Breaking

Senin, 13 Januari 2020

Konsep Termodinamika dalam Kehidupan Sehari-hari

Termodinamika sudah sangat tidak asing didalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali peristiwa termodinamika yang terjadi dalam kehidupan. Sebagai contohnya perubahan suhu yang terdapat pada badan kita, kemudian beberapa peralatan rumah tangga yang menggunakan konsep termodinamika dan beberapa peralatan lainnya.
Termodinamika telah merubah sistem industri didunia, dari yang mulanya menggeunakan kayu bakar untuk memasak sampai menggunakan listrik untuk memasak. Hal ini karena termodinamika merupakan hukum-hukum yang menyangkut banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah es didalam gelas yang menyebabkan terjadi pengembunan diluar gelas, padahal terpisahkan oleh medium gelas (glass) yang memisahkan permukaan luar dan permukaan dalam.
Proses timbulnya air pada permuakaan gelas itu menandakan adanya suatu sistem yang terjadi pada perstiwa ini, sistem yang terjadi adalah bahwa udara yang ada di sekeliling gelas mengandung uap air.Ketika gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya. Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian luar gelas. Hal ini merupakan peristiwa termodinamika yang sesuai dengan hukum termodinamika yang ke dua yang berbunyi Berikut “Hukum kedua termodinamika terkait dengan entropi.
Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu, mendekati nilai maksimumnya, dari hukum ini proses yang terjadi didalam gelas merupakan proses penyerapan panas dengan kata lain udara akan berubah menjadi dingin, sementar udara mengandung kadar air yang tinggi pda kelembaban yang tinggi, sehingga ketika udara dingin akan membuatnya mengembun sehingga timbul air pada permukaan luar pada gelas.

Alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan konsep Termodinamika :

        1. Lemari Es (Kulkas)
Hasil gambar untuk kulkas
            Adalah suatu unit mesin pendingin di pergunakan dalam rumah tangga, untuk menyimpan bahan makanan atau minuman. Untuk menguapkan bahan pendingin di perlukan panas.       
         Lemari es memanfaatkan sifat ini. Bahan pendingin yang digunakan sudah menguap pada suhu -200C. panas yang diperlukan untuk penguapan ini diambil dari ruang pendingin, karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun. Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin. Karena sirkulasi udara, ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya.

Hasil gambar untuk prinsip kerja kulkas
     Lemari Es merupakan kebalikan mesin kalor. Lemari Es beroperasi untuk mentransfer kalor keluar dari lingkungan yang sejuk kelingkungn yang hangat. Dengan melakukan kerja W, kalor diambil dari daerah temperatur rendah TL (katakanlah, di dalam lemari Es), dan kalor yang jumlahnya lebih besar dikeluarkan pada temperature tinggi Th(ruangan).
Sistem lemari Es yang khas, motor kompresor memaksa gas pada temperatur tinggi melalui penukar kalor (kondensor) di dinding luar lemari Es dimana Qh dikeluarkan dan gas mendingin untuk menjadi cair. Cairan lewat dari daerah yang bertekanan tinggi , melalui katup, ke tabung tekanan rendah di dinding dalam lemari es, cairan tersebut menguap pada tekanan yang lebih rendah ini dan kemudian menyerap kalor (QL) dari bagian dalam lemari es. Fluida kembali ke kompresor dimana siklus dimulai kembali. 


2. Mesin kendaraan bermotor (Siklus Otto)
Hasil gambar untuk mesin mobil
    
   Siklus Otto adalah siklus termodinamika yang paling banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Mobil dan sepeda motor berbahan bakar bensin (Petrol Fuel) adalah contoh penerapan dari sebuah siklus Otto. Mesin bensin dibagi menjadi dua, yaitu mesin dua tak dan mesin empat tak. 
      Mesin dua tak adalah mesin yang memerlukan dua kali gerakan piston naik turun untuk sekali pembakaran (agar diperoleh tenaga).Mesin tersebut banyak digunakan pada motor-motor kecil. Mesin dua tak menghasilkan asap sebagai sisa pembakaran dari oli pelumas. Mesin empat tak memerlukan empat kali gerakan piston untuk sekali pembakaran. Pada motor-motor besar biasa menggunakan mesin empat tak. Akan tetapi, sekarang banyak motor-motor kecil bermesin empat tak. Mesin jenis ini sedikit menghasilkan sisa pembakaran karena bahan bakarnya hanya bensin murni.
Hasil gambar untuk siklus otto
     Proses perubahan bentuk energi dan perpindahan energi pada mesin pembakaran dalam empat langkah bisa dijelaskan seperti ini : Ketika terjadi proses pembakaran, energi potensial kimia dalam bensin + energi dalam udara berubah menjadi kalor alias panas. Sebagian kalor berubah menjadi energi mekanik batang piston dan poros engkol, sebagian kalor dibuang melalui pipa pembuangan (knalpot).Sebagian besar energi mekanik batang piston dan poros engkol berubah menjadi energi mekanik kendaraan (kendaraan bergerak), sebagian kecil berubah menjadi kalor alias panas sedangkan panas timbul akibat adanya gesekan.



Sumber : 
- http://termosulastri.blogspot.com/2015/04/termodinamika-dalam-kehidupan-sehari.html
- http://thermo-muspitalestari.blogspot.com/2015/04/mesin-bensin-siklus-otto.html

27 komentar:

  1. Assalamualaikum pak,
    Setelah saya membaca artikel yang bapak buat dan setelah saya pahami, saya dapat menyimpulkan bahwa termodinamika ini adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi dan gerak. Yang di dalamnya terdapat hukum-hukum yang berlaku secara universal, antara lain Hukum Termodinamika 0, Hukum Termodinamika 1, Hukum Termodinamika 2, dan Hukum Termodinamika 3. Serta Termodinamika terbagi menjadi 4 proses tergantung dari keadaan tekanan, volume, dan suhu saat terjadinya proses tersebut. Dan dua hal penting yang harus diingat dari berbagai jenis proses-proses termodinamika, yaitu variabel yang berubah dan usaha yang dilakukan. Artikel yang telah bapak buat sangat bagus dan menarik, namun ada sedikit yang masih belum saya pahami tentang diagram Termodinamika yang digambarkan dalam diagram P-V. Dan saya sedikit menyarankan agar memberikan contoh soal untuk setiap materi pembahasannya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Menurut saya artikel ini bisa membantu kita untuk mempermudah kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari apalagi dipermudah dengan menggunakan rumus-rumus
    Dan artikel ini lebih mengingatkan kita bahwa semua nya yang kita lakukan dilakukan dengan termodinamika
    Dan termodinamika itu sulit karena adanya pergesekan

    BalasHapus
  3. ssalamualaikum pak,
    Setelah saya membaca artikel yang bapak buat dan setelah saya pahami, saya dapat menyimpulkan bahwa termodinamika ini adalah salah satu cabang dari ilmu fisika yang mempelajari panas dan temperatur, serta hubungan keduanya pada energi dan gerak. Yang di dalamnya terdapat hukum-hukum yang berlaku secara universal, antara lain Hukum Termodinamika 0, Hukum Termodinamika 1, Hukum Termodinamika 2, dan Hukum Termodinamika 3. Serta Termodinamika terbagi menjadi 4 proses tergantung dari keadaan tekanan, volume, dan suhu saat terjadinya proses tersebut. Dan dua hal penting yang harus diingat dari berbagai jenis proses-proses termodinamika, yaitu variabel yang berubah dan usaha yang dilakukan. Artikel yang telah bapak buat sangat bagus dan menarik, namun ada sedikit yang masih belum saya pahami tentang diagram Termodinamika yang digambarkan dalam diagram P-V. Dan saya sedikit menyarankan agar memberikan contoh soal untuk setiap materi pembahasannya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum
    Saya Alika
    Setelah saya baca dan pahami, ada beberapa bagian yang kurang saya pahami, tapi kali ini saya hanya akan bertanya "saat mesin hidup dan motor dijalankan, knalpot akan aktif mengeluarkan kalor, lalu apa sebab atau bagaimana prosesnya udara panas dalam artian kalor itu bisa berwarna cenderung hitam?"
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  5. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, nama saya = Fahrul Amir, dari kelas 11 MIPA 2
    .
    saya ingin bertanya, apa hubungan ilmuwan William Thomson dengan konsep termodinamika? apa yang sudah ia berikan atau apa kontribusinya dalam konsep termodinamika ini?

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum.
    Saya rivaldi dri kls 11 mipa2
    Dri yg saya pahami dapat saya simpulkan bahwa termodinamika ini sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.contohnya saja pada termodinamika siklus otto yg menunjukkan proses penerapan pada mesin yg berbahan bakar bensin .pada mesin terbagi menjadi dua yaitu mesin dua tak dan mesin empat tak.sikhusus otto mengunakan dua proses yaitu adiabatik dan isokhorik
    Pertanyaan saya: apa yg mempengaruhi proses adiabatik dan isokhorik pada mesin berbahan bakar bensin??

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum pak
    Saya Dita kartika dari kelas 11 IPA 2
    Setelah saya baca dan pahami ada beberapa bagian yang kurang saya pahami tpi kali ini saya akan bertanya apa yang dimaksud Dengan pandangan makroskopis dan mikroskopis tentang termodinamika

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum pak
    Saya Dita kartika dari kelas 11 IPA 2
    Setelah saya baca dan pahami ada beberapa bagian yang kurang saya pahami tpi kali ini saya akan bertanya apa yang dimaksud Dengan pandangan makroskopis dan mikroskopis tentang termodinamika

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr WB
    Setelah saya membaca dan memahami ad kurang saya pahami.Saya inggin bertanya"Motor kompresor memaksa gas pada temperatur tinggi melalui penukaran kalor?Jelaskan dan jika gas temperatur tinggi apakah tidak mengakibat kan motor menjadi rusak?
    Terimak kassihh
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Setelah saya membaca dan memahami bahwa hukum termodinamika telah merubah sistem industri di dunia yang menyangkut banyak hal dalam kehidupan sehari-hari.salah satu nya Lemari es atau kulkas,Lemari Es atau kulkas merupakan kebalikan mesin kalor.Lemari Es beroperasi untuk mentransfer kalor keluar dari lingkungan yang sejuk kelingkungn yang hangat.panas yang diperlukan untukpenguapan ini diambil dari ruang pendingin, karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun.Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin. Karena sirkulasi udara,ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya. diambil dari ruang pendingin,karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun. Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin. Karena sirkulasi udara,ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya.

    Mungkin itu saja kesimpulan dari saya,mohon maaf jika ada kata atau bahasa yang kurang baik.sekian dari saya

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  11. salamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Setelah saya membaca dan memahami bahwa hukum termodinamika telah merubah sistem industri di dunia yang menyangkut banyak hal dalam kehidupan sehari-hari.salah satu nya Lemari es atau kulkas,Lemari Es atau kulkas merupakan kebalikan mesin kalor.Lemari Es beroperasi untuk mentransfer kalor keluar dari lingkungan yang sejuk kelingkungn yang hangat.panas yang diperlukan untukpenguapan ini diambil dari ruang pendingin, karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun.Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin. Karena sirkulasi udara,ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya. diambil dari ruang pendingin,karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun.

    Mungkin itu saja kesimpulan dari saya,mohon maaf jika ada kata atau bahasa yang kurang baik.sekian dari saya

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum
    Saya Elmi Utari
    Dari artikel yang bapak buat yang sudah saya baca dan pahami mengenai konsep konsep termodinamika yang sangat banyak dan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari hari baik yang berproses pada mesin maupun lingkungan Dan Disini saya ingin bertanya "Mengapa es di kutub,air membeku pada permukaan sedangkan pada kedalaman air tidak membeku padahal seharusnya suhu di kedalaman lebih rendah dari pada di permukaan?"

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum, nabila coba bantu menjawab.
      Ketika air berubah menjadi es, air menyusut namun massa air tetap sedangkan volumenya berkurang, sehingga massa jenis air akan bertambah. Semakin menuju ke 0 derajat celsius, semakin kecil masa jenis air. Yang menyebabkan es tersebut membeku.
      Sedangkan es mengapung di air kerena massa jenis es lebih kecil dari massa jenis air. Menurut teori Archimedes yang mengatakan bahwa zat yang memiliki massa jenis lebih kecil dari air akan mengapung di air.
      Nah Semakin lama lapisan es semakin tebal, tetapi dibawahnya masih terdapat air dalam keadaan cair.
      Air di bawah permukaan tidak dapat membeku karena adanya panas bumi sehingga suhu di dasar laut belum tentu lebih rendah dari permukaan air laut.

      Hapus
  13. Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatu
    Dari artikel tsb dapat disimpulkan bahwa termodinamika adalah ilmu fisika yang mempelajari tentang proses perpindahan energi sebagai kalor dan usaha antara sistem dan lingkungan
    Hukum 1 termodinamika:jika jumlah kalor yang ditambahkan pada suatu sistem sama dgn perubahan energi dalam sistem ditambah usaha yang dilakukan oleh sistem
    Hukum 2 termodinamika: membatasi perubahan energi,mana yg dapat berlangsung dan mana yg tidak dapat berlangsung

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pak
    Saya hikmal akbar dari kls 11MIPA2
    Setelah saya baca dan pahami ada beberapa yang saya kurang pahami,kali ini saya ingin bertanya:apa perbadaan antara kalor(bahang/heat) dan panas(hot)?

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum pak
    Saya hikmal akbar dari kls 11MIPA2
    Setelah saya baca dan pahami ada beberapa yang saya kurang pahami,kali ini saya ingin bertanya:apa perbadaan antara kalor(bahang/heat) dan panas(hot)?

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum pak
    Dari materi yang telah di jelaskan terdapat penjelasan tentang motor bermesin dua tak dan bermesin empat tak. Pertanyaannya adalah apa dampak apabila motor kecil menggunakan mesin empat tak? Dan apa perbedaan dari sisa pembakaran dari bensin murni dan sisa pembakaran dari oli pelumas?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya indayani situmorang akan mencoba menjawab pertanyaan dari wanda.
      Apa dampak apabila motor kecil menggunakan mesin empat tak? Dari penjelasan tersebut menurut saya tidak ada dampaknya bagi motor kecil untuk menggunakan mesin empat tak.
      Serta perbedaan dari sisa bensin murni dan sisa dari oli pelumas? Menurut saya sisa bensin murni tidak membuat zat yang terdapat didalamnya berubah warna(misalkan hitam) sedangkan pada oli pelumas akan menyebabkan adanya perubahan warna.

      Hapus
  17. Saya indayani situmorang
    Saya sudah baca artikel diatas, dari penjelasan diatas sebagian besar saya mendapat ilmu baru dan saya juga semakin paham mengenai termodinamika. Serta fungsi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Yang ingin saya tanyakan adalah mengenai mesin bensi yang terbagi menjadi dua yaitu mesin dua tak dan mesin empat tak. Dijelaskan bahwa sistem mesin dua tak dalam pembakarannya akan menghasilkan asap karna pembakarannya yg kurang sempurna.
    Jadi bagaimana dengan mesin pabrik??? Apakah juga menggunakan prinsip mesin dua tak atau tidak?? Berikan penjelasan!

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum wr.wb
    Saya syaras saleha,artikel ini sangat membantu dan contohnya termodinamika nya juga dalam kehidupan sehari-hari.namun yang kurang saya pahami dan saya tanyakan ialah penjelasan dan proses tentang mesin dua tak dan empat tak,karna kata" nya tabu untuk di pahami saya
    Sekian,terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum wr.wb.Saya Mawar Sukma. Setelah saya membaca artikel ini, saya ingin bertanya pak. Disitu dikatakan bahwa "hukum kedua termodinamika terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu mendekati nilai maksimumnya". Itu maksudnya gimana ya pak?

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum
    Saya sherlita okti afriana kelas XI mipa 2
    Setelah saya membaca partikel yang bapak buat dapat menyimpulkan bahwa termodinamika tidak asing dalam kehidupan sehari hari seperti contohnya menggunakan kayu bakar untuk memasak, seperti es di dalam gelas yang menyebabkan pengembunan di luar gelas padahal terpisah dari medium gelas Yang ketika gelas di isi es gelas menjadi dingin. Hal ini merupakan peristiwa termodinamika yang sesuai dengan hukum termodinamika yang kedua yaitu hukum kedua termodinamika terkait entropi

    BalasHapus
  21. Nama:Serly Aprilia Devi
    Kelas:11 Mipa2

    Assalamualaikum
    Setelah saya membaca dan memahami artikel yang sudah bapak buat. Ada konsep Termodinamika yang kurang saya pahami yaitu tentang alat alat yang menggunakan konsep Termodinamika contoh nya kulkas. Disini dikatakan lemari es merupakan kebalikan mesin kalor lemari es beroprasi untuk mentransfer kalor keluar dari lingkungan yang sejuk ke lingkungan yang hangat.
    Pertanyaan saya apakah ini yang mempengaruhi bahwa lemari es itu permukaan nya hangat dan dalam lemari es itu dingin?

    Terimakasih, Wassalamualaikum

    BalasHapus
  22. Assalammualaikum saya denisa dari kelas xlmipa2.setelah saya membaca artikel diatas saya dapat menyimpulkan bahwa Termodinamika adalah suatu ilmu yg menggambarkan usaha untuk mengubah kalor menjadi energi serta sifat sifat pendukungnya.perubahan energi dalam tidak dapat bergantung pada proses bagaimana keadaan sistem berubah,tetapi hanya bergantung pada keadaan awal dan keadaan akhir sistem tersebut.Terimahkasih

    BalasHapus
  23. Saya ferry ardiansyah ingin mengajukan pertanyaan: pada mesin mesin carnot berkerja pada suhu tinggi 600k.untuk menghasilkan kerja mekanik jika mesin menyerap kalor 600j dengan suhu rendah 400k ..maka suhu yang di yang dihasil kan

    BalasHapus
  24. Saya jhon fredy,kelas XI Mipa 2..
    Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa,termodinamika adalah suatu ilmu yg mempelajari tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan lingkungan.termodinamika telah merubah sistem industri di dunia,contohny dahulu memasak menggunakan kayu bakar sedangkan sekarang ini sudah menggunakan kompor listrik.
    Sistem termodinamika terbagi menjadi 3 bagian:
    1) sistem tertutup
    Terdapat pertukaran energi tapi tidak terjadi pertukaran benda
    dengan lingkungan
    2) sistem terisolasi
    Yg mana tidak terjadi pertukaran panas, benda dengan lingkungan
    3) sistem terbuka
    Terjadi pertukaran energi panas dan benda dengan
    lingkungannya

    BalasHapus
  25. Saya Dea Betriz
    Dari artikel yang saya baca termodinamika sering terjadi di dalam kehidupan kita sehari hari contohnya perubahan suhu yang terdapat pada badan kita. Saya juga membaca tentang hukum kedua termodinamika terkait dengan ENTROPI. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem temu terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan waktu. Saya ingin bertanya apakah didalam Hukum ada rumusnya?

    Sekian,Terimakasih

    BalasHapus