Breaking

Selasa, 31 Desember 2019

Penerapan Konsep Fluida Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan fluida statis bagi kehidupan sangat banyak antara lain yang sering digunakan adalah :

1. Dongkrak hidrolik 
    Prinsip kerja dongkrak hidrolik adalah penerapan dari hukum Paskal yang berbunyi tekanan yang diberikan pada zat cair di dalam ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah.


2. Pompa Hidrolik Ban Sepeda 
     Prinsip dari pompa ini juga menerapkan hukum Paskal, pada pompa hidrolik ini kita memberi gaya yang kecil pada pengisap kecil sehingga pada pengisap besar akan dihasilkan gaya yang cukup besar, dengan demikian pekerjaan memompa akan menjadi lebih ringan, bahkan dapat dilakukan oleh seorang anak kecil sekalipun.


3. Mesin Hidrolik 
      Prinsip kerja mesin hidrolik merupakan penerapan dari hukum Pascal. Mesin hidrolik dioperasikan dengan menggunakan hidrolik, di mana cairan adalah media powering. Pneumatics, di sisi lain, didasarkan pada penggunaan gas sebagai medium untuk transmisi listrik, generasi dan kontrol. Filters Filter adalah bagian penting dari sistem hidrolik.


4. Kapal Laut 
   Prinsip kerja kapal laut merupakan penerapan dari Hukum Archimedes. Badan kapal yang terbuat dari besi dibuat berongga. Hal ini menyebabkan volum air laut yang dipindahkan oleh badan kapal menjadi sangat besar. Gaya keatas sebanding dengan volum air yang dipindahkan, sehingga gaya keatas menjadi sangat besar. Gaya keatas ini mampu mengatasi berat total kapal, sehingga kapal laut mengapung di permukaan laut.



5. Kapal Selam 
     Penerapan hukum Archimedes juga dilakukan pada prinsip kapal selam. Dimana sebuah kapal selam memiliki tangki pemberat, yang terletak diantara lambung sebelah dalam dan lambung sebelah luar. Tangki ini dapat diisi dengan udara atau air.


6. Balon udara
     Hukum Archimedes juga diterapkan pada balon udara. Seperti halnya zat cair, udara (yang termasuk fluida) juga melakukan gaya ke atas pada benda. Gaya ke atas yang dilakukan udara pada benda sama dengan berat udara yang dipindahkan oleh benda itu. Prinsip gaya ke atas yang dikerjakan udara inilah yang dimanfaatkan pada balon udara. 






10 komentar:

  1. Bagus 👍👍👍,,,bikin juga materi yang lain ya...☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih,,Insya Allah nanti akan menyusul materi yang lainnya

      Hapus
  2. Mantap Mas...
    Sangat bermanfaat ☺

    BalasHapus
  3. Mantap pak hariri...saya juga jd ingin bljr pak

    BalasHapus
  4. Bagus pak. Sangat menginspirasi. Semoga kedepannya makin lancar dan sukses.

    BalasHapus
  5. Sudah bagus bos, tp kalau bisa buatkan link untuk download donk...

    BalasHapus