BalasHapus
  75. nama : desi gultom
    kelas: 12 ipa 3

    vidio 1: menurut saya vidio ini sangat menarik karena vidio ini mengajarkan kita unutuk mencoba berbisnis di usia muda kita , berbisnis itu bukan hanya memiliki uang saja tetapi adanya niat dan kerja keras serta selalu berdoa kepada tuhan yang maha esa.

    vidio 2: vidio kliner ini memberitahu kita bahwa hal yg penting melakukan usaha berbisnis itu bukan lh hanya uang seada nya, tetpi karena ada nya niat, kerja keras dqn semangat yg kita miliki.

    BalasHapus
  76. Vidio Ternyata untuk menjadi sekse tidak harus harus menggunakan uang ,melainkan kita harus bisa mengetahui apa skil apa yang kita punya dan ilmu yang kita miliki selain itu kita harus tau apa kebutuhan pasar apa yg lagi dibutuh kan saat ini dan untuk kedepanya

    BalasHapus
  77. Unknown
    1 januari 2002
    Nama:ahmad ferdian
    Kelas:XII MIPA 3
    Video 1:sebagai anak muda zaman sekarang tu kita harus bisa merubah pola fikir kita dengan lebih luas inovatif lagi

    BalasHapus
  78. Nama:Tohap Tampubolon
    Kelas:12 mipa3
    Dari Vidio pertama bicara tentang bisnis dmasa muda, memang berbisnis diperlukan dalam kehidupan,karna seiringa berjalannya waktu lapangan pekerjaan yang semakin sulit maka dari itu kita perlu untuk belajar dalam berbisnis agar tidak ketinggalan dengan orang2.

    BalasHapus
  79. Nama:Norisa Septia
    Kelas:12 mipa 3

    Vidio 1:saya dapat mengambil kesimpulan bahwa kita sebagai anak mudah harus mengubah pola pikir kita menjadi lebih luas lagi.untuk memulai bisnis tidak lah harus membutuhkan modal yang besar terapi yang paling dibutuhkan ialah skill untuk menjadi seorang pebisnis. Selain dengan skill kita jga harus berdoa kepada allah SWT,karena sebaik-baiknya patner yaitu allah SWT.Dari vidio ini kita jga bisa memulai bisnis walau usia kita terbilang masih muda.
    Vidio 2:kita harus cerdas dalam melihat peluang pasar dalam bisnis kita dan jga harus mengembangkan ide kreatif untuk narik pembeli.

    BalasHapus
  80. Nama:Tio linda warta
    Kelas:12 ipa 3

    Video 1: Untuk memulai bisnis itu bukan harus mempunyai materi yang banyak seperti yang kita anggap uang adalah hal yang terpenting,tetapi untuk memulai bisnis itu kita bisa memulai dengan niat dan memohon kepada Tuhan.memulai Bisnis di masa remaja adalah hal yang sangat hebat
    Kita bisa memulai bisnis dari yang terkecil hingga nanti sukses untuk membuat bisnis yang besar,semua butuh proses tidak ada yang instan untuk mendapatkan yang terbaik.

    Video 2: Membuat usaha kuliner bukan lah hal yang begitu susah bagi remaja,karna kita sudah tau makanan apa yang sedang tren di kalangan remaja dan bagaimana kita bisa membuat usaha sendiri,membuat nya bukan harus mempunyai uang yang banyak tetapi buat lah apa yang kita mampu dan yang pas dengan kantong kita.

    BalasHapus
  81. Nama:arif gusnanda
    Kelas:12 mipa 3
    Menurut saya usia itu tidak menjadi patokan untuk kita menjalankan bisnis,dalam menjalankan bisnis kita kita tidak perlu menggunakan uang, cukup memiliki skil, dan ilmu yang kita punya. Karena usaha itu tidak menghianati hasil.

    BalasHapus
  82. Nama:ega aprillia putri
    Kelas: 12 mipa 3
    Dri video yang saya liat bahwa semua orang dapat menjadi pengusaha gak pandang usia,tua dan muda asal seseorang itu memiliki keinginan dan kemauan untuk berusaha dan terus belajar dari kegagalan karna bakat usaha itu sudah melekat sejak lahir tinggal kitanya ajh yang mengembangkan bakat yang kita miliki untuk memulai usaha dan ingat anak muda atau usia muda adalah waktu dimana kita untuk melakukan eksperimen dan terus mencoba hal baru untuk meraih lebih banyak pengalaman dan merencanakan hidup yang lebih baik.dan jangan lupa bahwa setiap usaha harus di barengin dengan doa.karna usaha tanpa doa itu sombong dan doa tanpa usaha itu sia-sia.

    BalasHapus
  83. Assalammualaikum
    Nama:IKKE SUNDARI
    Kelas:12 Mipa 3
    Video 1:Disini saya dapat menyimpulkan bahwa untuk merahi sebuah kesuksesan dalam berbisnis di masa muda kita harus mempunyai skill,tekad yang kuat,dan semangat.Yang terpenting adalah mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan cara apa pun itu insaallah bisnis kita Akan berjalan dengan lancar.

    Video 2:Mengajarkan kita bahwasannya berbisnis yang sukses itu tidak harus mengandalkan modal yang besar,karna dari modal yang terkecil saja kita bisa membuka usaha bisnis asal kita mempunyai niat untuk menjalankannya.

    BalasHapus
  84. Nama :Fahrurrozi ahmad
    Kelas:12 ipa 3

    Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus brani mengambil tindakan untuk membuat perubahan pada diri kita.usaha butuh prmanis di akhir, teruslah berusaha dan berikhtiar kepada allah swt. Semua akan indah pada waktunya.

    BalasHapus
  85. Nama: Risa Romauli Sinaga
    Kelas:12 MIPA3
    Dari kedua video di atas kita harus memulai berbisnis harus dari yg terkecil . Video ini juga memberi tahukan bahwa berbisnis itu bukan hanya di lakukan oleh orang yg tua tetapi juga di usia muda kita dapat berbisnis asal ada niat,kerja keras,dan semangat yg kita miliki dan kita tidak boleh berputus asa dalam berbisnis ini.

    BalasHapus
  86. Nama:Minanda safitri
    Kelas:XII Mipa 1
    video 1: Menurut saya skil itu sangat penting untuk kedepannya, bahkan saat kita mulai berbisnis itu tidak hanya membutuhkan modal saja, tetapi skil yang kita miliki sangat penting untuk menentukankan berhasil atau tidaknya bisnis kita kedepannya, maka dari itu kita harus bisa menyesuaikan kemampuan kita untuk memilih bisnis yang cocok.

    Video 2:Berbisnis bukan hanya tentang barang barang yang mewah, bahkan saat ini ada beberapa pebisnis sukses yang memiliki usaha kuliner dan memiliki penghasilan yang lumayan besar, dan juga tidak hanya orang tua yang bisa berbisnis, kita sebagai penerus bangsa juga harus bisa untuk memulai usaha.

    BalasHapus
  87. Nama : kharismawati
    Kelas : Xll ipa 2

    Video 1 : video satu bahwa hal yang paling utama dalam memulai bisnis adalah adanya sebuah mindset dalam diri kita untuk mau berubah dan berkarya di usia muda. Didalam berbisnis kita juga jangan takut akan gagal karna itu adalah prosesnya.

    Video 2 : Untuk berbisnis tidak selalu bermodal kan besar.yg penting niat dan usaha:)

    BalasHapus
  88. Nama : Rahmi Amalia
    Kelas : XII MIPA 1
    Assalamualaikum Wr,wb
    Pada Video pertama, banyak mengajarkan nilai-nilai penting yang bisa kita contoh, dalam memulai bisnis tidak hanya butuh modal dan skill , kita juga butuh semangat, mental, keberanian mengambil resiko disertai DOA. Rezeki yang pasti datangnya dari yang di atas.bawa sang pencipta ke dalam lingkaran bisnis kita, partner yang utama. Tempat mengeluh dan mencari ide. Insyaallah jalan kedepan tidak sesulit yang kita kira. Bisnis itu Kapanpun bisa kita mulai selama sudah ada kesiapan, siap jatuh, siap sakit, dan siap bersaing. Butuh mental menghadapi tantangan untuk menemukan keberhasilan. Karena di dunia bukan hanya kita yang sakit dalam berusaha, banyak rekan rekan lain seperti kita yang bisa dijadikan semangat dan motivasi untuk diri sendiri. 💪.

    Pada Video kedua, ide ide tersebut sangat bagus untuk pemula dalam memulai usaha bisnis, tidak harus bermodal besar namun tetap memasarkan produk yang bisa mengikuti jalannya selera dari masa ke masa XD

    Sekian
    Wassalamu'alaikum wr,wb

    BalasHapus
  89. Nama: Dinda Levia Ramadani
    Kelas :12 Mipa 1

    Video 1: kita dapat mengambil pelajaran bahwa memulai bisnis itu gak harus mulai dengan modal,apalagi untuk kita sebagai pelajar yang uang aja masih minta, yang perlu kita tanamkan adalah niat,usaha,doa dan doa,cobalah untuk memulai dengan apa yang kita sukai apapun itu di bidang apapun namun dijalan yang benar.karna kamu akan merasakan bahagia bagaimana kita mendapatkan uang dari hobi kita sendiri,dan saya sudah merasakannya.

    BalasHapus
  90. Nama:Muhammad reja
    Kelas:XII mipa 3

    Video 1
    Kesuksesan sekarang kuncinya adalah bisnis, itu lah menurut saya. Selagi niat kita besar untuk berusaha maka kita akan mendapatkan nya.

    Video 2
    Bisnis kuliner merupakan bisnis yang membuat saya tidak bisa berhenti untuk membayangkan seluruh makanan di bumi ini, kuliner memenuhi seluruh penjuru dunia, termasuk dalam diri saya.

    BalasHapus
  91. Nama:Nita Irawan
    Kelas:12 MIPA 1

    Video 1:untuk menjadi pengusaha muda kita harus mengubah pola pikir kita menjadi global,dan yakinlah kepada dirimu sendiri bahwa kau bisa melampauinya jika kau mau berusaha.dan sertailah dengan doa, karena usaha tanpa doa itu sombong,dan doa tanpa usaha itu bohong



    Video 2:Bisnis kuliner saat ini memiliki keuntungan yang sangat menjanjikan.Tidak harus berusia dewasa,diusia muda pun kita bisa membuka usaha terkhususnya kuliner makanan.Dan kita juga harus tau strategi dalam menjalankan usaha kuliner makanan tersebut.

    BalasHapus
  92. Nama :Chandra wulandari
    Kelas:XII MIPA 1

    Assalamu'alaikum wr wb
    Video 1: video ini mengajarkan kita remaja untuk mencoba mulai berbisnis di masa muda, dan untuk berbisnis ini bukan hanya mengandalkan modal (uang) tapi juga mengandalkan ilmu. Jika mengandalkan uang saja tentu saja bisnis kita tidak akan berjalan lancar. Dan yang paling terpenting adalah apapun yang kita lakukan kita harus selalu ingat dengan allah SWT dan di iringin dengan do'a. Dan mintalah restu orang tua serta dukungan mereka, dan kita teruslah berusaha, semangat, dan percaya diri serta jangan pantang menyerah tetap lah optimis dalam usaha.

    Video 2:Modal adalah salah satu pondasi untuk bisnis, tapi saat ini kita sudah dapat usaha yang tidak memerlukan modal yang besar tapi juga bisa dengan modal yang minim. Dan dalam usaha kita harus kembangkan kreatif kita supaya konsumen tertarik

    BalasHapus
  93. Nama :Elysabeth purba
    Kelas:Xll MIPA 3
    Salam sejahtera
    Dari beberapa video yang telah saya tonton sebelum nya saya mengucapkan banyak Terimakasih kepada Bpk Hariri melalui video ini saya banyak belajar tentang hal baru
    Video 1:
    Dalam video ini kita sebagai generasi muda harus berani mengambil langkah berbisnis bukanlah berbicara tentang usia justru diusia muda ini kita harus berani memanfaatkan apa yang ada kemajuan zaman memulai bisnis dengan modal awal yaitu keyakinan, doa, usaha jgn pernah takut gagal kalau pun gagal harus usaha lagi kalau ditipu jadi kan pelajaran samapai nemu titik kecocokan Pasti bisa usia tak membatasi Anda untuk berkarya lebih
    Video 2
    Dalam video ini saya belajar bahwa "mulai aja dulu"kalau anda yang selalu ingin berbisnis namun terbentur dengan masalah modal yang menjadi alasan kita takut berbisnis itu persepsi yang kurang tepat yang penting kita mulai dulu berbisnis , karna berbisnis bukan tentang modal besar(ratusan atau milyaran rupiah)padahal banyak kok yang bisa kita lakukan dimulai dari modal kecil seadanya tapi menghasilkan yang memuaskan
    Demikian makna yang dapat saya petik dari kedua video yang sangat bermanfaat saya ucapan terimakasih dan selamat beraktivitas kembali
    #salam generasi sukses 😊

    BalasHapus
  94. Nama:Rini Rahmawati
    Kelas:Xll mipa2
    Dari kedua Vidio itu jalan menuju sukses adalah niat dan doa terus action walaupun gagal, sampai nanti kamu berhasil kamu tinggal meneruskan apa yang kamu lakukan fokus berani selangkah lebih maju kedepannya

    BalasHapus
  95. Nama:Zahara ossa alwardah
    Kelas: XII MIPA2

    Assalamualaikum wr.wb
    Video 1:
    Video ini sangat menginspirasi kalangan remaja , karna diusia sekarang lah kita harus lebih bisa memanfaatkan pemikiran ke yang lebih penting yaitu berbisnis , setelah kita berbisnis kita bukan hanya berusaha , namun dibekali dengan berdoa , jika kita gagal dalam usaha , kita tidak boleh menyerah , kita harus tetap berusaha dan berdoa , kesuksesan itu membutuhkan sebuah proses. Dimana , kegagalan yang akan menyempurnakan keberhasilan kita

    BalasHapus
  96. Nama:Zahara ossa alwardah
    Kelas: XII MIPA2

    Assalamualaikum wr.wb
    Video 1:
    Video ini sangat menginspirasi kalangan remaja , karna diusia sekarang lah kita harus lebih bisa memanfaatkan pemikiran ke yang lebih penting yaitu berbisnis , setelah kita berbisnis kita bukan hanya berusaha , namun dibekali dengan berdoa , jika kita gagal dalam usaha , kita tidak boleh menyerah , kita harus tetap berusaha dan berdoa , kesuksesan itu membutuhkan sebuah proses. Dimana , kegagalan yang akan menyempurnakan keberhasilan kita

    BalasHapus
  97. Nama : Titania Arum Nurdiana
    Kelas : XII Mipa 2

    Vidio 1 : Menurut saya, berbisnis tidak memandang usia, tua ataupun muda, semua kalangan bisa untuk berbisnis dimanapun dan kapanpun saja, yang terpenting kita berani memulai usaha tanpa takut akan kegagalan, karena yang terpenting dalam memulai suatu usaha yaitu, niat, usaha, skil dan diiringin dengan doa. Dan berbisnis juga bukan soal uang, tetapi kesungguhan. Jadi kita harus merubah pola pikir kita, jika kita ingin sukses di usia muda dan jangan pernah patah semangat walaupun beberapa kali gagal.
    Vidio 2 : Untuk memulai usaha, kita harus memulainya dari hal yg kecil dan biaya atau modal yg sederhana dan tidak terlalu banyak, karna kesuksesan dimulai dari hal yg paling kecil, dan butuh waktu karna kesuksesan tidak bisa didapat dengan secara instan melainkan dengan usaha, kesabaran dan kesungguhan kita dalam memulai suatu bisnis.

    BalasHapus
  98. Nama:Manda Fatimah Sari
    Kelas: XII MIPA 2
    Menurut saya video pertama mengubah pemikiran kita bahwa bisnis tidak hanya dengan modal yang besar tetapi dengan modal yang seadanya kita juga bisa berbisnis.
    Menurut saya video yang kedua mengajarkan kita untuk berbisnis diusia muda

    BalasHapus
  99. Nama:Manda Fatimah Sari
    Kelas: XII MIPA 2
    Menurut saya video pertama mengubah pemikiran kita bahwa bisnis tidak hanya dengan modal yang besar tetapi dengan modal yang seadanya kita juga bisa berbisnis.
    Menurut saya video yang kedua mengajarkan kita untuk berbisnis diusia muda

    BalasHapus
  100. Nama :M Teja Saputra
    Kelas:lx mipa2
    Vidio 2:setelah saya menonton vidio tersebut.. Saya menjadi tambah banyak wawasan..agar menjadi pengusaha muda yang sukses...
    #jangan pernah menyerah untuk Mencoba
    Dan jangan pernah mencoba untuk
    menyerah

    BalasHapus
  101. Nama:Silvia putri Salsabila
    Kelas:Xll Mipa2

    Video 2:
    Dari ini video ini kita tau bahwa memulai bisnis tidak harus mempunyai modal yg banyak, dengan modal sedikit, pandai membaca situasi pasar, dan mempunyai ide2 inovatif. Kita dapat memperoleh pendapatan yang banyak.

    BalasHapus
  102. Nama:Rahmi marhamah
    Kelas:XII Mipa4

    Video1:

    Dari video ini kita harus memiliki pemikiran yang luas,jangan berfikir hanya untuk kesenangan semata atau berkerja hanya untuk berkerja ,tetapi biarkan juga untuk ibadah.terus memulai usaha di usia mudah ini,berbisnis itu sama dengan kita menikmati proses yang kita jalankan selama proses itu berjalan ,jangan lupa untuk kita ikhtiar dan terus berusaha kepada allah

    BalasHapus
  103. Nama:maymaharani
    Kelas:XII mipa4
    Disaat kita ingin memulai usaha baru,kita harus merubah mindset kita dengan berpikir lebih luas lagi.semua proses itu membutuhkan waktu,bukan mendapatkan hasilnya dengan instan.dan,jadikanlah usaha(pekerjaan)kita adalah sebuah ibadah untuk diri kita.berusahalah dan berdoa,memohon sama allah karena allah tempat meminta seglanya.ya intinya,kalo kita mau sukses harus berusaha dan selalu berdoa:)

    BalasHapus
  104. Nama:Rosmawati
    Kelas:Xll mipa 4
    Vidio 1
    Dalam usaha kita harus yakin bahwasannya pekerjaan yang kita lakukan itu sebagian dari ibadah kita,dimana kita harus berfikir luas lagi dan jngan mudah menyerah.
    Vidio 2
    Ternyata dalam memulai usha tidak hanya dilakukin sma orang dewasa aja tetapi remja seperti kita juga bisa.nah dalam memulai usha yang jadi syarat utama bukanlah modal yang besar tetapi dengan modal yang sedikit dan niat,yakin dan berdoa sama allah swt insyaallah usaha kita berjalan lancar.

    BalasHapus
  105. Vidio 1
    Mengajarkan saya bahwa kalau ingin memulai suatu bisnis atau usaha modal utama tidaklah hanya uang tetapi niat dan kemauan, serta berdoa kepada Tuhan supaya di beri kesuksesan

    BalasHapus
  106. Nama: Vinasti
    Kelas : XII Mipa 4

    Saya setuju dengan pendapat kak wirda yaitu divideo 1 Bisnis itu perlu diusia muda,karena semua kegiatan bisnis itu berfungsi untuk membuat sesuatu yang kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah dan dikembangkan.Menurut saya berbisnis itu tidak hanya untuk mengejar keuntungan semata tetapi bagaimana cara kita mengembangkan bisnis yang bisa
    bermanfaat bagi orang lain seperti membuka peluang kerja atau mendapat pengalaman, bahkan membuat kemampuan kita bertambah dan menjadikan kita bermental baja dengan memulai bisnis diusia muda pengalaman yang diraih semakin banyak ibaratnya kamu sudah maju 1 langkah dari teman temanmu.

    BalasHapus
  107. Nama:Debby Saskhia
    Kelas: XII MIPA 3

    video 1: berbisnis haruslah dengan modal, tapi tidak semua modal berupa uang, melainkan modal niat dari diri sendiri dan mencari partner yg bisa diajak bekerja sama yaitu Allah swt,berdoa agar bisnis yg dijalankan mendatangkan kelancaran dan keuntungan. Tentunya kita harus selalu berusaha, pantang menyerah walau sudah gagal berulang-ulang.

    Video 2: berbisnis diusia muda harus benar-benar niat dalam usaha dan menciptakan ide-ide kreatif dalam berusaha dan bisa melihat situasi pasar.

    BalasHapus
  108. Nama:Debby Saskhia
    Kelas: XII MIPA 3

    video 1: berbisnis haruslah dengan modal, tapi tidak semua modal berupa uang, melainkan modal niat dari diri sendiri dan mencari partner yg bisa diajak bekerja sama yaitu Allah swt,berdoa agar bisnis yg dijalankan mendatangkan kelancaran dan keuntungan. Tentunya kita harus selalu berusaha, pantang menyerah walau sudah gagal berulang-ulang.

    Video 2: berbisnis diusia muda harus benar-benar niat dalam usaha dan menciptakan ide-ide kreatif dalam berusaha dan bisa melihat situasi pasar.

    BalasHapus
  109. Video1
    Setiap usaha pasti ada gagal nya atau rugi, jadi jangan pernh menyerah untuk selalu berusaa jika ingin berhasil

    BalasHapus
  110. NAMA:TAMARA INDAH SAMOSIR
    KLS:XII mipa 2
    Vidio 1
    Sebagai penerus bangsa harus dapat mengetahui bagaimana cara pola pikir di generasi sekarang.dengan cara BERBISNIS kita dapat menjadi generasi yg memiliki pola pikir yg maju.DI usia muda bukan menjadi penghalang untuk memulai bisnis.dalam bisnis bukan hanya di butuhkan uang jutaan,akan tetapi dengan cara usaha,berdoa,selalu ingin mencoba akan dapat membuat bisnis yg di buat akan berhasil.

    Vidio 2
    Melakukan bisnis di bagian KULINER
    di usia muda tidak usah takut untuk berbisnis.di usia muda kita harus mencari ide" yg kreatif dan dapat melihat pemasaran di bisnis tersebut.

    BalasHapus
  111. Dengan cara berbisnis kita dapat menjadi generasi yang memiliki pola pikir yang maju,walau pun kadang ada kata gagal dalam berbisnis tapi kita harus tetap mencoba terus dan pantang menyerah.di usaha berbisnis kita bukan hanya membutuh kan uang banyak,tapi kita juga butuh usaha yang keras,terus berdoa, selalu berpikir positif dalam melakukan bisnis.kita juga harus tuangkan ide ide kreatif kita.dan kita harus bisa belajar dari kegagalan yang pernah terjadi dan menuju yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  112. Assalamualaikum
    Nama:siti kholiza
    Kelas: IXmipa4
    Vidio :
    Menurut saya berbisnis dalam usia muda itu mudah. Kita hanya perlu niat,karena kalau kita sudah niatkan diri pasti kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk berbisnis kita pasti butuh modal. Tapi modal tidak hanya berbentuk uang. Tetapi berbentuk material,pengalaman,melainkan minta bantuan kepada allah. Karena kita selalu ingat allah dalam hak apa pun yang akan kita laksanakan. Dan jika kita gagal dalam bisnis tersebut kita jangan nyerah. Kita harus bangkit, dan kembali lagi ke allah. Semangat buat yang ingin berbisnis dalam usia muda:)
    Vidio 2:
    Menurut saya bisnis kuliner di usia muda itu sangat sulit. Apalagi banyak saingan antar bisnis lain. Tapi itu semua akan mudah jika kita pandai menyesuaikan dengan keadaan.

    BalasHapus
  113. Assalamualaikum
    Nama:siti kholiza
    Kelas: IXmipa4
    Vidio :
    Menurut saya berbisnis dalam usia muda itu mudah. Kita hanya perlu niat,karena kalau kita sudah niatkan diri pasti kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk berbisnis kita pasti butuh modal. Tapi modal tidak hanya berbentuk uang. Tetapi berbentuk material,pengalaman,melainkan minta bantuan kepada allah. Karena kita selalu ingat allah dalam hak apa pun yang akan kita laksanakan. Dan jika kita gagal dalam bisnis tersebut kita jangan nyerah. Kita harus bangkit, dan kembali lagi ke allah. Semangat buat yang ingin berbisnis dalam usia muda:)
    Vidio 2:
    Menurut saya bisnis kuliner di usia muda itu sangat sulit. Apalagi banyak saingan antar bisnis lain. Tapi itu semua akan mudah jika kita pandai menyesuaikan dengan keadaan.

    BalasHapus
  114. Assalamualaikum
    Nama:siti kholiza
    Kelas: IXmipa4
    Vidio :
    Menurut saya berbisnis dalam usia muda itu mudah. Kita hanya perlu niat,karena kalau kita sudah niatkan diri pasti kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk berbisnis kita pasti butuh modal. Tapi modal tidak hanya berbentuk uang. Tetapi berbentuk material,pengalaman,melainkan minta bantuan kepada allah. Karena kita selalu ingat allah dalam hak apa pun yang akan kita laksanakan. Dan jika kita gagal dalam bisnis tersebut kita jangan nyerah. Kita harus bangkit, dan kembali lagi ke allah. Semangat buat yang ingin berbisnis dalam usia muda:)
    Vidio 2:
    Menurut saya bisnis kuliner di usia muda itu sangat sulit. Apalagi banyak saingan antar bisnis lain. Tapi itu semua akan mudah jika kita pandai menyesuaikan dengan keadaan.

    BalasHapus
  115. Nama:Adit tri eka putra m
    Kelas :12 mipa 1
    Vidio 1;
    Dari vidio pertama kita dapat belajar bahwa dalam memulai bisnis kita tidak hanya bermodal kan uang melainkan kita perlu jga modal dalam hal skil kita masing2.ketika kita mempunyai modal kita harus berani memulai gagal coba lgi jika gagal lgi trus coba hingga sukses karna kita mempunyai jalannya masing2 nikmati prosesnya dan terus berjuang.ketika semua telah dilakukan tak lupa pulak kita harus berdoa kepada Tuhan agar diberikan kekuatan dalam menjalani segala hal dalam bisnis yg kita jalani atau pun kehidupan kita sehari2 agar diberi kelancaran. Maka dari itu saya mengajak untuk kita anak2 muda jaman now untuk merubah pola pikir yg merugikan kita ubah pola pikir tersebut dan keluar kan ide2 kreatif kita untuk menjadi anak2 muda yang sukses yang kita inginkan.

    BalasHapus
  116. Nama:M.Reza Syahfahlevi
    Kelas:XII MILA 2
    Video 2:saya sangat termotivasi setelah melihat Video nya sehingga saya ingin segera mencoba untuk mencoba nya

    BalasHapus
  117. Nama:Chania Tri Andini
    Kelas:XII MIPA 2
    Vidio 1: Mengajarkan kita untuk berbisnis diusia muda, berbisnis tidaklah memandang usia. Melainkan niat kita untuk memulai usaha, berani menerima resiko dari yang kita perbuat tanpa takut rasa kegagalan. Adanya kreativitas dan tekad kuat sebagai motivasi dasar untuk mewujudkan ide bisnis kita menjadi nyata. Tapi yang paling terpenting dalam memulai berbisnis kita harus do'a, do'a dan usaha. Tanpa do'a dan usaha kita tidak akan mendapatkan yang kita inginkan.

    Vidio 2: Jangan pernah berpikir dalam memulai usaha atau bisnis kita harus mempunyai modal yang besar, itu salah. Dengan modal yang secukupnya kita bisa kok memulai usaha, ingat kita memulai sesuatu dari yang terkecil pastinya kan

    BalasHapus
  118. Nama: Azril kurniawan
    Kelas : XII mipa 4
    Video 1
    Diusia muda ini membangun bisnis intinya jangan takut karena dalam bisnis tekad dan kemampuan yang sanggup membawa kita kepersaingan bisnis oleh karena itu jangan jadikan alasan untuk tidak memulai berkerja dan menjalankan usaha justru diusia muda peluang besar akan kita raih

    BalasHapus
  119. Nama: Azril kurniawan
    Kelas : XII mipa 4
    Video 1
    Diusia muda ini membangun bisnis intinya jangan takut karena dalam bisnis tekad dan kemampuan yang sanggup membawa kita kepersaingan bisnis oleh karena itu jangan jadikan alasan untuk tidak memulai berkerja dan menjalankan usaha justru diusia muda peluang besar akan kita raih

    BalasHapus
  120. Assalamualaikum
    Nama: Dwi wulan indah ramadini
    Kelas:XII mipa 3
    Video 1: menurut saya Vidio 1 mengajarkan kita untuk jangan takut berbisnis di usia muda , selagi ada tekad dan keinginan mulainya.dan jangan lupa berdoa dan usaha karena klau cuma doa tanpa ada usaha sama saja akan sia"


    Video 2: menurut saya untuk memulai usaha tidak harus menggunakan modal yang besar yg terpenting kita harus pandai" melihat peluang yang ada dan mengembangkan kreativitas" yg kita miliki

    BalasHapus
  121. Assalamualaikum
    Nama: Dwi wulan indah ramadini
    Kelas:XII mipa 3
    Video 1: menurut saya Vidio 1 mengajarkan kita untuk jangan takut berbisnis di usia muda , selagi ada tekad dan keinginan mulainya.dan jangan lupa berdoa dan usaha karena klau cuma doa tanpa ada usaha sama saja akan sia"


    Video 2: menurut saya untuk memulai usaha tidak harus menggunakan modal yang besar yg terpenting kita harus pandai" melihat peluang yang ada dan mengembangkan kreativitas" yg kita miliki

    BalasHapus
  122. Assalamua'laikum
    Nama:Windy fadhila
    Menurut saya bisnis di usia muda memang lah sangat menginspirasi ,kita tidak perlu banyak modal hanya saja kita punya niatan kuat dan keberanian kita untuk memulai menjadi seorang enterpreneur muda,dan berani mengambil resiko dari usaha bisnis yang kita jalani,kita juga bisa mempunyai penghasilan sendiri di usia muda

    BalasHapus