Breaking

Jumat, 10 Januari 2020

Pemanfaatan Kalor dalam Kehidupan Sehari-hari

Kalor adalah salah satu bentuk energi maka satuan kalor pun sama dengan satuan energi, yaitu joule atau kalori. Kalor dapat menaikkan suhu suatu zat dan dapat mengubah wujud zat. Benda yang mendapat kalor suhunya naik, sedang yang melepas kalor suhunya turun.

Pemanfaatan kalor dalam kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai dari eralatan rumah tangga disekitar kita. Pemanfaatan tersebut diantaranya adalah pada termos, seterika, panci, dan alat-alat dapur lainnya.

Pemanfaatan Kalor Pada Termos

Hasil gambar untuk termos
www.ralali.com
Termos berfungsi untuk menyimpan zat cair yang berada di dalamnya agar tetap panas dalam jangka waktu tertentu. Termos dibuat untuk mencegah perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, maupun radiasi. 
Dinding termos dibuat sedemikian rupa, untuk menghambat perpindahan kalor pada termos, yaitu dengan cara:
  1. permukaan tabung kaca bagian dalam dibuat mengkilap dengan lapisan perak yang berfungsi mencegah perpindahan kalor secara radiasi dan memantulkan radiasi kembali ke dalam termos,
  2. dinding kaca sebagai konduktor yang jelek, tidak dapat memindahkan kalor secara konduksi, dan
  3. ruang hampa di antara dua dinding kaca, untuk mencegah kalor secara konduksi dan agar konveksi dengan udara luar tidak terjadi.



Pemanfaatan Kalor Pada Seterika

Gambar terkait
www.depositagift.com
Seterika terbuat dari logam yang bersifat konduktor yang dapat memindahkan kalor secara konduksi ke pakaian yang sedang diseterika. Adapun, pegangan seterika terbuat dari bahan yang bersifat isolator.

Pemanfaatan Kalor Pada  Panci Masak
Hasil gambar untuk panci masak
www.hipwee.com
Panci masak terbuat dari bahan konduktor yang bagian luarnya mengkilap. Hal ini untuk mengurangi pancaran kalor. Adapun pegangan panci terbuat dari bahan yang bersifat isolator untuk menahan panas.

Pemanfaatan Kalor Pada  Lemari Pendingin (Kulkas)
Hasil gambar untuk kulkas
www.lazada.com

Pompa listrik pada kulkas mengalirkan freon yang sudah dimampatkan melalui pipa. Freon melepaskan kalor, terjadi pengembunan. Freon berubah wujud dari gas ke cair. Pada waktu pengembunan, sirip pipa di bagian belakang terasa panas. Freon cair dialirkan ke dalam ruang pembekuan. Freon menyerap kalor, mengakibatkan suhunya menjadi turun. Uap freon terus dialirkan dan keluar ruang pembekuan, kemudian dimampatkan lagi. Dan seterusnya secara berulang-ulang.
Penurunan suhu dalam kulkas disebabkan oleh penguapan freon yang mengalir dalam pipa yang melewati kulkas. Apabila freon menguap dalam pipa yang terletak di dalam ruang pembeku, maka freon akan menyerap kalor dari ruang pembekuan.

Pemanfaatan Kalor Pada  Magic Com
Hasil gambar untuk magic com
Magic com merupakan alat yang digunakan untuk memasak nasi di rumah. Magic com memiliki cara kerja yang relatif sederhana. Pada dasarnya magic com bekerja dari sumber listrik yang masuk ke panel pengontrol dan masuk ke sistem elemen pemanas. 
Ketika panel pengontrol diaktifkan ke posisi memasak, elemen akan aktif pada posisi panas yang dikehendaki. Jika nasi yang dimasak sudah matang maka akan secara otomatis panel akan berpindah ke posisi pemanas. Jadi intinya cara kerja ini adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas (kalor) melalui elemen pemanas.

Sumber : https://fisikazone.com/pemanfaatan-kalor-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar